OUR NETWORK

Karimun Jawa, Pesona Jepara yang Sesungguhnya

Jepara hanyalah sebuah kabupaten kecil yang terdapat di sebelah utara provinsi Jawa Tengah. Daerah yang juga dikenal akan hasil kerajinan ukir kayu tersebut hanya memiliki luas wilayah sekitar 27.263 km persegi, dengan ibu kota berada di Kota Jepara. Namun mereka juga memiliki banyak wisata yang menawan, terutama pantai yang eksotis. Hal itu tidak lepas dari kondisi geografis Jepara yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah utara, dan keberadaan kepulauan Karimun Jawa.

Sumber: Instagram @si_departedequien

Di Karimun Jawa, kamu akan menemukan banyak tempat wisata yang menarik, pantai eksotis pun banyak tercecer di kepulauan tersebut. Nah, dari pada kebingungan memilih destinasi wisata di Karimun Jawa, gak ada salahnya kamu terlebih dahulu menyimak ulasan yang berikut ini.

Cara Menuju ke Karimun Jawa

Sumber: Instagram @martinoantoniazzi

Secara administratif Karimun Jawa terletak di Kecamatan Karimun Jawa, Kabupaten Jepara, sekitar 83 km dari pusat kota. Ada dua pilihan transportasi menuju ke Karimun Jawa, menggunakan kapal atau dengan menumpang pesawat terbang. Apabila menggunakan jalur laut, kamu bisa berangkat dari Pantai Kartini dengan menggunakan kapal Feri Siginjai yang berlayar setiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu setiap pukul 08:00 WIB.

Sumber: Instagram @despiamalatanihar

Setiap penumpang kelas ekonomi hanya akan dikenakan tarif sebesar 45 ribu rupiah untuk waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan. Bisa juga menggunakan KMC Bahari 9C dengan jadwal keberangkatan setiap Senin, Selasa, Jum’at sekitar pukul 9:00 WIB, dan di hari Sabtu pukul 10:00 WIB. Durasi perjalanannya sekitar 2 hingga 2,5 jam dengan tarif sebesar 150 ribu rupiah untuk kelas bisnis, 175 ribu rupiah untuk executive AC, dan 200 ribu rupiah untuk VIP AC.

Sumber: Instagram @indotravellers.co

Apabila menggunakan jalur udara, kamu harus pergi ke Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang menuju ke Bandara Dewadaru, Kepulauan Karimun Jawa dengan menumpang pesawat NAM Air atau Susi Air. Sama seperti kapal, jadwal penerbangan menuju ke Karimun Jawa juga hanya tiga kali dalam seminggu, namun tentunya dengan tarif yang lebih mahal.

Tips Sebelum ke Karimun Jawa

Sumber: Instagram @thekarimuncom

Namun ada baiknya sebelum berkunjung ke Karimun Jawa kamu harus mengetahui beberapa tips terlebih dahulu. Pertama adalah hindari pergi berlibur di musim penghujan, karena ombak di Laut Jawa cukup tinggi sehingga jadwal penyebrangan menuju ke Karimun Jawa biasanya akan ditunda hingga cuaca membaik. Kemudian pastikan kamu sudah mendapatkan home stay di Karimun Jawa, baik itu memesannya secara online atau pun melalui sambungan telepon. Tidak perlu khawatir soal harga, karena home stay di Karimun Jawa dibanderol cukup murah sekitar 75 hingga 200 ribu per malam, tergantung fasilitas yang ditawarkan. Selanjutnya adalah pastikan membawa persediaan uang tunai yang cukup, karena ATM di Karimun Jawa jumlahnya sangat terbatas.

Kegiatan di Karimun Jawa

Sumber: detik.com

Namanya juga kepulauan, jadi kegiatannya pun tak bisa jauh-jauh dari pantai. Apabila ingin merasakan sensasi yang lain, kamu bisa coba jelajah hutan mangrove di Karimun Jawa, menikmati kesejukan udara berpayungkan pohon bakau yang rindang. Untuk tiket masuk ke hutan bakau hanya 2.500 rupiah. Oh ya, jangan lupa untuk membawa lotion nyamuk ketika jelajah di hutan mangrove.

Sumber: padmagz.com

Kamu juga bisa menyusuri pulau-pulau kecil yang ada di sekitar Karimun Jawa, total ada 27 pulau yang terdapat di sana, dengan keunikan yang berbeda-beda. Untuk itu, kamu bisa menyewa perahu motor dengan tarif sebesar 400 hingga 600 ribu rupiah, dengan kapasitas penumpang maksimal 20 orang. Berenang dengan penyu dan hiu juga bisa menjadi pilihan, terutama ketika kamu berkunjung ke Pulau Tengah dan Pulau Menjangan Besar. Hal itu dikarenakan kedua pulau tersebut telah ditetapkan menjadi Taman Nasional Karimun Jawa, dan menjadi pusat penangkatan hiu dan penyu.

Sumber: Instagram @tamasya_karimunjawa

Bagi kamu pecinta taman bawah laut, snorkeling di Karimun Jawa bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Kondisi laut yang masih sangat jernih bebas polusi, ditambah dengan adanya terumbu karang yang menjadi habitat bagi ikan laut berwarna-warni akan membuatmu betah untuk berlama-lama snorkeling di sekitar Kepulauan Karimun Jawa. Menurut informasi, setidaknya ada 200 spesies ikan dan terumbu karang di Karimun Jawa.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…