OUR NETWORK

Hanya Untuk Petualang Sejati! Yuk, Kunjungi Danau Tujuh Tumutan Di Bengkulu

Sumber Gambar: rmolbengkulu.com

Halo sahabat wisato.id. Pada kesempatan kali ini kami akan kembali mengeksplore obyek wisata yang ada di Bengkulu. Anda tahu Gunung Patah? Yup, gunung ini merupakan gunung tertinggi di Bumi Raflessia. Ketinggiannya mencapai 2.817 meter di atas permukaan laut.

Nah, tahukah anda selain memiliki kawah yang aktif, kawasan Gunung Patah juga memiliki danau yang indah. Danau itu bernama Danau Tumutan Tujuh. Ada syarat khusus jika anda ingin menyambangi danau ini. Apa syaratnya? Yaitu harus mempunyai mental petualang yang tinggi!

Penasaran seperti apa, sih, potret menarik dari Danau Tumutan Tujuh? Ini dia ulasan selengkapnya.

Asal Usul Nama Danau Tumutan Tujuh

Sumber Gambar: Instagram @baturajaupdate

Danau Tumutan Tujuh berada di kawasan Hutan Lindung Rajamendare, Desa Manau Sembilan, Padang Guci, Bengkulu Danau ini memiliki luas sekitar 4 hektar dan berada pada ketinggian 2.550 Mdpl. Mungkin anda bertanya-tanya kenapa danau ini diberi nama Tumutan Tujuh. Menurut warga setempat di sana, penamaan tersebut berasal dari cerita tetua dimana dalam bahasa setempat Tumutan Tujuh artinya yaitu tujuh sumber mata air yang mengalir

Selain itu menurut juru kunci di sana Suku Semede atau orang tua di Padang Guci memanggilnya dengan Danau Tumutan Tujuh sebab puncak gunungnya adalah puncak ke tujuh disepanjang bukit barisan dari mulai Aceh Hingga Lampung. Aliran 7 sungai yang dimaksud adalah dari Padang Guci, Air Kedurang, Air Mendare, Air Kinal, Air Endikat, Air Enim, Air Bengkenang, dan Air Enim

Sumber Gambar: rmolbengkulu.com

Untuk menuju ke danau ini, bukanlah perjalanan yang mudah. Kenapa? Sebab seperti yang telah disinggung di atas dibutuhkan mental petualang sejati yang tinggi jika ingin singgah disana.

Setidaknya  anda harus mengorbankan waktu selama 5 hari pendakian, serta 2 hari untuk pulang atau sekitar 15 karvak.  Jika dihitung dari Desa Manau kurang lebih 18 meter perjalanan. Jauh sekali bukan? So, sebelum kesini persiapkan berbagai perlengkapannya dengan baik, ya. Selain itu bawa juga bekal yang cukup, untuk memulihkan kembali tenaga karena medan yang harus anda lalui cukup menguras energy.

Selama perjalanan menuju Danau Tumutan Tujuh, anda akan melalui berbagai tebing curam dan menyusuri Sungai Cawing Kidau. Pada bagian hulu sungai ini, arusnya cukup deras. Jalur pendakian menuju Danau Tumutan Tujuh pun vegetasinya sangatlah rapat, mata anda akan selalu mendapati pepohonan besar yang menjulang tinggi dan semak belukar yang penuh rotan.

Sumber Gambar: travel.okezone.com

Selain itu anda juga akan menemukan banyak spesies mamalia besar seperti siamang, owa, rusa sambar, macan tutul, beruang dan harimau sumatera. Jadi berhati-hatilah. Pastikan sebelum berangkat, anda sudah dibekali informasi melimpah terkait larangan dan hal apa saja yang harus dilakukan apabila terjadi peristiwa yang tidak diinginkan selama perjalanan menuju danau.

Hadiah bagi anda yang sudah bersusah payah untuk sampai ke Danau Tumutan Tujuh adalah pemandangan alamnya yang sangat menakjubkan. Lelah anda seolah akan lenyap begitu saja dan terbayarkan.

Sumber Gambar: Instagram @baturajaupdate

Di sekeliling danau ini dipenuhi oleh pepohonan yang besar dan berlumut. Kecenya lagi, nih, air di Danau Tumutan Tujuh sangat jernih seperti kaca. Jika anda menyentuh airnya akan merasakan bahwa ternyata dinginnya air danau tersebut, tak sedingin suhu udara disekelilingnya yang mencapai 10 derajat celcius brr…

Sumber Gambar: Instagram @adzilbudi_al

So, jika anda kesini jangan lupa siapkan juga jaket yang tebal, ya.

Harus Senantiasa Dijaga

Sst … tahu tidak, warga dari setiap daerah di sana berkewajiban menjaga air dari Danau Tumutan Tujuh loh. Orang Basemah ditugaskan menjaga air dari Sungai Lematang, orang Lahat menjaga air dari Sungai Endikat, orang Semende menjaga air dari Sungai Enim dan orang Manna menjaga empat sungai lainnya.

Bagaimana jika gagal atau air sungai tersebut kotor? Konon katanya apabila gagal maka diyakini Sumatera Selatan juga Bengkulu akan mengalami bencana yang sangat besar dan dahsyat. Wah, menyeramkan. ya? Oleh karena itu selagi berada di Danau, anda jangan sampai mengotorinya. Tutur kata pun harus senantiasa dijaga.

Sekian ulasan mengenai Danau Tumutan Tujuh. Jika anda penasaran dan merasa tertantang ingin mengunjungi obyek wisata ini,  yuk agendakan tour-nya dari sekarang juga.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…