OUR NETWORK

Yuk, berwisata sembari menggali ilmu di Perpustakaan Soeman HS Riau.

Siapa yang menyangka bahwa sembari berwisata ternyata kita juga bisa menggali ilmu baru lho! Kira-kira dimana sih tempatnya? Yap, di Perpustakaan Soeman HS kita dapat berwisata sembari menggali ilmu sebanyak-banyaknya. Perpustakaan Soeman HS yang berada di Provinsi Riau tepatnya di Jl. Jenderal Sudirman No.462 Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru ini merupakan perpustakaan dan gedung penyimpanan arsip nasional yang berstatus perpustakaan provinsi. 

Sumber: Instagram @iyuskdjuhara

Nama perpustakaan ini diambil dari nama sastrawan sekaligus pejuang nasional angkatan pujangga asal Riau yakni Soeman Hasiboean atau yang lebih dikenal dengan Soeman HS. Perpustakaan ini dinobatkan sebagai perpustakaan terbaik dan terbesar se-ASEAN hingga tahun 2014 sebelum dikalahkan oleh perpustakaan Universitas Indonesia dan Grahatama Pustaka Yogyakarta. Bangunan nya yang megah serta indah dan ditambah lagi dengan desain nya yang bernilai seni tinggi tentu akan menarik pandangan kita untuk berkunjung ke perpustakaan ini. Namun desain bangunan perpustakaan ini tidak sembarangan lho, desain nya sendiri sangat unik karena terinspirasi dari alas baca Al-Quran dan sekilas juga jika kita perhatikan secara seksama desain ini mirip dengan buku yang sedang terbuka. Desain unik ini merupakan sebuah filosofi dari ajaran Islam yang erat dengan budaya Melayu yang tersebar di Riau. 

Sumber: Instagram @iyuskdjuhara

Perpustakaan Soeman HS ini dibangun oleh pemerintah setempat guna memenuhi kebutuhan masyarakat provinsi Riau untuk menggali informasi atau untuk sekedar membaca. Jam operasional perpustakaan ini mulai pukul 08.00 hingga 16.00 untuk hari Senin – Rabu dan pukul 08.00 hingga 16.30 untuk hari Kamis dan Jumat sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu perpustakaan ini buka pukul 08.00 hingga 15.00 saja. Perpustakaan ini terdiri dari 6 lantai dengan dilengkapi AC, lift serta ruangan baca di setiap lantainya dan tidak ketinggalan ternyata di setiap lantai pun disediakan jaringan wifi secara gratis lho! Lantai 1 sendiri ternyata diperuntukkan untuk bacaan anak-anak. Sedangkan di lantai 2 berisi buku-buku untuk kalangan remaja. Naik ke lantai 3 ternyata isinya khusus untuk kalangan dewasa dan terdapat pula arsip-arsip nasional serta arsip Melayu zaman dahulu. Di lantai selanjutnya yaitu lantai 5 terdapat ruang konferensi, referensi serta teknologi informasi dan di lantai terakhir yaitu lantai 6 tersedia ruangan diskusi dan ruangan serbaguna. 

Sumber: Instagram @iyuskdjuhara

Jumlah buku di perpustakaan ini juga sangat banyak yakni sekitar 239.032 eksemplar buku yang terdiri dari buku pendidikan sekolah dasar dan sekolah menengah, buku untuk kalangan mahasiswa, buku pengetahuan umum, buku cerita anak-anak sampai dengan arsip-arsip sejarah indonesia pada zaman dahulu juga tersedia disini. Buku-buku yang tersedia dapat dibaca di tempat maupun dibawa pulang. Namun, jika buku tersebut akan dibawa pulang atau dengan kata lain dipinjam maka ada syaratnya yakni pengunjung harus merupakan anggota dari  perpustakaan Soeman HS dan menunjukkan kartu anggota tersebut. Namun tidak perlu khawatir jika tidak memiliki kartu anggota karena pengunjung dapat dengan mudah membuat kartu anggota langsung ditempat.

Sumber: Instagram @cindyoctafia

Syarat utama untuk menjadi anggota perpustakaan adalah memiliki KTP Pekanbaru atau untuk mahasiswa yang datang dari luar kota namun sedang menempuh pendidikan di kota Pekanbaru maka cukup menunjukkan kartu mahasiswa dengan tambahan surat domisili dari RT tempat tinggal atau tempat kos mahasiswa tersebut. Untuk pengunjung dari luar kota Pekanbaru yang jarak tempuh dari daerah asal nya menuju Pekanbaru berjarak 60 menit masih bisa mendaftar menjadi anggota perpustakaan tetapi jika pengunjung berasal dari luar kota tersebut maka diharuskan untuk meninggalkan uang jaminan seharga buku yang dipinjamkan. Langkah selanjutnya pengunjung dapat mengisi formulir yang tersedia di meja informasi lalu menuju lantai 1 untuk melakukan proses registrasinya. Setelah proses nya selesai maka masuk ke dalam sesi foto dan cukup menunggu sebentar maka kartu anggota akan di print oleh staff pustaka dan secara resmi pengunjung sudah bergabung menjadi anggota perpustakaan Soeman HS. 

Sumber: Instagram @iyuskdjuhara

Perpustakaan Soeman HS yang mampu menampung 1.000 pengunjung ini ternyata memiliki beberapa fasilitas pelengkap diantaranya auditorium, musholla, kantin dan bilik melayu yang berisi literatur-literatur Melayu yang cukup lengkap. Selain dapat datangi sebagai tempat mencari ilmu atau untuk membaca ternyata perpustakaan ini dapat dijadikan tempat wisata menarik yang tak kalah dengan tempat wisata lain nya. Dengan megah nya bangunan serta indahnya desain dari  perpustakaan ini maka tak heran banyak sekali pengunjung yang datang bukan hanya untuk membaca buku tetapi juga tidak lupa untuk mengabadikan momen-momen indah mereka dengan menjepret beberapa foto di area perpustakaan Soeman HS ini. 

Sumber: Instagram @ariefadhilla

Pengunjung yang datang pun tak memandang usia misalnya seperti anak muda yang sehabis membaca buku langsung bergaya di depan pintu masuk perpustakaan untuk sekedar mengabadikan momen dengan berfoto. Indahnya desain dan nyamannya ruangan perpustakaan ini tak akan membuat para pengunjung bosan saat berada di dalamnya. 

Comments

Loading...