in

Hutan Mangrove Langsa, Wisata Magrove Terbaik Di Indonesia

Sumber Gambar: Google Maps @Mhd. ghazali

Selain memiliki objek wisata terkenal seperti gunung, pantai, dan peninggalan budayanya, Aceh juga memiliki alternatif wisata yang tak kalah menarik. Objek wisata ini dikenal dengan nama Hutan Mangrove Langsa Aceh. Sesuai dengan namanya, hutan mangrove ini berada di Kuala Langsa. Letaknya yang hanya berada 5 kilometer dari Kota Langsa ini menjadikannya sebagai objek wisata yang sangat strategis dan mudah untuk dikunjungi.

Dan tahukah kamu jika Hutan Mangrove Langsa ini termasuk salah satu hutan mangrove terindah? Bukan hanya di Indonesia saja, melainkan keindahannya sudah berskala Internasional lho! Oleh karena itu jangan heran jika sedang berkunjung kesini kamu akan berjumpa dengan wisatawan-wisatawan asing. Penasaran apa saja sih yang membuat hutan mangrove ini terkenal dan wajib dikunjungi? Simak penjelasannya dibawah ya!

Daya Tarik Hutan Mangrove Langsa Aceh

Memiliki puluhan pantai yang cantik membuat Aceh juga memiliki hutan mangrove yang tidak kalah cantiknya. Hutan Mangrove Langsa yang memiliki luas sekitar 8.000 hektar ini bahkan sudah masuk ke destinasi berskala Internasional yang telah mendunia sesuai dengan penjelasan diatas. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Buatan dan Pelabuhan Kuala Langsa. Kamu bisa mengunjungi kedua tempat ini setelah puas menjelajahi hutan mangrove.

Nah, untuk kamu yang ingin mampir dan membuktikan seberapa indahnya Hutan Mangrove Langsa Aceh kamu wajib tahu nih apa aja sih daya tarik yang dimilikinya? Agar kamu tidak kaget saat berkunjung, berikut ini beberapa bocorannya untuk kamu.

  • Termasuk Hutan Mangrove Dengan Koleksi Terlengkap

    Sumber Gambar: Google Maps @sofyanto. id

Hutan Mangrove Langsa yang sudah menjadi kebanggan masyarakat Aceh ini memiliki varietas tanaman mangrove yang lengkap lho! Bahkan koleksinya termasuk dalam koleksi terlengkap sedunia, bukan hanya skala Nasional. Hebat banget kan? Kawasan ini setidaknya ditumbuhi oleh lebih dari 35 jenis mangrove. Beberapa jenis mangrove yang ada adalah Avicennia, Sonneratis, Ceriops, Bruguiera, dan Rhisophora.

  • Terdapat Jembatan Sepanjang 300 Meter Yang Cantik

    Sumber Gambar: Google Maps @Aditya Yusup Nugroho

Yang membuat Hutan Mangrove ini berbeda dengan hutan mangrove lainnya adalah keindahan yang disuguhkan. Disini kamu bisa menemukan jembatan dengan panjang 300 meter. Jembatan yang dibuat dari kayu dan membentang di seluruh permukaan air rawa inilah yang menjadikan hutan mangrove semakin indah. Desain jembatan yang dibuat melengkung menjadi tempat favorit untuk berfoto.

  • Fasilitas Yang Memadai

    Sumber Gambar: Google Maps @Mewarnai Indonesia

Karena termasuk wisata berskala Internasional, Hutan Mangrove Langsa sudah memiliki fasilitas yang memadai. Mulai dari toilet umum, tempat istirahat, dan ibadah sudah disediakan dengan detail dan bersih. Ini tentu akan membuat wisatawan semakin betah. Selain itu ada kapal yang bersedia menyusuri sungai di sepanjang hutan mangrove untuk kamu yang mager berjalan. Kamu cukup embayar biaya sewa kapal. Ada speed boat juga lho!

  • Bisa Berinteraksi Langsung Dengan Fauna Yang Ada

    Sumber Gambar: Google Maps @Gilang Mahardika

Selain memiliki koleksi mangrove yang lengkap, hutan ini juga memiliki beberapa fauna lho! disini hidup berbagai tipe biota laut seperti ikan udang, moluska, dan ikan lainnya. Kamu juga bisa bertemu dan berinteraksi langsung dengan beberapa monyet dan kera. Monyet dan kera yang ada disini tergolong cukup jinak. Jadi bisa kamu ajak bermain atau berfoto deh.

Gimana? Tertarik untuk berkunjung? Jika iya kamu bisa berkunjung setiap hari Senin – Minggu mulai dari pukul 08.00 hingga 17.00. Untuk weekend atau akhir pekan akan ditutup pukul 18.00. Tiket masuk yang dikenakan juga sangat murah, hanya Rp 5.000 untuk tiket normal dan Rp 20.000 untuk tour package. Jadi kapan nih kamu akan berkunjung ke Hutan Mangrove Langsa Aceh?