in

Potensi Agrowisata Desa Wisata Alamendah

Jawa Barat memang memiliki destinasi – destinasi wisata yang tidak ada habisnya dan masing – masing memiliki ciri khas dan keunikannya sendiri. Maka tidak aneh kalau salah satu desa wisata di Jawa Bara, tepatnya di Kabupaten Bandung menerima predikat salah satu dari 50 Desa Wisata Terbaik yang ada di Indonesia. Adalah Desa Wisata Alamendah yang berada di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang menerima predikat tersebut dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia ( ADWI ) 2021 yang di prakarsai oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf ).

Desa Agronomi Terbaik Di Kecamatan Rancabali

Sumber Gambar : wisatabdg.com

Nah, buat kalian yang sudah pernah ke desa wisata yang satu ini pasti yang terpikirkan pertama kali oleh kalian pasti adalah Agrowisatanya. Tidak heran kalau kalian berfikir seperti itu karena Desa Wisata Alamendah ini sendiri merupakan salah satu desa Agronomi terbaik di Kecamatan Rancabali. Penggunaan lahan di Desa Wisata Alamendah ini didominasi oleh Tegalan dan Ladang untuk komoditas sayur dan buah yang di antaranya adalah daun bawang, strawberry, bawang putih, wortel, seledri, asparagus dan masih banyak lagi yang lain.

Dengan potensi Agrowisata yang begitu besar maka tidak heran kalau banyak kegiatan yang berhubungan dengan Agrowisata itu sendiri. Kegiatan Agrowisata yang berkembang diantaranya adalah kegiatan petik Strawberry, belajar pengolahan produk pertanian, wisata pertanian dan pengemasan di Pondok Pesantren Al – Ittifaq dan berkeliling menikmati suasana lading pertanian.

Selain perkebunan dan lading Desa Wisata Alamendah juga melakukan kegiatan peternakan, salah satunya adalah pemerahan susu sapi yang dimana susu sapi ini biasanya di jual ke kopasi setempat. Selain itu juga susu ini diolah menjadi yoghurt dan aktivitas pemerahan susu ini juga dapat kalian dapatkan pengalamannya melalui paket wisata yang juga tersedia di Desa Wisata Alamendah.

Paket Camping Ground Yang Menyenangkan

Sumber Gambar: Instagram @alamendah_vacation

Selain kegiatan yang berhubungan dengan perkebunan dan juga peternakan di sini kalian juga bisa merasakan sensasi berkemah dengan camping ground yang sudah disediakan. Camping Ground di Desa Wisata Alamendah ini sendiri terdapat beberapa spot, diantaranya adalah di Punceling Pass, Kawah Putih dan juga Kampung Cai Ranca Upas.

Camping Ground yang manjadi salah satu daya Tarik dari Desa Wisata Alamendah yang sangat digemari karena daya Tarik wisata yang menciptakan pengalaman yang tidak terlupakan bagi para pengunjungnya. Hasilnya, pada semester kedua tahun 2019 Desa Wisata Alamendah mampu menarik lebih dari 30 grup kunjungan dari berbagai institusi seperti itu institusi pemerintah, sekolah, rombongan keluarga ataupun umum. Pada periode tersebut total wisatawan yang berkunjung lebih dari 2500 orang. Wisatawan yang berkunjung tersebut umumnya mengikuti paket Alamendah Trip yang menawarkan aktivitas Bertani, pemerahan susu, UMKM, prakarya dan kesenian.

Nah, buat kalian yang melakukan camping ground di Puncelling Pass kalian bisa menikmati wisata air panas yang memang menjadi data Tarik dari Puncelling Pass. Ketika berada di Puncelling Pass kalian juga dapat menikmati pemandangan kota dari puncak Bukit Keraton. Buat kalian yang berniat berkunjung sendiri tenang saja karena Puncelling Pass sendiri memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti Gazebo, Pondok, Kolam Air Panas, Kolam Terapi Ikan, MCK ( 10 kamar ), Kamar Bilas ( 3 kamar ) dan lahan parkir yang cukup luas.

Daya Tarik Lainnya Di Desa Wisata Alamendah

Sumber Gambar: Instagram @careuhcoffee

Selain semua daya Tarik yang disebutkan di atas kalian juga bisa menikmati secangkir kopi luwak yang nikmat di Careuh Coffee yang terletak di Jalan Raya Ciwidey – Patengan KM 5 No. 151, Desa Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Di sini selain kalian dapat menikmati secangkir kopi nikmat kalian juga di suguhkan pemandangan indah nan eksotis dan juga dapat melihat sekaligus belajar tentang proses produksi kopi luwak.

Selain itu juga Desa Wisata Alamendah memiliki bermacam – macam kesenian tradisional yang menjadi daya Tarik wisata, mulai dari Seni Tarik, Seni Musik, maupun Seni Bela Diri. Jadi buat kalian yang menyenangi kesenian Desa Wisata Alamendah sudah pasti cocok buat kalian.