OUR NETWORK

Hutan Mangrove Munjang, Hutan Amazon Pulau Bangka

Sumber: http://www.kemangteer.org

Bangka Belitung adalah sebuah provinsi yang terdiri dari dua pulau besar, yakni Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Lokasinya yang dikelilingi oleh laut membuat Bangka Belitung memiliki begitu banyak pantai cantik dan eksotis. Selain itu provinsi yang beribu kota di Pangkal Pinang tersebut juga kaya akan sumber alam mineral berupa timah. Bahkan saking banyaknya, Bangka Belitung diklaim sebagai sumber penghasil timah terbesar di Indonesia. Akan tetapi juga tidak hanya tentang pantai dan timah, karena jika kamu jeli Bangka Belitung jauh lebih dari itu. Banyak potensi lain yang belum tersentuh, salah satunya adalah hutan mangrove. Berbicara soal hutan mangrove di Bangka Belitung, tentunya kamu tidak akan bisa lepas dari Hutan Mangrove Munjang. Pesona alamnya membuat Hutan Mangrove Munjang sering disebut sebagai Hutan Amazon-nya Pulau Bangka.

Tidak hanya cantik, Hutan Mangrove Munjang juga sering disebut sebagai penyangga ekosistem yang memiliki peranan penting dalam pelestarian lingkungan. Banyaknya pohon bakau dan suasana yang sejuk serta asri sangat cocok untuk kamu para pecinta alam yang mendambakan sensasi berpetualang di hutan belantara. Dari pada jauh-jauh ke Brasil untuk berkunjung ke Hutan Amazon, lebih baik ke Pulau Bangka dan menikmati sensasi dari Hutan Mangrove Munjang.

Lokasi Hutan Mangrove Munjang

Sumber: travelingyuk.com

Untuk lokasinya sendiri Hutan Mangrove Munjang berada di Sungai Munjang, Desa Kurau Barat, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Belitung. Dari pusat kota Koba para pengunjung hanya perlu menempuh jarak sejauh 30 km untuk bisa sampai di Hutan Mangrove Munjang. Namun bagi para pengunjung yang datang dari Kota Pangkal Pinang, mereka hanya peru menempuh perjalanan sejauh 29 km. Jarak yang tidak terlalu jauh untuk bisa menikmati sensasi Hutan Amazon di Bangka.

Jelajah Hutan Mangrove Munjang dengan Perahu

Sumber: Instagram@marsharjuwita

Hutan Mangrove Munjang memiliki luas sekitar 213 hektar, hanya saja baru sekitar 30 persen yang sudah dikelola untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Hal ini cukup lumrah, karena memang Hutan Mangrove Munjang baru dibuka untuk wisata umum pada 22 Juli 2017 yang lalu. Luasnya wilayah hutan mangrove yang satu ini membuat para pengunjung akan dihadapkan pada dua opsi untuk bisa menjelajahinya. Yang pertama adalah dengan berjalan kaki dan yang kedua dengan menggunakan perahu.

Sumber: Instagram@tomijunkier

Ketimbang opsi yang pertama, para pengunjung sering kali memilih opsi yang kedua yakni menggunakan perahu untuk menjelajahi Hutan Mangrove Munjang. Selain lebih seru, tarif perahu yang bisa dimuati 10 hingga 14 orang tersebut juga sangat murah yakni 10 ribu rupiah. Dengan menggunakan perahu kalian akan diantarkan berkeliling Hutan Mangrove Munjang sambil menikmati rindang dan asrinya suasana. Jika sedang beruntung para pengunjung bisa melihat langsung aneka satwa liar seperti kera, biawak, hingga ular. Semakin jauh masuk ke dalam hutan mangrove, suasana akan semakin mirip seperti di Hutan Amazon, di mana pada tepian sungai akan dihiasi oleh deretan pohon mangrove dan akarnya akan membentuk sebuah lukisan alam yang sangat menawan.

Fasilitas yang Ditawarkan di Hutan Mangrove Munjang

Sumber: Instagram@sulastri_tree

Usai diajak menjelajah Hutan Mangrove Munjang, para pengunjung akan disuguhi dengan berbagai informasi mengenai hutan mangrove di lokasi bersandarnya perahu. Kemudian di sana juga ada jembatan panjang dengan lebar sekitar 2 meter yang membelah rimbunnya hutan mangrove. Suasana yang asri membuat para pengunjung sering memanfaatkan jembatan tersebut untuk bersantai atau sekedar berjalan-jalan menikmati pemandangan. Telah disediakan juga beberapa tempat duduk yang bisa digunakan ketika kaki sudah terasa lelah.

Sumber: Instagram@sapitragani

Untuk fasilitas lain ada pendopo dan juga tower, yang di mana lokasinya tidak jauh dari parkiran perahu. Pendopo bisa digunakan para pengunjung untuk menggelar pertemuan, sementara bagi yang bernyali tinggi bisa mencoba naik ke atas tower dan melihat pemandangan Hutan Mangrove Munjang dari ketinggian.

Spot Foto di Hutan Mangrove Munjang

Sumber: Instagram@pyonceputra

Untuk para pengunjung yang hobi fotografi, jangan khawatir karena di sana juga telah disediakan banyak spot foto yang menarik dan tentunya instagramable. Berfoto dengan latar belakang hijaunya hutan mangrove dijamin akan membuat fotomu semakin terlihat sempurna.

Sumber: backpackerjakarta.com

Bagaimana, apakah kamu juga tertarik untuk menghabiskan waktu libur di Hutan Mangrove Munjang? Yuk liburan ke sana.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…