OUR NETWORK

Goa Lalay yang Terancam Punah di Pelabuhan Ratu

Pesona Jawa Barat tidak akan pernah ada habisnya, banyak cerita yang bisa terukir indah di sana. Baik itu dengan budayanya, masyarakatnya, atau pun dengan alamatnya yang cukup menawan. Ya, Jawa Barat akan memberikanmu kesan yang berbeda mengenai pemandangan alamnya, mulai dari pantai, perkebunan teh, gunung, air terjun, hingga goa-goanya yang unik. Oleh sebab itu, berkunjung ke Jawa Barat akan terasa hambar jika kamu tak coba berpetualang menikmati keindahan alamnya.

Sumber: Instagram @jerryanandariadi

Di Jawa Barat, tepatnya di Pelabuhan Ratu ada destinasi wisata yang bisa dikatakan unik dan lain dari pada yang lainnya. Namanya Goa Lalay, destinasi wisata yang juga bisa dijadikan sebagai sarana edukasi untuk si kecil. Lokasinya yang mudah dijangkau dan terletak di tepi pantai menjadi nilai plus dari destinasi wisata yang satu ini.

Asal Usul dan Kondisi Goa Lalay

Sumber: masaginews.com

Goa Lalay adalah goa yang dihuni ratusan ribu bahkan jutaan kelelawar pemakan buah, yang di mana lokasinya berada di Jalan Pelita – Cipatuguran, Citarik, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dinamakan Goa Lalay, karena dalam Bahasa Sunda, kata ‘Lalay’ berarti kelelawar, sesuai dengan kondisi yang ada. Keberadana kelelawar di Goa Lalay pun bisa menjadi sarana edukasi bagi si kecil, untuk mengenalkan satu-satunya mamalia yang bisa terbang tersebut langsung dari habitat aslinya.

Sumber: Instagram @riskydarmawan

Sementara itu, Goa Lalay memiliki kedalaman sekitar 1000 meter, akan tetapi para wisatawan hanya diizinkan untuk mengeksplor sekitar 200 hingga 400 meter ke dalam goa. Alasannya apa lagi kalau bukan faktor keamanan, karena dasar dari Goa Lalay terendam air setinggi betis orang dewasa dan di beberapa bagian genangan airnya cukup dalam. Selain menggenani dasar goa, tetesan air dari atap goa juga membentuk stalagmit dan stalagtit yang cukup cantik.

Waktu Terbaik Menikmati Goa Lalay

Sumber: Instagram @regi_restuu

Kelelawar adalah binatang nokturnal, sehingga mereka beraktifitas pada malam hari dan tidur di waktu siang hari. Oleh sebab itu, waktu terbaik untuk menikmati keindahan Goa Lalay adalah di saat senja, di mana matahari sudah bersiap untuk pulang. Saat itu kamu bisa melihat jutaan kelelawar terbang meninggalkan goa untuk mencari makanan. Selain itu, kamu juga akan disuguhkan pemandangan senja yang cukup menawan di tepian pantai Pelabuhan Ratu.

Kamu sebenarnya juga bisa mendapatkan pemandangan yang sama di pagi hari, saat jutaan kelelawar mulai pulang dan masuk memenuhi atap goa. Hanya saja destinasi wisata Goa Lalay baru akan buka pada pukul 08:00 WIB, waktu yang terlalu siang untuk menikmati kepulangan sang kelelawar.

Pemandangan di Sekitar Goa Lalay

Selain keberadaan goa, para pengunjung juga akan dimanjakan dengan suasana yang rindang. Pepohonan besar tumbuh dengan sempurna di sekitar Goa Lalay, membuat sinar matahari sulit untuk menerobosnya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu juga bisa menikmati suasana tepian pantai Pelabuhan Ratu di sekitar Goa Lalay. Tak jauh dari goa, para pengunjung juga bisa menyaksikan kemegahan bangunan dari PLTU Pelabuhan Ratu dengan kapasitas pembangkitan sebesar 3×350 MW.

Goa Lalay yang Terancam Punah

Sumber: Instagram @imanfsy

Namun sungguh sangat disayangkan, seiring berjalannya waktu Goa Lalay mulai terancam punah. Bukan berarti goanya yang menghilang, namun jumlah kelelawar yang menjadi ikon dari Goa Lalay mulai mengalami penurunan secara drastis. Berkurangnya sumber makanan hingga tercemarnya lingkungan akibat pembangunan PLTU Pelabuhan Ratu menjadi salah satu alasannya. Apabila pihak pengelola dan pemerintah setempat tidak melakukan upaya-upaya pencegahan, bisa jadi puluhan tahun mendatang Goa Lalay yang dihuni jutaan kelelawar hanya akan tinggal kenangan.

Tips Sebelum ke Goa Lalay

Sumber: Instagram @taufikthh

Karena dihuni oleh jutaan kelelawar, bisa dipastikan bahwa goa ini memiliki bau yang sangat menyengat hasil dari kotoran mereka. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk menyiapkan masker sebelum memasuki Goa Lalay. Selain itu, kamu juga harus menggunakan senter, helm, dan sepatu apabila ingin menjelajahi goa yang satu ini, karena suasana di dalamnya sangat gelap dan pada beberapa bagian dari goa ini memiliki ketinggian yang cukup rendah.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba berwisata di Goa Lalay?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…