spot_img

Gua Gelatik Lorong Sewu, Gua Tujuh Susun di Gunung Kidul

Indonesia memang memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kali ini kita akan menuju Gua Gelatik Lorong Sewu di Gunung Kidul. Pastinya sudah banyak yang merasa penasaran akan keindahan tempatnya.

Salah satu provinsi di Jawa Tengah memang mempunyai banyak kekayaan alam indah selain itu juga sangat berpotensi menjadi tempat wisata. Wajar saja saat berada di Gunung Kidul kita bisa menemukan beberapa rekomendasi wisata terbaik.

Sumber Gambar: jogja.tribunnews.com

Biasanya wisata alam yang berada di Jogja kebanyakan masih asri dan begitu alami. Seperti halnya Gua Gelatik yang akan kita bahas ini. Di tempat wisata ini kamu bisa dengan mudah temukan burung gelatik. Wajar saja jika goanya diberikan nama Goa Gelatik. Biasanya goa ini dipergunakan para ahli spiritual untuk bertapa bahkan menenangkan diri.

Lokasi Dari Gua Gelatik

Sumber Gambar: datawisata.com

Jika kamu adalah wisatawan yang kini berkunjung ke daerah Jawa Tengah. Lokasi Gua Gelatik ini sebetulnya keberadaannya mudah dijangkau. Jika memang kamu ingin kesana, kamu bisa langsung menuju daerah Kabupaten Gunung Kidul.

Langsung saja carilah arah menuju ke Gunungbang, Bejiharjo. Apabila masih terasa susah menemukannya. Kini kamu bisa langsung bertanya pada orang sekitar jalan menuju Kecamatan Karangmojo. Sebetulnya lokasi Gua Gelatik Lorong Sewu ini berdekatan dengan Monumen Panglima Soedirman.

Lokasi yang  mudah untuk dijangkau memungkinkan para wisatawan tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata ini. Apalagi nantinya kita bisa menyaksikan keindahan alam dalam gua. Pastinya nanti akan menjadi sebuah pengalaman yang berbeda dari lainnya.

Rute Menuju Lokasi Gua Gelatik

Apabila kamu melakukan sebuah perjalanan menuju ke Gua Gelatik. Tempat tersebut akan menjadi tempat yang terbilang mudah dicapai sebab jalanannya layak sekali untuk dilewati. Meskipun memang masih ada jalan berbelok dan masih naik turun. Tentu saja hal ini bukan menjadi masalah yang terpenting kamu berhati-hati saar berkendara.

Apabila kamu jalan dari pusat 0 km Yogyakarta maka kamu bisa langsung menuju arah timur menuju jalan Panembahan Senopati kemudian jalan terus hingga akhirnya bisa temukan perempatan arah selatan dengan melewati jalan Gedong Kuning hingga temukan perempatan pertama. Dari situ kamu ambil saja arah timur dan carilah jalan wonosari.

Kamu bisa berjalan sampai akhirnya mampu temukan tanjakan hingga temukan pertigaan dan ambillah jalan menuju jalan Goa Pindul. Dari situ kamu hanya perlu ikuti arahan dan kamu temukan lokasi dari Gua Gelatik Lorong Sewu. Perjalanan yang perlu ditempuh dari pusat kota Jogja berkisar 1,5 jam.

Harga Tiket Masuk Gua Gelatik

Sumber Gambar: wisatago.com

Gua Gelatik adalah salah satu wisata yang kini menarik sekali untuk dikunjungi. Sebab wisata alam biasanya tidak butuh biaya banyak untuk oprasionalnya. Tapi memang tetap ada biaya tertentu untuk menjaga tempat wisata ini.

Biasanya harga tiket masuk Gua Gelatik Lorong Sewu dibanderol dengan harga terjangkau yakni Rp 30.000 per orangnya. Dengan harga segitu tentunya kamu bisa sepuasnya menyusuri area Gua Gelatik yang terbilang indah sekali.

Buat kamu yang kini memilih membawa kendaraan pribadi tentunya tidak perlu merasa khawatir lagi karena sudah disediakan tempat parkirnya. Mengenai harga yang sudah mereka patok berkisar Rp 2.000 rupiah saja untuk sepeda motor, Rp 5.000 rupiah untuk mobil bahkan Rp 10.000 rupiah untuk minibus.

Apabila kamu mempunyai rencana untuk mendatangi lokasi wisata ini. Kamu perlu memperhatikan jam operasionalnya. Biasanya dimulai dari jam 08.00 pagi sampai dengan 17.00 sore. Pastikan kamu datang di waktu yang tepat.

Fasilitas Yang Tersedia Di Gua Gelatik

Sumber Gambar: Pinterest

Tentunya bukan hanya gua saja yang nantinya bisa kamu lihat. Tetapi di tempat ini kamu akan temukan beragam fasilitas gua yang menarik. Jika penasaran akan fasilitasnya, simak uraian di bawah ini:

  • Area parkir mobil dan motor.
  • Pelindung kepala untuk keselamatan.
  • Senter dipergunakan dalam gua yang terkesan gelap.
  • Tabung oksigen.
  • Plastik sebagai pelindung HP.

Pastinya hanya dengan harga terjangkau kini kamu sudah bisa memperoleh banyak fasilitas menarik seperti yang sudah dijelaskan di atas. Menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi Gua Gelatik Lorong Sewu pastinya menarik dijadikan pilihan. Apalagi kamu nantinya bisa melihat beragam keindahan yang berada dalam gua.

Itulah tadi sekilas penjelasan menarik mengenai wisata Gua Gelatik yang bisa kamu ketahui. Semoga saja kamu bisa mengunjunginya dan menikmati keindahan alam dalam gua.

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.