OUR NETWORK

Desa Buluh Cina, Desa Wisata yang Memukau Hati dan Jiwa

Sumber gambar: brosispku.com

 

Saat ini, Indonesia sedang tenar dengan dunia pariwisatanya. Tidak bisa dipungkiri memang, wisata menjadi penyumbang pendapatan negara terbesar bila bisa dikelola dengan baik. Seperti halnya, Maldives yang bisa menghidupi dirinya hanya dengan memanfaatkan zona pariwisatanya.

Oleh karena itu, tidak heran bila saat ini ada banyak desa wisata yang satu persatu naik ke permukaan. Mereka menawarkan berbagai macam keindahan, tidak hanya mengenai alamnya saja, atau adat istiadatnya, melainkan kerajinan tangan yang juga tidak boleh anda lewatkan. Seperti di Desa Buluh Cina ini.

Mengenal Desa Buluh Cina

Sumber gambar: brosispku.com

Pesona desa wisata ini akan menyambut anda dengan keunikan alam, keramahan penduduk, dan pepohonan yang menjulang tinggi, menghadirkan nuansa sejuk menyegarkan. Terdiri dari dua bagian yang dipisahkan oleh sungai Kampar. Nah, bagi anda yang ingin datang dan mengunjungi keduanya, bisa menggunakan kapal roro mini.

Kapal ini aka nada setiap senin sampai jumat mulai dari jam 3 pagi hingga jam 11 malam. sedangkan di hari sabtu sampai minggu akan berakhir hingga 12 malam. Fungsi dari Kapal Roto ini adalah mengantar barang dan juga anda dengan kapasitas 40 orang. Bila membawa kendaraan atau barang berat, muatannya tidak mencapai 40 orang.

Esoktis Alam Desa Buluh Cina

Sumber Gambar: brosispku.com

Alam Desa wisata buluh cina memang mengesankan, Area hutannya bisa membuat anda salah tingkah sehingga, enggan untuk beranjak atau pergi. Sangat cocok bagi anda yang membutuhkan tempat untuk menyendiri dari menghindar sebentar dari segala beban dan penat yang menyerang. Di area hutan ini, anda juga bisa memanfaatkannya untuk area camping. Hanya saja, anda harus membawa semua peralatannya sendiri dari rumah.

Sumber Gambar: brosispku.com

Selain itu, anda wajib lapor kepada perangkat desa bila anda ingin camping. Tenang, tidak membutuhkan persyaratan khusus atau  dana yang tinggi. Anda hanya perlu memberi tahu maksud dan tujuan anda saja. Selain bisa digunakan camping, area hutan ini juga membpunyai berbagai jenis flora  seperti, rengas, meranti, Karet cimpur, belanti, anggrek hutan, mahang, tapa-tapa dan masih banyak lagi yang bisa anda nikmati. Sementara untuk faunanya sendiri, anda bisa menikmati siamang, kera, monyet, burung punai, ayam hutan. Ketitiran, murai, gereja, merbah, dan layang-layang.

Aktifitas yang bisa dilakukan

Sumber Gambar: brosispku.com

Nah, ada berbagai macam kegiatan yang bisa anda nikmati saat berkunjung ke Desa Buluh Cina. Salah satunya adalah dengan mengelilingi sungai Kampar dengan perahu yang sudah disediakan dengan harga muali dari 25 ribu rupiah hingga 200 ribu rupiah. Semakin banyak orang semakin murah harga yang dibayarkan.

Lantaran, kapal yang akan mengajak anda berkeliling ini muat hingga 60 orang. Selanjutnya, anda bisa sewa pompong. Bagi anda yang ingin menikmati aktifitas memancing. Untuk perlatannya tiak usah khawatir, disini sudah disediakan khusus untuk anda. Mau mencoba sesuatu yang berbeda, anda bisa menikmati wahana naik gajah yang  hanya ada di hari sabtu dan minggu saja. Gjah sumatera ini di beri nama Tini dan Robin, Mereka bisa mengangkut 3 orang sekaligus.

Penginapan Sekitar

Di desa wisata buluh cina terdapat danau-danau yang super keren, kurang lebih ada 7 yang siap untuk anda ekslore. Jikalau, lelah berkeliling seluruh pelosok desa, anda bisa memanfaatkan penginapan yang tak jauh dari kawasan ini. Ada sebuah rumah panggung yang mampu menampung 30 orang. Biasanya, anda akan dimasakkan dengan makanan khas Desa Buluh cina.

Rute Menuju Desa Buluh Cina

Menuju objek wisata ini cukup mudah, anda bisa memulainya dari Kota Pekanbaru, arahkan kendaraan menuju ke tugu  monumen piala presiden RI. Dari sini, anda hanya tinggal mengikuti petunjuk jalan yang akan mengarahkan anda sampai di titik lokasi.

Sumber Gambar: radarpekanbaru.com

Selain dengan menggunakan kendaraan pribadi, anda juga bisa menggunakan kendaraan umum. Seperti mikrolet dengan harga 10 ribu rupiah saja. Setelah memasuki desa ini anda akan dikenakan harga sebesar 2 ribu rupiah. Untuk uang parkir sebesar 3 ribu rupiah bagi yang membawa motor, dan 5 ribu rupiah bagi yang membawa mobil.

Desa wisata buluh cina adalah bukti dari sekian banyaknya desa wisata di Indonesia yang mulai bermunculan. Kawasan ini mempunyai daya tarik yang mungkin, berbeda dengan apa yang ada di tempat kalian. Oleh karena itu, jangan lupa pergi ke tempat ini ya, dan rasakan semua keseruannya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…