OUR NETWORK

Gunung Tiong, Sisi Lain Belitung yang Waib diPerhitungkan

Negeri Laskar pelangi memang bagaikan sebuah surga yang tidak ada habisnya. Selalu saja menghadirkan keindahan-keindahan yang membuat semua orang berdecak kagum. Selain pantai, Belitung ternyata mempunyai gunung dengan pendakian yang cukup unik. Namanya, Gunung Tiong.

Sumber: Instagram @p.yuli_28

Disini, wisatawan benar-benar diuji mulai dari ketahanan fisik, mental, hingga raga. Seberapa besar kamu bisa mengalahkan diri sendiri dari rasa ego dan lelah. Jangan khawatir, bila sudah sampai di atas kamu bisa menyaksikan maha karya yang tiada duanya.

Mengenal Gunung Tiong

Sebenarnya, objek wisata ini kurang tepat bila disebut sebagai gunung. Karena, bila dilihat dari ketinggiannya yang hanya 200 mdpl. Tempat wisata ini lebih cocok bila disebut dengan bukit. Memang sudut kemiringan yang harus kamu jalani kurang lebih 45 derajat.

Sumber: Instagram @fitrikata

Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan berbagai macam perkebunan kopi dan rumah pohon yang menambah kesan di hati. Berbicara masalah rumah pohon, kamu akan dimanjakan dengan sebuah tapak yang dipasang mengelilingi pohon. Untuk naik ke rumah ini sudah disediakan tangga. Sehingga, kamu bisa melihat hamparan perbukitan yang luas. Sungguh, indah nian dipandang oleh mata. Terdapat sebuah gardu pandang yang terbuat dari kayu yang dibentuk huruf V dibalik. Tempat ini biasanya digunakan wisatawan untuk selfie.

Sumber: Instagram @ernie_ardianti

Selanjutnya, kamu juga akan disuguhkan dengan replika perahu yang terbuat dari bambu. Cobalah tengok ke bawah sebentar bila kamu berani. Jurang menganga begitu dalam. Jangan takut, tingkat jaminan keamanannya cukup tinggi. Hanya saja, maksimal tidak melebihi 2 orang setiap ingin selfie disini.

Keunikan lain yang bisa kamu dapatkan dari gunung Tiong adalah kata-kata unik, lucu, yang membuat kamu paham bagaimana cara merawat lingkungan. Atau mungkin, mengingatkan kamu untuk move on. Bisa juga lho, kata-kata disini dibikin status.

Alamat dan Cara Pergi Ke sana

Alamat Gunung Tiong terletak di Dusun Setiong, Desa Lilangan, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur. Bagi kamu yang berada di luar pulau sumatera. Pertama kali yang dituju adalah Bandara Belitung. Selanjutnya, arahkan kendaraan menuju ke titik lokasi yang menempuh waktu kurang lebih 1,5 jam. Nah, ada dua pilihan jalan yang bisa kamu pilih. Melalui jalan Dendang dan Jl. Raya Desa Balok kemudian, masuk ke jenderal sudirman di desa lilangan. Lalu, kamu akan tiba di kantor desa lilangan  dari sini, perjalanan hanya tinggal beberapa menit lagi. Pilihan yang kedua melalui jalan Badau, menuju ke simpang renggiang, belok kanan masuk ke Jl. gantung, sumping, hingga kantor desa lilangan. Kemudian, siap dirimu untuk menempuh jalur pendakian. Memang belum tersedia papan petunjuk sehingga, kamu harus aktif bertanya ke warga sekitar

Penginapan Sekitar

Sumber: Instagram @rheskyn

Bagi kamu yang berasal dari luar belitung, jangan ragu pergi ke tempat ini. Karena, sudah tersedia penginapan yang bakal memanjakan kamu dengan berbagai fasilitasnya.

Rekomendasi pertama jatuh di penginapan Bale In. Jaraknya hanya 29 menit dari titik lokasi menempuh perjalanan sepanjang 23,9 kilometer. Melalui jalan sudirman. Penginapan ini sendiri begitu nyaman dengan berbagai macam tipe kamar yang bisa dipilih. Sprainya cukup bersih, kamarnya selalu wangi, Ac berfungsi dengan baik, toilet juga bersih, pelayanan prima. Harga per malam per kamarnya mencapai 150 ribu rupiah. Penginapan ini terletak di Jalan Raya Manggar – Gantung, Selingsing, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur.

Selanjutnya, ada desta homestay yang jaraknya hanya 25 menit saja melalui jalan jenderal sudirman menempuh perjalanan sepanjang 20,7 kilometer. Harga per malam per kamarnya mulai dari 100 ribu rupiah. Kamarnya memang sederhana. Tetapi, nyaman dan juga bersih. Dijamin, tidur kamu akan nyenyak. Homestay ini terletak di jalan lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur.  Suasananya sangat asri dengan halaman parkir yang cukup luas. Dari sini kamu juga bisa berkunjung ke berbagai macam wisata seperti, museum andrea hirata, kampung ahok dan replika sd muhammadiyah laskar pelangi. Perjalanan dari bandara pun hanya memakan waktu 1 jam 10 menit.

Gunung Tiong adalah keindahan lain dari Belitung yang sayang untuk ditinggalkan. Panorama alam berupa perbukitan dan kabut tipis selalu dirindukan oleh wisatawan. Ayo berkunjung ke belitung timur dan rasakan bagaimana pesonanya merasuk hingga ke dalam kalbu.

Comments

Loading...