From Korea With Love Concert

Gunung Kembang Via Blembem, Alternatif Lain Menikmati Dataran Tinggi Dieng

Gunung Kembang dengan ketinggian 2340 Mdpl menjadi salah satu pendakian yang saat ini sedang naik daun. Maklum saja, Gunung Prau yang menjadi ikon dari Dataran Tinggi Dieng sudah terlalu penuh oleh para pendaki. Kehadiran kawasan ini sedikit membantu penumpukan pendaki di Prau,

Walaupun, tergolong jalur baru. Namun, pesona Gunung Kembang tidak kalah dengan gunung-gunung lama lainnya. Keindahannya memang membuat kamu terkejut dan kagum. Kali ini, kami akan melewati pos Blembem yang konon menjadi  jalur pendakian terfavorit di Gunung ini.

Menuju ke Pos Blembem

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Basecamp jalur Blembem berada di Desa Blembem, Kecamatan kertek, Kabupaten Wonosobo. Menuju ke tempat ini, kamu harus melalui Terminal Mendolo terlebih dahulu. Kemudian, kamu bisa carter mobil menuju ke Basecamp. Di sini, kamu akan disuguhkan dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Mulai dari Tempat peristirahatan untuk pendaki, warung, kamar mandi, area parkir yang cukup luas. Untuk harga simaksinya sendiri mulai dari 10 ribu rupiah saja lho. Ditambah dengan uang parkir sebesar 5 ribu rupiah per kendaraan. Setelah mengisi semua data yang dibutuhkan, kamu diizinakn memulaia pendakian.

Menuju ke Pos 1

Sumber Gambar: Google Maps @mbon Rajab

Ada hal yang cukup unik di jalur pendakian Gunung Kembang ini. Dimana, sebelum masuk ke pos 1 kamu harus melewati perkebunan teh yang cukup panjang dan asri. Pemandangan ini sangat mengesankan dan paling bagus untuk foto lho.

Nah, setelah melewati perkebunan teh kamu bisa menuju ke istana katak. Perjalanan yang dibutuhkan untuk kawasan ini kurang lebih 45 menit saja. Nah, banyak pendaki yang akan langsung melanjutkan perjalanan menuju ek Pos 1. Setelah istana katak, kamu akan memasuki area hutan.

Sumber Gambar: Google Maps @Andreas Kristian

Biasanya di area hutan ini, kamu bisa melihat babi hutan yang terkadang berkeliaran Oleh karena itu, nama dari tempat ini disebut dengan kandang celeng. Lalu, dari sini menuju ke pos liliput kamu hanya membutuhkan waktu 30 menit saja. Jalurnya sudah mulai menanjak dan membuat kaki-kaki kamu cukup lemas. Ada baiknya untuk istirahat terlebih dahulu sebelum kamu melanjutkan perjalanan menuju ke pos 2.

Menuju ke Pos 2 dan Pos 3

Perjalanan menuju ke Pos 2, kamu akan disuguhkan dengan sebuah persimpangan yang seringnya membuat kamu tersesat, Nah, ada yang harus kamu perhatikan. Bila kamu mendaki di malam hari, kamu harus sangat berhati-hati agar tidak tersesat di tempat ini. Karena, persimpangan disini ada cukup banyak lho.

Sumber Gambar: Google Maps @Dede Apriyanto

Menuju ke pos 3, memerlukan waktu kurang lebih 20 menit saja. Dimana, perjalanannya kamu akan disuguhkan dengan trek yang juga tidak mudah untuk dilalui lho. Jadi, persiapkan benar fisik kamu agar bisa menuju ke puncaknya.

Nah, menuju ke Pos 3 kamu akan disuguhkan dengan rute pos akar yang dipenuhi dengan pepohonan yang akar-akarnya kemana-mana. Inilah yang membuat perjalanan di pos 3 ini terasa sangat sulit. Karena, kamu harus melompat dan terkadang merangkak.

Menuju ke Sabana, Tanjakan Mesra dan Puncak

Sumber Gambar: Instagram @serliagsn

Perjalanan menanjak menuju ke sabana memang tidak mudah. Dimana, kamu harus menaklukkan tanjakan yang cukup melalahkan. Kurang lebih kamu harus menempuh waktu kurang lebih 40 menit. Dari sini biasanya nafas kamu sudah mulai habis. Tidak ada salahnya untuk beristirahat lho.

Sumber Gambar: Google Maps @Abdul Hadi

Nah, pesona terakhir menuju ke atas puncak adalah Tanjakan Mesra. Dimana, tanjakannya lebih kejam dari tanjakan-tanjakan yang sudah kamu kunjungi disini. Sudut kemiringannya bisa mencapai 80 derajat lho. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan tali webbing untuk bisa ke puncaknya.

Kurang lebih 20 menit kamu akan tiba di puncak dengan pesona sabana yang cukup luas. Kamu bisa mendirikan tenda di tempat ini yang konon bisa menampung 50an tenda lho. Lautan awan dengan pesona Sindoro memang tidak boleh kamu lewatkan. Deeretan pegunungan dieng juga bisa kamu nikmati lho. Sungguh keindahannya tidak ada duanya.

Kesimpulan

Gunung Kembang via Blembem mempunyai jalur yang menyusahkan hanya saja cukup ramah bagi kamu para pendaki pemula. keindahannya pun tidak diragukan lagi. Dengan pesona perkebunan teh, hingga sang fajar yang mempesona dengan langitnya yang berwarna orange. Pemandangan Gunung Sindoro juga membuat kamu terpesona dan terpana. jadi, sudah siap mengunjungi Gunung Kembang?

From Korea With Love Concert

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.