spot_img

Ekowisata Menarik di Danau Way Jepara

Kamu punya hobi mancing? Nah ini dia lokasi paling mujarab dan cocok buat kamu si introvert pecinta alam! Hehe, Danau Way Jepara! yang lokasinya tepat di Lampung Timur. Panggilan untuk warga Lampung, sudah pernah berkunjung? Yuk baca ulasannya dulu!

Danau Way Jepara merupakan destinasi zaman dulu, yang seharusnya Anak Bangsa terutama siwarga Lampung sudah pernah bertapak disana. Lokasi Danau sendiri berjarak 78km dari Bandar Lampung, dan berdektan dengan Taman Nasional Way Kambas. Untuk mudah berkunjung ke Danau ini, kamu bisa pakai akses bus di Terminal Rajabasa. Di terminal ini ada bus jurusan Lampung Timur kearah taman Nasional Way Kambas, tapi sebelum melewati taman nasional, lokasi Danau Way Jepara sudah dilewati terlebih dahulu. Jadi jangan lupa bilang “Stop Pak, Stop. Danau Way Jepara ya”.

Ini Dia Danau Way Jepara!

Sumber: Instagram @lampungtimurtrip

Danau way jepara merupakan pariwisata yang cukup tua di daerah Lampung Timur. Mengapa? Karena pengelolaan perairan di Danau Way Jepara sudah dimulai sejak tahun 1960-an. Dimana pada awalnya luas danau ini hanya sekitar 5 hektare. Meski Demikian perairannya sudah dimanfaatkan oleh pemerintah setempat sebagai sarana irigasi pertanian untuk mnegairi sawah-sawah didaerah hilirnya. Yang pada saat itu, Danau Jepara mampu mengairi 9000 hektar sawah. Jadi memang pada awalnya Danau ini belum menjadi tempat wisata, sampai pada akhirnya di tahun 1972.

Pada tahun 1972, pemerintah melihat adanya potensi wisata yang besar pada Danau ini. Sehingga mereka sepakat untuk memperluas Danau Way Jepara sehingga menjadi 200 hektar, wow! Meski luasnya sudah melebar, sangat disayangkan kalau potensi air ke sawahnya hanya mampu mengairi 1800 hektar sawah. Maka itu pemerintah sedang berupaya fokus kepada destinasi wisata untuk si Danau tertua di Lampung ini.

Jadi, wisata apa saja yang ada di Danau Way Jepara ya?

Memancing Ikan Betutu

Sumber: Instagram @dolisky

Nah! Mancing di danau ini, dijamin deh kesabaran mu bakal membuahkan hasil. Karena banyak sekali target diperairan Danau Way jepara yang bakal kamu dapetin. Mulai dari jenis ikan tawar seperti ikan gabus, betook, nila, dan patin. Serta ada juga ikan betutu, pasti yang hobi mancing tau kan jenis ikan satu ini.

Ikan Betutu merupakan jenis ikan langka yang jarang hidup di perairan danau. Sejenis ikan yang mirip dengan ikan lele tapi tidak bertubuh licin atau tidak berpatil. Meski ukuran tubuhnya tidak terlalu besar, ikan betutu punya harga jual yang cukup mahal loh! Harga pasarannya sekitar Rp100,000/kg. Banyak sekali para pemancing Nusantara yang gemar dengan jenis ikan tawar satu ini. Karena dia memiliki beton yang sangat kuat dan sangat tiba-tiba.

Si-ikan malas nan berharga ini juga menjadi incaran luar negri loh. Karena selain enak, ikan ini dipercaya mengandung beberapa khasiat yang baik bagi kesehatan. Konon katanya, ikan betutu mampu menjadi obat kecantikan kulit, menambah vitalitas, sekaligus sebagai obat penyembuh luka karena mengandung abumin atau protein utama dalam darah manusia dengan kadar yang sangat tinggi. Karena menjadi incaran luar negri, produksi ikan betutu meningkatkan ekspor ikan yang menggembirakan untuk Indonesia. Yuk cari dan dapatkan dia di Danau Way Jepara!

Back to Nature View

Nah untuk kamu yang feed instagram nya kece, cocok banget nih foto disini. Ada beberapa spot foto yang viewnya back to nature.

Sumber: Instagram @kakak.zack

View Arboretum. Di pemandagan ini kamu bakal melihat deretan pepohonan yang berjejer rapi. Daunnya, batangnya, dan lebatnya serempak sama. Ada 29 spesies pohon dari berbagai fase: semai, tiang, pancang, dan pohon. Dengan banyaknya spesies yang unik ini, tidak jarang dijadikan saranan edukasi wisata dan penelitian untuk para pejuang gelar.

Sumber: Instagram @lampungtimurtrip

Ada juga loh pemandangan unik disalah satu pohon Danau Way Jepara. Saking lebatnya, posisi pohon ini seakan mau menceplung kedalam danau. Yo ayo difoto!

Sumber: Instagram @abdoel1

View Bendungan. Nah kalau view satu ini, adalah icon khusus si Danau Way Jepara sendiri. Banyak banget loh pengunjung yang minta selfie dengan si bendungan ini. Oia FYI, Bendungan ini berfungsi sebagai tempat meampung air saat si danau meluap. Jadi bakal aman dari banjir deh, hehe.

Masih banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama keluarga di Danau ini. Camping dan menunggu matahari terbenam juga menjadi salah satu pilihannya. Yang menarik lagi, wisata ini masih belum dikenakan biaya, pssst! diharapkan pengunjung tetap dapat menghargai kebersihan warga setempat ya. Dan apabila mau berlamaan disini, ada beberapa pilihan. Hotel yang berjarak 5km dari Danau, villa dan home stay yang berada di sekitar rumah warga, juga 30 tenda yang siap di sewa dan berada sekitar Arboretum. Yuk berlibur!

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.