OUR NETWORK

Gemericik Air Merdu Air Terjun Bujang Bahar

Sumber Gambar: primarayapastijaya.blogspot.com

Air Terjun Bujang Bahar terletak di Kaki Gunung Ambawang yang menjadi salah satu objek wisata di Kota Pontianak yang sangat sayang untuk dilewatkan. Terutama bagi anda yang suka menghabiskan waktu berlibur dengan suasana yang sangat bersahabat dengan alam. Air terjun ini dijamin akan membuat anda betah untuk berlama-lama disini bersama dengan teman, keluarga, maupun orang tersayang lain. Gemiricik suara air terjun yang mengenai bebatuan terdengar sangat merdu dengan perpaduan suasana alam yang memberikan udara sangat sejuk.

Sumber Gambar:amazingborneo.id

Karena untuk bisa sampai ke objek wisata ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan perjalanan yang jauh, maka disarankan untuk datang beramai-ramai. Sehingga perjalanan anda tidak terasa membosankan karena di sepanjang perjalanan anda bisa bercanda atau mengobrol dengan yang lainnya. Tak jarang pengunjung air terjun ini membawa alat musik seperti gitar untuk digunakan bersantai ketika sudah sampai di air terjun. Membayangkan keindahan alam diiringi dengan suara merdu gitar dapat memberikan semangat untuk bisa sampai lebih cepat ke air terjun.

Ketika anda sudah sampai di tempat tujuan, anda akan melihat pesona air terjun yang berbeda dengan air terjun lainnya. Air terjun yang lain identik dengan air yang mengalir deras ke bawah dan memiliki ukuran yang sangat tinggi. Namun berbeda dengan Air Terjun Bujang Bahar, air terjun disini tergolong sangat unik namun tetap sangat indah. Air terjunnya berasal dari tumpukan bebatuan yang tidak terlalu tinggi, bahkan tingginya tidak sampai 4 meter. Namun hal ini yang menjadi daya tarik air terjun ini.

Akses Yang Ditempuh Untuk Sampai Di Air Terjun

Sumber Gambar: primarayapastijaya.blogspot.com

Akses untuk menuju ke Air Terjun Bujang Bahar ini tergolong sangat jauh dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Anda membutuhkan waktu kira-kira 2 jam agar bisa sampai ke air terjun ini. Karena waktu yang ditempuh cukup lama, maka anda disarankan untuk membawa perbekalan makanan dan minuman agar anda tidak perlu khawatir jika kelaparan atau haus saat di tengah perjalanan. Anda juga harus menyiapkan kondisi fisik yang sehat agar perjalanan anda tidak terhambat. Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk membawa peralatan obat-obatan atau P3K untuk berjaga-jaga jika anda jatuh atau mengalami hal yang tidak diharapkan.

Sumber Gambar: suara1996.blogspot.com

Rute yang akan anda lewati untuk bisa sampai ke air terjun dimulai dari Desa Kubu lalu lanjut melewati penyeberangan Sungai Kapuas. Dari penyeberangan Sungai Kapuas tersebut anda masih harus melewati Desa Air Putih untuk bisa sampai di Kaki Gunung Ambawang letak air terjun berada. Semua perjalanan yang di mulai dari Desa Kubu sampai dengan Kaki Gunung Ambawang bisa anda tempuh menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Setelah itu anda bisa menitipkan kendaraan anda kepada masyarakat desa sekitar untuk bisa melanjutkan perjalanan menuju ke air terjun.

Perjalanan selanjutnya akan anda tempuh selama kurang lebih 1 jam tergantung dengan kondisi dan cuaca. Anda harus menyusuri bukit dan sesekali mendaki dengan kemiringan sekitar 30 derajat. Disini anda perlu berhati-hati karena kemiringan yang cukup curam, disarankan anda sudah melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum melalui jalur tracking ini. Bagi anda yang sudah berpengalaman dan ahli mendaki mungkin jalur ini akan terkesan biasa-biasa saja. Namun bagi para pemula bisa jadi jalur ini merupakan jalur yang cukup sulit.

Bagi anda yang berkunjung pada saat musim hujan, disarankan untuk membawa peralatan seperti jas hujan dan peralatan yang lainnya. Jangan lupa untuk membawa baju ganti karena pasti anda akan tidak bisa menolak untuk bermain air ketika sudah sampai di air terjun. Setelah anda sampai di Air Terjun Bujang Bahar anda bisa beristirahat di bebatuan yang ada disekitar air terjun. Anda bisa bersantai dan membayar lelahnya perjalanan anda dengan pemandangan yang sangat indah.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…