OUR NETWORK

Danau Kembar, Wisata yang Wajib Dikunjungi di Bengkulu

Apa yang ada dipikiranmu pertama kali saat berkunjung ke Bengkulu? Saya rasa salah satunya adalah melihat habitat bunga langka, Rafflesia Arnoldii. Ya, bukan hal yang salah memang, karena Bengkulu disebut sebagai satu-satunya habitat dari bunga yang cantik ini. Akan tetapi berkunjung ke Bengkulu juga kurang lengkap jika kamu hanya melihat bunga Rafflesia Arnoldii, karena provinsi yang satu ini juga memiliki banyak destinasi wisata alam yang menjanjikan keindahan.

Sumber: Instagram @wrangland

Kamu bisa memilih untuk berwisata di pantai, pegunungan, air terjun, atau bahkan danau. Lokasi Bengkulu yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia membuatnya memiliki banyak deretan pantai yang eksotis dan menawan. Sebagian wilayah Bengkulu juga ada yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bukit Barisan, sehingga tak heran jika daerah ini memiliki banyak air terjun dan pegunungan yang menawan. Di Bengkulu pun juga ada beberapa danau yang cantik, salah satunya adalah Danau Kembar yang berada di Kabupaten Kaur.

Lokasi Danau Kembar

Sumber: Garudadaily

Secara administratif Danau Kembar berada di Desa Tanjung Agung, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur. Untuk menuju ke sana juga cukup mudah, bagi para wistawan yang datang dari ibu kota Kaur, Bintuhan, mereka hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 18 km atau dengan waktu tempuh selama 30 menit.

Danau Kembar sendiri lokasinya hanya berjarak sekitar 100 meter dari jalan utama, dan terletak sangat dekat dengan pantai perairan Bintuhan yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Di sana juga sudah dibangun gapura yang siap menyambut para wisatawan yang datang mengunjungi Danau Kembar. Sehingga para wisatawan yang berasal dari luar daerah tidak perlu takut untuk tersesat, karena sudah banyak petunjuk yang mengarahkan mereka ke danau cantik yang satu ini.

Pesona Danau Kembar

Sumber: Instagram @een_bone

Setelah memarkir kendaraan, para wisatawan hanya perlu berjalan beberapa meter untuk bisa sampai di tepian danau. Dari sana para wisatawan akan disuguhi pemandangan yang menyejukkan mata ditambah dengan suasana alam yang masih alami. Di sekitar danau juga tumbuh berderet pohon pinus yang bisa menyihir para pengunjung untuk betah berlama-lama di sana. Danau ini akan memiliki pemandangan yang lebih indah di saat sore hari, di mana matahari mulai beranjak meninggalkan bumi dan menyisakan cahaya jingga kemerahan. Dengan pesona yang disajikan, bukan hal yang aneh jika danau ini semakin ramai dikunjungi di saat sore hari. Danau Kembar juga terbilang unik, selain menyajikan dua danau yang lokasinya berdampingi, air di sana juga tidak pernah kering meskipun terjadi kemarau panjang.

Legenda Danau Kembar

Sumber: Instagram@nellirianti

Dibalik keindahan alamnya, Danau Kembar ternyata menyimpan cerita tersendiri. Menurut mitos yang beredar, Danau Kembar terbentuk dari aliran Sungai Nasal yang memiliki aliran cukup deras dan pada zaman dahulu disebut sebagai ‘Sungai Laki-Laki’. Dengan keganasannya, Sungai Nasal disebut ingin menyatukan semua sungai yang ada di sekitar Kecamatan Nasal dan Kecamatan Maje. Dengan ambisi itu, Sungai Nasal pun berusaha ‘mengawini’ atau menyatukan dirinya dengan Sungai Numan yang berada di Desa Suka Menanti, Kecamatan Maje, yang disebut juga sebagai ‘Sungai Wanita’. Namun entah mengapa Sungai Nasal gagal menyatukan dirinya dengan Sungai Numan, yang hanya terpisah oleh jarak beberapa ratus meter saja. Akibat kegagalan Sungai Nasal untuk menyatukan diri dengan Sungai Numan, terbentuklah Danau Kembar seperti yang kita kenal sekarang.

Fasilitas Danau Kembar

Selepas mengetahui legenda terbentuknya Danau Kembar, kini saatnya kita mengetahui berbagai fasilitas yang ada di sana. Mulai terkenalnya Danau Kembar di kalangan wisatawan membuat pemerintah setempat mulai membangun sarana dan prasarana sebagai fasilitas penunjang. Di sana kamu bisa dengan mudah menjumpai toilet, musholla, ruang ganti, bahkan hingga jogging track.

Bagi kamu yang ingin menikmati Danau Kembar dengan cara yang berbeda, kamu juga bisa menyewa perahu kecil untuk berkeliling danau. Untuk kamu yang ingin kekinian, di sekitar Danau Kembar juga telah banyak dibangun spot selfie yang tentunya Instagramable.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Danau Kembar? Segera siapkan waktu liburmu untuk mengunjungi danau yang satu ini, dijamin kamu tidak akan kecewa.

Comments

Loading...