OUR NETWORK

Taman Wisata Iman Sitinjo, Berwisata Sekaligus Beribadah

Sumber Gambar: travelspromo.com

Indonesia memang terlihat mengesankan karena, ada banyak sekali pariwisata yang menghadirkan pesona nan menggemaskan. Termasuk pula di wilayah Sumatera Utara yang saat ini sedang naik daun dengan berbagai objek wisatanya.

Seperti halnya, Taman Wisata Iman Sitinjo yang tidak hanya menyajikan pemandangan nan esoktis tetapi, juga menyajikan pesona religi yang begitu kental. Konon katanya, objek wisata ini merupakan sebuah perwujudan toleransi kelima umat beragama di Indonesia.

Mengenal Taman Wisata Iman Sitinjo

Sumber Gambar: imada13.blogspot.com

Objek wisata ini memiliki luas kurang lebih 130 ribu meter persegi, Tempat yang cukup luas memang untuk sebuah kawasan wisata. Banyak pepohonan yang menjulang tinggi dengan kontur tanah yang berbukit-bukit.

Sumber Gambar: travelspromo.com

Menurut catatan sejarah yang tercatat, objek wisata ini pembangunannya diprakarsai oleh Dr. Master Parulian Tumanggor yang menjabat sebagai Bupati Dairi pada tahun 2001. Pembangunan Taman wisata ini merupakan perbincangan sang bupati dengan beberapa tokoh lintas agama yang ingin membangun tempat ibadah di satu kawasan.

Kemudian, pada 20 agustus 2005 menteri agama waktu itu melakukan peletakan batu pertama. Sebagai tanda dibangunnya kawasan ini. ada lima bangunan sekaligus yang bisa kita nikmati di tempat ini.

Sumber Gambar: dairipers.com

Vihara Saddhavadana dengan patung Buddha Rupangnya yang biasa digunakan untuk beribadah umat Buddha. Ada juga kuil hindu yang sering dimanfaatkan oleh mereka sebagai pemeluk agama hindu.

Sumber Gambar: pariwisatasumut.net

Ada juga perjalanan kehidupan yesus kristus dimana di bangun kandang domba di Bettiehem. Kemudian, memberi makan 5000 orang dan berdoa di taman Getsmani, ada kutrang lebih 14 tahap salib, Bukit Golgata, hingga perjalanan kebangkitan yesus kristus.

Sumber Gambar: tempatasik.com

Selanjutnya, ada juga lapangan manasik haji yang dilengkapi dengan miniature  ka’bah dan masjid yang kokoh berdiri. Tidak hanya sampai di situ saja. Kita juga bisa menikmati kapal nabi nuh dan juga beberapa simbol agama yang sangat kental disini.

Harga Tiket Masuk

Bagi anda yang ingin menikmati objek wisata ini kita akan dikenakan biaya sebesar 10 ribu rupiah untuk orang dewasa. Dan, 5 ribu rupiah untuk anak-anak. Ditambah dengan biaya parkir bagi anda yang membawa motor dengan harga 5 ribu rupiah. Bagi yang membawa mobil akan dikenakan biaya 10 ribu rupiah.

Alamat Dan Rute lokasi

Taman Wisata Iman Sitinjo terletak di  Bukit Sitinjo, Desa Sitinjo, Kecamatan  Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Bila anda berasal dari kota Medan arahkan menuju ke Berastagi,  kemudian, arahkan kendaraan menuju ke kebunjahe hingga menemukan sebuah pertigaan. Belok ke kanan. Menuju ke kabupaten Dairi.

 

Setelah itu kita akan masuk jalur perbukitan indah yang terkenal dengan keindahan pemandangan alam nan menggemaskan. Di sini kita bisa menemukan beberapa spot yang menarik untuk dikunjungi dan biasanya dijadikan sebagai spot foto.

Salah satunya adalah Air terjun lae pendaroh. Dari sini objek wisata Taman Wisata Iman Sitinjo hanya berjarak 4 km saja. mudah sekali bukan menuju ke objek wisata ini.

Taman Firdaus

Sumber Gambar: tempatasik.com

Salah satu yang menarik yang bisa kita nikmati adalah Taman Firdaus. Dimana,  kawasan ini merupakan perwujudan dari cerita nabi adam bersama dengan sitrinya hawa. Menurut cerita keduanya dilaknat Allah karena, terhasut oleh iblis dan memakan buah yang dilarang oleh Allah yaitu buah Khuldi.

Ada sisi menarik di tempat ini. Dimana, kita bisa melihat gerbang taman firdaus dengan replika  ular raksasa yang merupakan jelmaan dari iblis. Sementara di depannya kita bisa menlihat seorang lelaki dan perempuan yang sedang memegang buah khuldi. Inilah perwujudan dari nabi adam dan hawa.

Sumber Gambar: kompasiana.com

Nah, bawah ular besar ini kita bisa melihat sebuah panggung yang bertujuan untuk panggung seni dan budaya. Pesona terakhir yang bisa kita nikmati adalah hadirnya aneka souvenir yang bisa kita dijadikan sebagai buah tangan untuk sanak saudara.

Disini, kita akan disuguhkan dengan pepohonan pinus yang menjulang tinggi. Suasananya pun sejuk dan damai. Sehingga, siapa pun akan betah berlama-lama di tempat ini. Hadir pula sebuah kolam dan joglo bagi anda yang ingin beristirahat. Serta santai dengan keluarga.

Taman Iman Sitinjo adalah keindahan dari keberagaman umat beragama. Dimana, banyak cerita yang bisa kita nikmati dan diambil pelajarannya. Bagaimana, apakah sudah menggoda iman anda untuk berkunjung ke sana?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…