OUR NETWORK

Wisata Alam Andalan Pulau Bangka Pantai Tanjung Bunga

Sumber Gambar: kompasiana.com

Pantai Tanjung Bunga menjadi tempat wisata pantai yang ada di Bangka Belitung yang paling recommend. Untuk pesona pantai memang tidak perlu diragukan lagi. Sementara untuk akses transportasi umum juga cukup mudah. Dengan letak pantai yang berada tidak jauh dari lokasi bandara udara Bangka Belitung.

Sejak kepopuleran Laskar Pelangi telah berhasil membuat destinasi wisata Bangka Belitung menjadi sorotan dan tidak lagi diabaikan, Pulau Bangka Belitung memang mempunyai kondisi alam yang cukup potensial sebagai destinasi wisata. Sayangnya sebagian besar destinasi wisata yang berada di Bangka Belitung kurang begitu populer. Lalu dengan suksesnya Laskar Pelangi membawa dampak positif bagi Bangka Belitung.

Keberadaan dari pantai ini juga cukup istimewa dan bukan hanya sekedar sebagai destinasi wisata alam. Namun juga menjadi pusat wisata budaya dan juga keagamaan. Jadi sebagian besar pengunjung yang datang di pantai Tanjung Bunga, tidak hanya sekedar travelling. Ada pula yang berkunjung ke pantai dengan tujuan utama untuk beribadah.

Lokasi Pantai Tanjung Bunga

Pantai Tanjung Bunga terletak di daerah Air Itam, Bukit Intan, Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung. Untuk mencapai ke destinasi wisata tersebut hanya membutuhkan waktu selama ±45 menit dari Bandara Depati Amir.

Untuk letak dari bandara Depati Amir berada di Dul, Beluluk, Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Bandara tersebut menjadi satu – satunya referensi destinasi penerbangan yang hendak mengunjungi Bangka Belitung, khususnya untuk pantai Tanjung Bunga.

Sumber Gambar: kompasiana.com

Sekitar lokasi pantai juga terdapat beberapa tempat ibadah. Tepatnya ada 3 buah tempat ibadah sekaligus. Tempat ibadah tersebut yaitu pura Penataran Agung, Klenteng Dewi Laut dan Vihara Satya Dharma. Dengan lokasi pantai cukup strategis yang penuh dengan tempat ibadah, membuat suasana pantai terasa sangat nyaman dan menenangkan. Suasana alam yang sangat natural, juga membuat suasana ibadah menjadi lebih tenang. Begitu pula dengan suasana hati dan pikiran.

Tidak jauh dari lokasi pantai, terdapat pusat kepemerintahan. Dimana ada berbagai gedung pemerintahan yang berdiri secara berurutan. Mulai dari gedung DPRD, gedung gubernur, Polda dan lain – lain. Jadi untuk akses transportasi umum sudah dapat dipastikan sangat memadai.

Rute Lokasi

Rute lokasi menuju ke destinasi wisata Pantai Tanjung Bunga, dapat dengan melalui rute bandara Depati Amir. Dari arah bandara, ikuti Jl Pulau Pelepas ke arah utara. Setelah sampai di ujung jalan, terdapat suatu pertigaan Jl Pulau pelepas – Jl Pulau Bangka. Kemudian belok ke arah barat / arah kiri, menuju ke Jl Bangka 2 arah.

Dari Jl Pulau Bangka 2 arah, ambil arah lurus hingga sampai di ujung jalan Pulau Bangka 2 arah. Ujung jalan tersebut berupa pertigaan antara Jl Pulau Bangka 2 arah dan 1 arah. Lalu belok ke arah utara.

Setelah sampai di perempatan, ambil arah ke timur. Tepatnya di arah Jl Deputi Hamzah. Telusuri sepanjang Jl Deputi Hamzah hingga sampai di lokasi a&a Coklatko. Tempat tersebut berupa cafe coklat.

Sumber Gambar: kompasiana.com

Di samping cafe, terdapat jalan masuk yang menuju ke Jl Raya Pasir Padi. Belok ke arah jalan masuk tersebut. Setelah sampai di toko Jumia, ada sebuah gang. Ikuti jalan yang ada di gang tersebut. Telusuri jalan tersebut hingga sampai ke lokasi Pantai Tanjung Bunga.

Selain menggunakan rute arah tersebut, juga terdapat rute lain yang dapat diperoleh dari google map. Situs tersebut dapat menyediakan arah jalan yang terbaik dan efektif hingga sampai di lokasi pantai Tanjung Bunga.

Keunikan Pantai Tanjung Bunga

Sebagai salah satu destinasi wisata alam favorit, pantai Tanjung Bunga memiliki berbagai macam keunikan. Keunikan tersebut antara lain sebagai berikut ini :

1. Dekat dengan 3 buah tempat ibadah sekaligus

Keunikan yang pertama dari pantai ini terletak pada lokasi pantai yang juga merupakan kompleks tempat ibadah. Ada 3 buah tempat ibadah sekaligus yaitu berada di lokasi pantai Tanjung Bunga, yaitu Pura Penataran Agung, Klenteng Dewi Laut dan Vihara Satya Dharma.

Sumber Gambar: bangkabelitung.travel

Hal tersebut merupakan suatu moment yang cukup langka. Sebab biasanya di sebuah tempat wisata hanya terdapat sebuah pusat tempat ibadah. Tetapi khusus untuk wisata pantai ini menjadi pusat ibadah 3 jenis aliran kepercayaan yang berbeda – beda. Mulai dari agama Hindu, Buddha dan Konghuchu.

2. Sering dijadikan sebagai tempat ritual keagamaan

Lokasi pantai yang juga menjadi tempat ibadah, membuat Pantai Tanjung Pinang dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan berbagai macam acara keagamaan. Sehingga acara keagamaan menjadi acara rutinan di Pantai tersebut.

Satu acara keagamaan yang diselenggarakan di Pantai Tanjung Bunga yaitu upacara Melasti. Upacara tersebut merupakan salah satu ritual keagamaan umat Hindu. Penyelenggaraan upacara Melasti diadakan pada hari raya Nyepi. Upacara tersebut diikuti sebagian besar umat Hindu yang mendiami Kepulauan Bangka Belitung.

3. Memiliki batu yang berwarna merah

Pantai ini didominasi dengan bebatuan yang tersusun cukup rapi. Ada sebuah hal yang cukup istimewa dari batu tersebut, yaitu memiliki warna kemerahan. Keberadaan jajaran batu bukan menjadi suatu pusat perhatian. Namun dari sudut pandang warna, batu tersebut tergolong unik dan cukup langka. Karena, biasanya batuan di suatu pantai identik dengan warna hitam / gelap.

Aktivitas Pantai Tanjung Bunga

Pantai Tanjung Bunga mungkin menjadi salah satu pantai yang tidak menyediakan spot permainan. Walaupun tidak adanya spot permainan, bukan berarti aktivitas di pantai terbatas. Ada berbagai hal yang dapat dilakukan di pantai ini.

Sumber Gambar: travel.detik.com

Kegiatan utama yang dapat dilakukan di Pantai Tanjung Bunga adalah berdoa. Lokasi pantai yang dikelilingi dengan berbagai macam tempat ibadah, membuat pantai secara tidak langsung merupakan pusat keagamaan. Berdoa juga menjadi salah satu alasan dalam mengunjungi pantai ini.

Selain berdoa, ada kegiatan religius lain yang dapat dilakukan di pantai Tanjung Bunga ini. Misalnya mengikuti upacara keagamaan khusus. Misalnya upacara hari Waisak, hari tahun baru china / Imlek, tahun baru Shaka, upacara Melasti dan lain sebagainya. Setiap tempat ibadah juga dibuka untuk umum. Lalu untuk setiap pengunjung sangat diharapkan untuk menjaga sikap supaya menghormati semua aktivitas keagamaan yang ada.

Sumber Gambar: ekasariharyanti.wordpress.com

Lalu dapat pula hanya sekedar menikmati pesona keindahan alam dari Pantai Tanjung Bunga itu sendiri. Setiap sudut dari wilayah pantai menjadi landscape terbaik dan sangat natural. Dengan tidak adanya area spot foto, membuat kesan natural sangat mendominasi.

Di Pantai Tanjung Bunga juga memiliki lanscape sunrise dan sunset yang cukup eksotis. Moment tersebut juga menjadi moment yang paling recommend untuk mengunjungi pantai ini. Ada pula sebuah area padang ilalang yang menjadi hiasan cukup menawan bagi pantai.

Di area tersebut dapat ditemukan penginapan dengan sangat mudah. Sehingga tidak perlu khawatir untuk berlama – lama dalam eksplorasi pantai Tanjung Bunga. Untuk area food court juga sangat memadai. Dengan menyediakan menu yang didominasi oleh seafood.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…