spot_img

Danau Sipin, Destinasi Wisata Di Jambi

Danau Sipin merupakan salah satu destinasi wisata alam yang ada di provinsi Jambi. Warga daerah setempat menyebut danau ini dengan Solok Sipin, yang mana kata Solok memiliki arti sebuah danau.

Wisata alam memang sangat cocok untuk menghilangkan kejenuhan terhadap rutinitas sehari hari. Seperti Danau Sipin ini yang menjadi destinasi alam yang begitu cocok untuk berlibur disaat waktu liburan tiba.

Lokasi Danau Sipin

Danau ini terletak di Kecamatan Danau Sipin dan di Kecamatan Telanaipura tepatnya di Kelurahan Legok, Kelurahan Sungai Putri, Kelurahan Sungai Putri, Kelurahan Telanaipura dan di Kelurahan Buluran.

Lokasinya juga berada di Simpang Buluran Kenali atau lebih tepatnya di samping Fakultas Kedokteran UNJA atau yang disingkat dengan Universitas Negeri Jambi.

Danau Sipin
Sumber Gambar: DOBRAK.ID

Tempatnya juga tidak terlalu sulit ditemukan karena danau ini letaknya berada di pusat Kota Jambi atau lebih tepatnya berada di dekat Kantor Gubernur Provinsi Jambi.

Objek Wisata Danau Sipin

Sumber Gambar: blog.reservasi.com

Danau ini sangat lah luas sehingga memiliki beberapa titik yang tentunya wajib untuk dikunjungi. Titik titik ini menawarkan bermacam keindahan dan tentunya memiliki sensasi yang berbeda beda. Teman teman dapat mendatangi titik tersebut melalui daerah buluran.

Pada titik tersebut teman teman dapat melihat sebuah pemandangan danau dengan berbagai aktivitas masyarakat setempat yang melakukan pembudidayaan ikan air tawar dengan sistem keramba.

Kalian juga dapat mendatangi sebuah titik yang berada cukup dekat dengan Kantor Gubernur Jambi yang tepatnya persis di sebelah dari kampus Kedokteran Universitas Jambi.

Sumber Gambar: Google maps @Aji Nugroho

Kemudian ada juga berbagai titik lain contohnya adalah titik danau ini yang berada di daerah sekitar sungai putri yang bisa dijadikan untuk sarana menyalurkan hobi yang kita miliki seperti memancing. Spot ini begitu cocok apabila dikunjungi apabila teman teman semua memiliki waktu santai.

Nah titik berikutnya yang dapat anda kunjungi adalah sebuah titik yang dapat dikunjungi memasuki sebuah daerah yang bernama Pulau Pandan. Pada bagian sudut ini kita bisa melihat keindahan panorama danau ini dengan latar belakang Kota Jambi seperti gedung gedung perkantoran Provinsi Jambi dan juga perumahan masyarakat yang berada di seberang Danau Sipin.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan Di Danau Ini

Danau Sipin
Sumber Gambar: Pegipegi

Membahas tentang aktivitas disini tentunya yang pertama adalah kita dapat melihat pemandangan sambil berfoto foto disini. Kemudian kita juga memancing berbagai macam ikan air tawar yang ada di danau tersebut.

Ikan ikan air tawar yang dapat ditemukan di danau ini adalah ikan mujair, ikan mas, ikan nila dan berbagai jenis ikan air tawar lainnya. Oh ya sembari menikmati keindahan yang tersaji dari danau ini kita bisa bersantai untuk sekedar duduk duduk di sekitar pinggiran danau dengan menyantap makan siang yang bisa didapatkan di warung yang ada di sekitar danau ini.

Sumber Gambar: Google maps @Halik Rifki Daeng Taha

Nah apabila teman teman beruntung ketika berkunjung kesini, pada waktu waktu tertentu kalian bisa melihat masyarakat setempat yang berlatih mendayung perahu. Teman teman juga bisa melihat masyarakat setempat yang menangkap ikan dengan menggunakan alat tradisional yang disebut dengan “Tangkul”.

Alat ini adalah metode untuk menangkap ikan yang berasal dari kearifan lokal masyarakat Kota Jambi.Alat ini pada umumnya dipasang di rakit bambu yang mengapung diatas permukaan untuk perangkap ikan.

Waktu dan Biaya Untuk Berkunjung Kesini

Danau Sipin
Sumber Gambar: Wisata Sumatera

Pada sore hari danau ini akan begitu ramai karena kebanyakan masyarakat yang berkunjung ingin menikmati semilir angin sore dan pemandangan matahari terbenam. Objek wisata ini sudah mulai ramai pada pukul dua siang bahkan pada pukul empat sore daerah disekitar Danau Sipin akan terjadi kemacetan. Disekitar danau ini kita bisa berkeliling danau dengan perahu perahu yang dapat disewa sekitar Rp 5000 per orang dengan maksimal mengangkut tiga sampai empat orang.

Nah apakah kalian tertarik untuk berkunjung ke Danau Sipin ini?

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.