OUR NETWORK

Mengungkap Wajah Pulau Sebesi, Destinasi Wisata Eksotis di Lampung

Sumber: @entertraveller

Ada anggapan bahwa berkunjung ke Lampung tak lengkap jika tidak menyambangi pantai atau pulaunya yang eksotis. Sebuah anggapan yang wajar, karena memang Lampung adalah provinsi yang dianugrahi dengan keindahan garis pantai yang menawan karena lokasinya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan dan Laut Jawa di sebelah utara. Untuk kalian para pecinta wisata bahari, jika berkunjung ke Lampung wajib mampir ke Pulau Sebesi yang kini mulai menjadi destinasi wisata unggulan di provinsi paling ujung Pulau Sumatera tersebut.

Cara Menuju ke Pulau Sebesi

Sumber: Phinemo

Pulau Sebesi sendiri masuk dalam wilayah Desa Tejang Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, masih termasuk dalam perairan Lampung atau lebih tepatnya sebelah timur laut gugusan Kepulauan Krakatau, sebelah timur Pulau Serdang dan Legundi, dan sebelah selatan Pulau Sebuku. Di Pulau Sebesi para pengunjung bisa melihat keberadaan sebuah bukit yang diberi nama dengan Gunung Sebesi, dengan ketinggian sekitar 844 mdpl. Beberapa pantai yang asri dan pulau-pulau cantik juga bisa ditemukan di sekitar Pulau Sebesi.

Sumber: Instagram@explorepulausebesi

Untuk bisa menuju ke Pulau Sebesi, dari Pelabuhan Bakauheni para pengunjung harus melanjutkan perjalanan menuju ke Dermaga Canti yang berada di Desa Canti, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Sementara jika datang dari Bandar Lampung, maka masih membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam. Setelah sampai di Dermaga Canti, para pengunjung harus memesan kapal kecil menuju ke Pulau Sebesi dengan waktu tempuh sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan, tergantung cuaca dan ombak. Biasanya di Dermaga Canti para nelayan juga akan menawarkan paket wisata ke para pengunjung dengan berkeliling mengunjungi pulau-pulau di sekitar Lampung seperti Pulau Sebuku, Pulau Umang-umang, Pulau Krakatau, hingga Pulau Panjang dengan rata-rata harga sekitar 2 juta rupiah.

Hal yang Bisa Dilakukan di Pulau Sebesi

Sumber: Wike Sulistiarmi/Phinemo

Banyak hal seru yang bisa dilakukan para pengunjung di Pulau Sebesi. Pertama adalah bermain kano, memanfaatkan ombak tenang yang ada di sekitar pulau. Jangan khawatir soal peralatan, karena di tepi pantai Pulau Sebesi telah banyak tersedia tempat penyewaan kano dan perlengkapan penunjang lainnya. Kemudian para pengunjung juga bisa coba menyebrang ke Pulau Umang-Umang yang lokasinya tidak jauh dari Pulau Sebesi. Pulau itu disebut sebagai tempat terbaik untuk menikmati sunset atau pemandangan matahari terbenam di sekitar Pulau Sebesi. Tidak hanya itu, di sekitar Pulau Umang-Umang juga terdapat banyak spot foto yang menarik dan Instagramable.

Sumber: www.siestahotel.com

Bagi penikmat wisata bawah air, mereka juga bisa snorkeling di sekitar Pulau Umang-Umang yang disebut sebagai spot terbaik. Ombak laut yang sangat bersahabat membuat para pengunjung bisa menikmati keindahan alam bawah laut Lampung dengan tenang. Jika masih memiliki tenaga, para pengunjung juga bisa coba menaklukkan Gunung Sebesi yang di dalamnya memiliki surga tersembunyi berupa curug dan air terjun. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 2 jam trecking untuk bisa sampai di puncak Gunung Sebesi. Usai lelah, bersantai di tepi pantai sembari minum kelapa muda segar bisa menjadi pilihan yang pas. Ketika sedang beruntung dan bertemu dengan nelayan yang berhasil membawa ikan hasil tangkapan, para pengunjung juga bisa membelinya untuk kemudian di bakar di tepi pantai. Namun ingat, selalu jaga kebersihan dengan membuang sampah atau pun arang bekas ke tempat yang semestinya.

Penginapan dan Kuliner Khas Pulau Sebesi

Sumber:Wike Sulistiarmi/Phinemo

Oh ya, jika berkunjung ke Pulau Sebesi para pengunjung juga wajib mencoba kuliner khas daerah setempat. Di pulau tersebut mayoritas warganya menanam biji kakao, yang kemudian akan dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk membuat minuman khas Pulau Sebesi. Di pulau dengan luas wilayah sekitar 2.620 hektar tersebut para pengunjung bisa menemukan banyak tempat penginapan dengan fasilitas yang beragam, mulai dari homestay hingga cottage. Untuk harganya sendiri sangat bersahabat di kantong, karena rata-rata hanya dipatok sebesar 200 ribu rupiah per malam.

Tertarik ke Pulau Sebesi? Langsung saja siapkan jadwal liburan, berkunjung ke pulau cantik yang satu ini akan membuatmu lebih bersyukur tingga di negara seindah Indonesia. Selalu jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…