OUR NETWORK

Goa Tambang Emas di Gunung Pongkor Jawa Barat

Goa Tambang Emas
Goa Tambang Emas

Objek wisata Goa Tambang Emas yang ada di Gunung pongkor ini lebih tepatnya berada pada kecamatan Nanggung, Bogor.  Goa emas ini berhasil dikelola PT Aneka Tambang Tbk atau Antam yang menjadi Badan Usaha Milik Negara atau BUMN pertambangan. Untuk tambang ini keberadaannya telah diketahui pada saat Antam melakukan survei pada pencarian logam dasar.

Sumber: bogor-today.com

Pada saat itulah tim geologi dari perusahaan tambang pelat merah justru menemukan emas ketika melakukan eksploitasi di tahun 1989. Untuk produksi dari gua tambang ini kisaran 1,5 hingga 2 ton untuk per tahunnya. Ada banyak keunikan yang bisa didapatkan dari gua tambang ini, karena ternyata gua tambang ini juga memiliki banyak para wisatawan yang berdatangan karena penasaran dengan isi perut Goa tambang ini.

Keunikan Goa Tambang Emas

Sumber: bogor.tribunnews.com

Ada beberapa keunikan yang tidak akan dijumpai pada goa yang lainnya. Untuk goa tambang yang ini memiliki daya tarik tersendiri, diantaranya seperti berikut:

  1. Memiliki 4 Lubang Ventilasi

Terowongan goa ini dilengkapi dengan 4 lubang yang cukup besar untuk dijadikan sebagai ventilasi. Dengan adanya ventilasi inilah maka orang yang tinggal di dalamnya bisa bertahan hingga 2 hari tanpa takut kehabisan udara bersih.

  1. Tidak Sembarang Orang Bisa Masuk Ke Goa

Tidak sembarang orang bisa memasuki goa emas ini. Hal ini dikarenakan Anda yang ingin masuk ke dalam gua harus mentaati beberapa peraturan yang sudah dibuat. Misalnya seperti mempunyai kartu asuransi, menggunakan baju wearpack, menggunakan sepatu boot, masker, bahkan sampai dengan menggunakan helm yang dilengkapi dengan senter pada bagian atas kepala.

  1. Penggalian Dari Bawah Bukit

Banyak orang yang tidak mengetahui, ternyata untuk tambang emas ini bisa didapatkan melalui penggalian di bawah bukit. Dengan bantuan alat berteknologi canggih inilah maka penambang bisa mencari emas tersebut.

  1. Asal mula tambang emas yang unik

Asal mula dari Goa Tambang Emas tergolong sangat unik, karena beberapa penelitian mengatakan tambang emas yang terdapat di Goa Pongkor ini berasal dari beberapa renik makhluk purba yang membantu beberapa juta tahun yang lalu.

Akses Menuju Goa Tambang

Untuk bisa masuk ke goa, maka ada beberapa akses yang perlu diperhatikan dengan baik, agar keamanan tetap terjaga dengan baik, terutama bagi para pekerja yang yang hendak mencari tambang emas. Berikut ini akses menuju Goa tambang:

  • Pekerja pada biasanya akan menggunakan lori yang ditarik menggunakan lokomotif diesel kecil pada saat hendak menuju ke perut goa. Untuk lori tersebut seperti angkutan odong-odong yang biasanya digunakan untuk mainan anak-anak. Lori itulah yang akan menghantarkan para pekerja tambang sampai pada tempat penumpukan material batuan.
  • Lokasi penumpukan material batuan memiliki jarak hingga 6 KM  dari mulut terowongan goa.
  • Selain menggunakan bantuan Lori, pekerja pun juga bisa berjalan kaki untuk bisa menuju ke lokasi penumpukan material. Saat berjalan kaki, maka pekerja akan merasakan aroma yang sangat pengap dan suasana yang gelap.

Suasana di dalam Goa Tambang Emas

Sumber: economy.okezone.com

Di dalam suasana Goa Tambang Emas ini cukup pengap dan memiliki dasar tanah berupa lumpur becek. Di dalamnya terdapat tetesan air yang seringkali merembes, berasal dari atas dinding terowongan yang sudah di cor semen. Bagian dinding samping terdapat penahan gua buatan yang ditopang dengan jaring lempengan metal.

Meskipun suasana di dalam Goa gelap dan pengap, namun Anda masih bisa merasakan udara segar yang masuk dari mulut Goa. Akan tetapi pada saat sudah berjalan hingga 1 km dari mulut goa, maka suasana udara akan berbeda menjadi lebih pengap, karena kadar oksigennya yang mulai menipis.

Sumber: merdeka.com

Di dalam Goa Tambang Emas ini saat sudah mencapai hingga 6 KM maka saat menepati di setiap jengkal terdapat beberapa ratus meter akan ditemukan percabangan goa. Nantinya di dalam goa hanya terdapat cahaya senter dari helm yang Anda gunakan. Dalam kondisi seperti ini, maka orang yang ada di dalam goa akan lebih beresiko besar tersesat.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…