in

Danau Geunang-Geudong, Indah Penuh dengan Histori

Sumber Gambar: Google Maps @Dedi Syahputra kph

Danau Geunang-Geudong berada di daerah Aceh Barat. Kawasan ini menjadi salah satu daerah yang wajib kamu kunjungi. Danau ini menawarkan keindahan yang memukau para wisatawan. Secara geografis, terletak tepat di Desa Putim, Kecamatan Kaway XVI Aceh Barat. Lokasinya hanya berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Meulaboh.

Daerah ini menjadi tujuan favorit para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga. Suasana sejuk dan asri menjadi salah satu daya tarik yang patut diperhitungkan. Bahkan tidak harus mahal. Sehingga sangat cocok untuk para traveler yang terbatas budget. Penginapan yang tersedia di sekitar danau juga tidak mematok harga yang mahal.

Sejarah Nama Danau Geunang-Geudong

Sumber Gambar: Google Maps @Agus Setiawan

Mengunjungi sebuah tempat wisata tidak legkap jika tidak mengetahui asal usul dan sejarah dari destinasi tersebut. Seperti halnya sejarah dari nama danau ini. Dalam bahasa orang Aceh, Geunang Geudong mempunyai arti tersendiri.

Geunang berarti sebuah “genangan”. Sedangkan Geudong memiliki arti “besar”. Hal ini juga terlihat jelas dari bentuk danau ini yang mirip cekungan raksasa. Dimana di dalamnya mengeluarkan atau menyemburkan mata air yang berlimpah. Sehingga terbentuk suatu genangan air serta berair payau meskipun letaknya tidak terlalu dekat dengan pinggir pantai.

Keindahan Serta Eksotisme Danau

Pengunjung yang singgah di tempat ini dapat menikmati beragam keindahan nan eksotis yang ditawarkan. Kamu akan takjub dengan keindahan pepohonan yang luasnya hingga lebih dari 7 hektar. Pesona yang disajikan wisata ini masih sangat alami. Selain itu terdapat bunga-bunga cantik yang tumbuh di atas danau. Pemandangan inlah yang menambah keindahan Danau Geunang-Geudong.

Tercipta sebuah gradasi yang menawan ketika rindangnya pohon disejajarkan dengan jernihnya air laut. Buat kamu yang suka memancing. Tempat ini adalah spot terbaik yang bisa kamu coba. Tidak perlu repot membawa peralatan sendiri.

Karena di sekitar pantai juga disediakan penyewaan peralatan memancing. Terlebih danau ini memiliki beraneka ragam ikan. Mulai dari ikan Mas, Ikan Nila, Ikan Gabus, Ikan Lelel dan masih banyak jenis ikan lainnya.

Tidak jarang para pengunjung mendapatkan ikan dengan ukuran yang sangat besar. Tidak hanya itu, kamu dapat menyaksikan pertunjukkan event motor cross. Biasanya event ini diselenggarakan pihak pengelola untuk acara terntentu. Satu kegiatan menarik lainnya yang bisa kamu lakukan adalah menyewa perahu untuk berkeliling danau. Lebih baik berkeliling di pagi atau sore hari agar suasana tidak terasa panas.

Sarana Kawasan Danau Geunang-Geudong

Tidak hanya menyimpan panorama alam, danau ini juga didukung dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Dimana ini merupakan sebuah upaya untuk menunjang keamanan dan kenyamanan para pengunjung. Diantara terdapat tempat singgah yang nyaman untuk wisatawan.

Terdapat pula tempat makan yang berjejer di sekitar danau. Dilengkapi dengan tempat parkir luas, toilet dan fasilitas lainnya. Kamu bisa bersantai menikmati hidangan khas Aceh sembari melihat pemandangan yang terhampar luas di depan mata. Jangan lewatkan untuk mengabadikan foto terbaik di beberapa spot menarik dari danau ini.

Mengunjungi daerah wisata menjadi jalan terbaik untuk melepaskan penat dari tuntutan rutinitas tinggi. Selain pantai, wisata danau juga mampu menghipnotis para pengunjung. Ketenangan dan keasrian alam yang ditawarkan mampu menyerabut segala permasalahan hidup. Begitu besar anugerah Tuhan. Menghadirkan banyak destinasi menarik di negeri ini. Salah satunya adalah Danau Geunang-Geudong yang ada di Aceh ini.