OUR NETWORK

Gemiricik Air Terjun Selogiri di Ujung Timur Pulau Jawa

Source Image: ganangalfianto.blogspot.com

Pernah ke Banyuwangi? Kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa atau yang biasa dijuluki Sunrise of Java, ini memiliki keindahan alam yang sangat menawan. Sehingga akan sangat disayangkan apabila para pendatang tidak coba menjelajahi keindahan alam di setiap sudut Kabupaten Banyuwangi. Bagi para penyuka wisata pantai, di sebelah selatan Banyuwangi banyak tercecer pantai yang eksotis, di mana yang terkenal adalah Pantai Pulau Merah dan Pantai Teluk Hijau. Untuk penyuka tantangan, di sana juga terdapat Gunung Raung, gunung dengan jalur yang sangat ekstrem, ada pula Gunung Ijen dengan kawah dan api birunya yang mempesona. Bagi penyuka ketenangan, di Banyuwangi juga banyak terdapat air terjun yang menjanjikan suasana damai, salah satunya adalah Air Terjun Selogiri.

Sumber: ganangalfianto.blogspot.com

Keindahan Air Terjun Selogiri tidak akan pernah mengecewakan para pengunjung, termasuk dengan alam dan suasananya yang sangat damai. Sayangnya, untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Selogiri dibutuhkan usaha yang lebih.

Asal Usul dan Lokasi Air Terjun Selogiri

Dinamakan Air Trejun Selogiri karena air terjun ini berada di kawasan PTPN XII Selogiri, yang termasuk ke dalam kawasan administrasi Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Dari pusat Kota Banyuwangi, para pengunjung masih harus menempuh perjalanan sejauh 13 km ke arah utara. Untuk menuju ke lokasi, para pengunjung disarankan menggunakan motor trail, dan jangan sekali-kali menggunakan motor matic, karena medan yang sangat sulit dan harus melalui jalanan berbatu atau makadam. Apabila menggunakan kendaraan roda empat, disarankan menggunakan mobil dengan penggerak empat roda atau four wheel drive (4WD), dan jangan sekali-kali menggunakan jenis sedan.

Sumber: indonesiakaya.com

Dari Kota Banyuwangi para pengunjung harus melewati jalur menuju ke Pelabuhan Ketapang, pelabuhan penyebrangan menuju ke Pulau Bali. Dari sana ambil jalur menuju ke utara sejauh 3 km untuk bisa sampai di wilayah Perkebunan Selogiri. Usai melewati terminal bus, kamu akan menjumpai papan petunjuk menuju ke Air Terjun Selogiri. Dari jalan raya, lokasi air terjun masih 7 km masuk ke dalam wilayah perkebunan, kira-kira membutuhkan waktu tempuh sekitar 40 menit dengan kendaraan bermotor. Di tengah-tengah perjalanan, jangan kaget apabila kamu menjumpai barak-barak tentara, karena memang wilayah tersebut sering kali digunakan sebagai latihan pasukan militer Indonesia atau TNI.

Pesona Air Terjun Selogiri

Sumber: Instagram @perumperhutani

Lokasinya yang berada di dalam kawasan perkebunan membuat Air Terjun Selogiri memiliki udara yang cukup sejuk dan suasana yang sangat damai, jauh dari hingar bingar dan peliknya kehidupan di perkotaan. Suara gemericik air terjun dengan tinggi kira-kira 10 meter akan menghadirkan nuansa yang syahdu, berpadu dengan rindangnya pepohonan di sekitarnya. Perkebunan di sekitar Air Terjun Selogiri didominasi oleh tumbuhan jati, memberikan nuansa hijau yang sesekali terdengar kicauan burung liar yang saling bersahut-sahutan, membuat pengunjung semakin betah untuk berlama-lama di sana.

Bermain Air di Kolam Alami

Sumber: indonesiakaya.com

Layaknya air terjun pada umumnya, di Air Terjun Selogiri juga terdapat kubangan seperti kolam alami yang terletak tepat di bawah guyuran air terjun. Para pengunjung bisa memanfaatkan kolam alami tersebut bermain air. Hanya saja ketika hujan deras mengguyur, para pengunjung dilarang berada di dekat kolam, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Apabila tidak ingin basah-basahan, mengabadikan keindahan alam Air Terjun Selogiri dengan kamera atau ponsel pintar juga bisa menjadi pilihan. Banyak spot yang layak untuk menjadi background foto terbaikmu di Air Terjun Selogiri.

Fasilitas dan Tiket Masuk

Lokasinya yang jauh masuk ke dalam perkebunan membuat Air Terjun Selogiri masih sangat terjaga kealamiannya. Di sana masih sulit ditemukan fasilitas penunjang untuk para wisatawan, belum terdapat pula warung atau kios yang menjual aneka minuman dan makanan ringan. Oleh sebab itu, para pengunjung diharapkan membawa perbekalan pribadi dari rumah.

Bagaimana, apakah kamu tertarik berlibur ke Air Terjun Selogiri? Bagi para pecinta alam dan para petualang, bisa dibilang air terjun ini adalah wisata yang tak boleh dilewatkan. Segera siapkan hari liburmu, dan segera nikmati keindahan alam Air Terjun Selogiri. Oh ya, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan alam sekitar.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…