OUR NETWORK

Danau Telaga Rejo Sendang Baru Wisata Alam Bengkulu Yang Eksotis Dan Sempat Terabaikan

Sumber: sendangnews.my.id

Danau Telaga Rejo / juga dikenal dengan Danau Telaga Rejo Sendang Baru menjadi salah satu destinasi wisata alam baru yang ada di Lampung Tengah. Pemanfaatan dari danau yang kini telah dijadikan sebagai destinasi wisata termasuk cukup telat untuk wisata alam yang satu ini yang baru diresemikan pada 2017 silam.

Apalagi destinasi wisata ini bukan merupakan destinasi danau buatan. Namun danau yang terbentuk asli dari alam. Selain itu pemanfaatan dari danau pun juga telah dilakukan selama bertahun – tahun.

Sumber: sendangnews.my.id

Dengan kata lain penduduk setempat seolah mengabaikan sebuah tempat yang mempunyai beautiful landscape. Jadi kondisi danau ini pun berbanding terbaik dari pesonanya yang cukup eksotis. Fakta danau terkesan sangat miris dan cukup menyedihkan.

Fakta Miris Dari Danau Telaga Rejo Sendang Baru

Letak dari Danau Telaga rejo sendang baru seolah menjadi suatu tempat yang sangat terpencil dan tersembunyi serta berada di negeri antah berantah / berada di dunia lain. Hal ini terlihat sangat jelas bahwa sebagian besar masyarakat sama sekali tidak ada yang mengetahui tentang keberadaan dari danau ini.

Jadi hanya segelintir orang yang tahu akan Keberadan dari Danau Telaga Rejo Sendang Baru ini. Terutama bagi yang berprofesi sebagai petani dan memanfaatkan sumber air dari danau ini.

Sumber: facebook. @WisataTelagarejo

Masyarakat setempat pun baru menyadari akan keberadan dari danau setelah diresmikan sebagai tempat wisata dan telah popular di media sosial dan kalangan remaja. Dengan fakta tersebut membuat kesan yang cukup miris akan keberadaan danau yang pada dasarnnya mempunyai pesona alam yang mempesona dan eksotis.

Kini Danau Telaga Rejo Sendang Baru menjadi tempat wisata yang cukup populer dan selalu dipadati oleh wisatawan. Pemanfaatan dari danau juga cukup maksimal dan dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai.

Lokasi Danau Telaga Rejo Sendang Baru

Danau Telaga Rejo Sendang Baru berlokasi di Jl Bukit Menggeh, Sendang Baru, Kota Baru, Sendang Agung, Lampung Tengah. Lokasi tersebut tidak begitu jauh dari pusat kota Bandar Lampung. Waktu perjalanan yang dibutuhkan tidak memakan waktu yang cukup lama dan hanya sekitar ±2 jam.

Letak dari danau masih berada di dalam kawasan Lembah Gunung Bukit Batu Barisan. Sehingga suasana khas pegunungan melekat kuat di area danau.

Sumber: triptrus.com

Untuk rute jalan menuju ke destinasi wisata ini dapat memanfaatkan Google maps. Jadi dapat memperoleh jalan terbaik dan efisien. Apalagi akses jalan di sekitar danau sangat baik. Lalu letak danau juga sangat strategis dan dekat dengan pusat perbelanjaan, rumah makan / café hingga tempat ibadah.

Harga Tiket Masuk Wisata Danau Telaga Rejo Sendang Baru

Untuk tarif tiket masuk terlihat jelas tertera di pintu masuk wisata Danau Telaga Rejo Sendang Baru. Informasi akan tiket masuk sangat sederhana dan ditulis menggunakan kapur dan papan.

Tarif tiket masuk untuk destinasi wisata ini tergolong sangat murah dan hanya 2000 IDR per orang. Bahkan beberapa pengunjung menyatakan bahwa harga tiket masuk untuk wisata danau sangat stabil. Jadi tidak ada perpedaan tarif tiket masuk pada weekday dan weekend serta musim liburan / lebaran.

Sumber: infolpg.com

Khusus untuk harga tiket masuk ini dapat berubah sewaktu – waktu. Terutama saat wisata Danau Telaga Rejo Sendang Baru ini mempunyai jumlah pengunjung yang fantastis.

Untuk saat ini wisata danau memang telah sering dikunjungi. Hanya saja jika dibandingkan dengan tempat wisata lain, jumlah pengunjung masih tertinggal jauh.

Waktu Operasional Wisata Danau Telaga Rejo Sendang Baru

Danau Telaga Rejo sendang baru beroperasional selama 24 jam penuh. Waktu operasional tersebut berlaku untuk setiap hari, mulai dari hari senin – jumat. Dengan waktu operasional tersebut, dapat mengunjungi danau sewaktu – waktu.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di wisata Danau Telaga Rejo sendang baru sangat kompleks. Baik di dalam wilayah danau ataupun di sekitar danau. Untuk fasilitas di sekitar danau sangat lengkap. Bahkan di sekitar danau ada 2 buah musollah sekaligus. Sehingga bagi umat muslim sangat mudah dalam menjalankan ibadah sholat. Tidak jauh dari lokasi danau juga terdapat sebuah masjid.

SUmber: liburanlampung.blogspot.com

Selain tempat ibadah, di sekitar danau terdapat sebuah pusat perbelanjaan yang berupa pasar tradisional Sendang Baru. Area pasar cukup besar dan menyediakan berbagai macam makanan, souvenir, pakaian, aksesoris dan lain sebagainya. Pasar Sendang Baru ini juga menjadi tempat wisata belanja yang cukup recommended setelah mengunjungi Danau Telaga Rejo Sendang Baru.

Sementara itu untuk fasilitas danau yang paling utama yaitu pesona danau Telaga Rejo Sendang Baru itu sendiri. Air danau terlihat sangat jernih dan menyegarkan. Danau pun dihiasi dengan megahnya Gunung Bukit Batu Barisan.

Sumber: Instagram @ferdynal07

Di tepi danau telah dilengkapi dengan pagar pengaman. Desain dari pagar pengaman sangat menarik dan sangat colorful.

Danau Telaga Rejo Sendang Baru ini mempunyai cukup dalam dan tidak recommend untuk berenang. Namun bagi yang hendak berenang, dapat memanfaatkan fasilitas kolam renang yang ada.

Kolam renang di danau ini terlihat cukup unik dan mempunyai warna air yang berbeda dengan kolam renang umumnya. Untuk warna air pada kolam renang ini yaitu navy blue. Sementara untuk warna air kolam renang pada umumnya yaitu Cyan Blue.

Sumber: hasbundoya.com

Di danau terdapat rakit bambu dan beberapa perahu yang dapat dimanfaatkan untuk mengelilingi danau. Ataupun digunakan sebagai sarana memancing.
Di danau ini dilengkapi dengan berbagai macam area spot foto dan outbound. Lalu ada pula area playground untuk anak – anak.

Selain itu di danau terdapat sebuah area khusus grasstrack circuit. Bila beruntung, dapat menyaksikan secara langsung perlombaan grasstrack.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan Di Danau Telaga Rejo Sendang Baru

Dengan fasilitas yang cukup kompleks, membuat aktivitas di danau sangat tidak terbatas. Selain itu dengan kondisi danau yang tidak terlalu ramai membuat aktivitas lebih leluasa. Inilah aktivitas yang dapat dilakukan di danau Telaga Rejo Sendang Baru :

1. Memancing

Khusus untuk aktivitas ini hanya dilakukan oleh penduduk setempat. Di dalam danau memang terdapat berbagai macam ikan air tawar. Karena hal ini banyak yang memanfaatkan danau sebagai spot memancing.

2. Berenang

Aktivitas yang satu ini terlihat cukup berbeda. Dengan berenang di kolam renang danau akan merasakan sensasi alam bebas khas pegunungan.

3. Hunting foto

Hunting foto menjadi aktivitas favorit setiap pengunjung. Entah itu untuk keperluan pribadi, pre wedding hingga untuk komersial. Perbaduan antara danau dan pegunungan menjadi landscape yang cukup eksotis dan natural.

4. Bermain outbound

Dengan adanya outbound ini membuat suasana di danau menjadi lebih menyenangkan. Jumlah dari wahana outbound mungkin tidak begitu lengkap, namun cukup menyenangkan. Jadi dapat mencoba setiap jenis wahana yang ada.

5. Menyaksikan pertandingan grasstrack

Untuk yang satu ini sebaiknya tidak terlewatkan. Sebab mungkin hanya di Danau Telaga Rejo Sendang Baru ini menjadi satu – satunya tempat / circuit grasstrack. Jadi pertandingan grasstrack menjadi cukup eksklusive untuk danau ini.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…