in

Desa Wisata Khas Sunda Desa Saung Ciburial – Garut

Sumber Gambar : Instagram @tukang_motret25

Desa Wisata Saung Ciburial – Garut merupakan salah satu desa wisata yang masuk nominasi 50 besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia ( ADWI ) 2021. Desa Wisata Saung Ciburial – Garut terletak di Desa Sukalaksana, Kecamatan Semarang, Kabupaten Garut ini menawarkan pengalaman hidup di pedesaan bagi para pengunjungnya. Di sini selain kalian dapat menikmati berbagai aktivitas yang disediakan kalian juga apat berbaur dengan masyarakat setempat.

Ide Awal Di Bangunnya Desa Wisata Saung Ciburial – Garut

Sumber Gambar : Instagram @pesonasaungciburial

Kepala Desa Sukalaksana menceritakan bahwa inspirasi dari mendirikan Desa Wisata Ciburial ini adalah dari kehidupan orang – orang kata yang sehari – harinya melihat bangunan yang terbuat dari beton – beton. Beliau sadar kalau banyak orang kota di luar sana terutama orang kota yang kangen dengan bangunan yang terbuat dengan bahan non beton dan menginjak tanah.

Sumber Gambar: Google Maos @Desa Wisata Saung Ciburial

Nama Ciburial sendiri dinamakan seperti itu karena di Desa Wisata Saung Ciburial – Garut ini terdapat beberapa mata air. Mata air inilah yang kemudian dinamakan Ciburial yang dimana “Ci” yang bearti air dan “Burial” yang memiliki makna keluar dari tanah. Kelebihan dari mata air di Desa Wisata Saung Ciburial – Garut adalah mata airnya sangat jernih dan tidak kering meskipun musim sedang kemarau.

Desa ini sendiri menawarkan fasilitas berwisata lebih ke suasana pedesaan yang kental akan khas budaya Sunda. Selain itu Desa Wisata Saung Ciburial – Garut ini juga berdekatan dengan beberapa destinasi wisata seperti Kawah Kamojang, Eco Park, Pengkaran Elang, Kampung Sampireun, dan Hotel Green Kamojang.

Tradisi Adu Domba Garut

Sumber Gambar : Instagram @pesonasaungciburial

Di desa wisata ini juga kalian akan disuguhkan atraksi tradisonal Adu Domba khas garut. Tradisi Adu Domba di Kabupaten Garut ini pada dasarnya pada dasarnya adu ketangkasan bagi kambing – kambing besar yang menjadi ciri khas Garut yang tidak lain adalah kambing Domba keturunan dari domba Si Toblo milik Bupati Soeria Kartelegawa jama dulu. Pada umumnya, domba yang diadu ketangkasannya ini mempunyai fisik yang kekar dengan berat sekitar 60 – 80 kilogram, tanduk baplang ( besar seperti kumir pria yang melebar), warna bulu kebanyakan putih dan telinga ngagiri.

Adu ketangkasan Domba Garut ini biasanya diselenggarakan di lapangan yang luas dengan diiringi alunan music tradisional. Adapun fakta yang cukup menarik adalah dibalik acara tradisi adu domba ini adalah bahwa adu ketangkasan ini dapat meningkatkan “kelas” si kambing. Sehingga harga dari kambing – kambing yang keluar sebagai juara akan naik dengan drastis hingga ratusan juta rupiah.

Adu domba ini sendiri memiliki kelas yang akan diadukan layaknya seperti pertandingan tinju jadi tidak main asal adu saja. Kelas atau kategori yang dimiliki juga menggunakan istilah yang sama seperti olahraga tinju. Ada Kelas Bantam, Kelas Ringan, Kelas Berat dan lain sebagainya. Pertandingannya sendiri juga dipimpin oleh Juri dan Wasit.

Kopi Khas Desa Wisata Saung Ciburial – Garut

Sumber Gambar : Instagram @pesonasaungciburial

Setelah Lelah berkeliling dan menikmati segala atraksi yang ada kalian juga bisa bersantai dengan menyeruput secangkir kopi khas Desa Wisata Saung Ciburial – Garut. Kopi khas yang ditawarkan adalah kopi unik yaitu “Kopi Akar Wangi” yang dimana sesuai dengan namanya selain rasanya yang nikmat kalian akan mencium aroma yang tidak hanya harum tetapi juga membuat kalian semakin rileks.

Nah, jadi dari manakah wewangian tersebut?. Wewangian tersebut dihasilkan dari akar wangi yang merupakan salah satu bahan utama minyak wangi yang ada di Garut yang tidak hanya dikenal di Indonesia tetapi juga masyarakat dari luar Indonesia.

Selain itu kalian juga bisa mencoba untuk merawat domba Garut, belajar cara membuat hidangan khas Garut seperti Wajit, Angleng, Rangginang, Getuk, Awug dan masih banyak lagi. Tidak hanya kuliner saja untuk Souvenir kalian juga bisa membuatnya sendiri seperti Rak Sepatu Lipat dan juga membatik khas Garut.

Jadi buat kalian yang ingin merasakan pengalaman hidup di suasana pedesaan yang masih asri dan juga kultur adat istiadat yang masih terjaga dengan baik. Rasa – rasanya Desa Wisata Saung Ciburial – Garut ini tidak akan mengecewakan kalian.