OUR NETWORK

Menikmati Wisata Unik Perkampungan Air di Kuala Teladas

Sumber: Thevirginhunter

Pasti kamu kenal dengan Lampung? Ya, Lampung adalah provinsi yang terletak di bagian paling ujung dari pulau Sumatera, berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah barat, Laut Jawa di sebelah timur, Selat Sunda di sebelah selatan, dan berbatasan dengan provinsi Sumatera Selatan di sebelah utara. Lokasinya yang diapit oleh dua perairan luas membuat Lampung memiliki banyak tempat wisata bahari yang menarik. Tidak hanya pantai, mereka juga mempunyai gugusan kepulauan yang sangat unik dan eksotis, seperti Pulau Pahawang yang terkenal akan taman bawah lautnya, Pulau Anak Gunung Krakatau dengan kemegahan gunungnya, hingga Pulau Sebesi yang terkenal akan pantainya. Namun jika kamu sudah bosan dengan wisata pulau atau pantai yang hanya itu-itu saja, ada laternatif wisata lainnya, masih berhubungan dengan air tapi memiliki konsep yang unik. Ya, tempat wisata itu bernama Perkampungan Air Kuala Teladas.

Kok dinamakan perkampungan air? Alasannya adalah karena mayoritas masyarakat di Kuala Teladas menggantungkan hidupnya dari hasil perikanan. Hampir semua warga mereka memiliki keramba untuk budidaya berbagai jenis ikan dan udang. Komoditas yang biasanya dibudidayakan oleh warga Kuala Teladas adalah ikan baung, patin, mas, dan beberapa jenis ikan lainnya yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Sementara untuk budidaya udang, mayoritas yang dibudidayakan adalah udang vaname.

Lokasi Perkampungan Air Kuala Teladas

Sumber: Instagram@indrisaputriramadhani

Oh ya, untuk lokasinya sendiri berada di kecamatan Dente Teladas, kabupaten Tulang Bawang, Lampung. Dari sekian banyak perkampungan yang ada di kabupaten Tulang Bawang, Kuala Teladas adalah kampung yang paling kecil, dan masyarakat di sana menamai dirinya dengan Way Tulang Bawang. Way adalah Bahasa Lampung, yang jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia adalah sungai. Hal itu karena di Kuala Teladas juga terdapat sungai yang kira-kira lebarnya 200 meter. Nah, di sungai tersebut sering kali diadakan lomba seperti dayung, lomba memancing, lomba menghias perahu, dan yang lain sebagainya.

Jika berkunjung dari ibu kota Lampung, Bandar Lampung, butuh perjalanan selama 3 jam 40 menit dengan menempuh jarak sejauh 180 km menuju ke utara melewati Taman Nasional Way Kambas yang menjadi tempat habitat gajah Sumatera terbesar di Indonesia. Namun jika datang dari Pelabuhan Bakauheni yang menjadi pusat penyebrangan antara Pulau Sumatera dan Jawa, maka jarak yang ditempuh adalah sejauh 256 km dengan waktu tempuh 4 jam 23 menit.

Apa Sih yang Bisa Dilakukan di Sana?

Sumber: Instagram@coklat_el

Banyak hal yang bisa pengunjung lakukan di Wisata Perkampungan Air Kuala Teladas. Pertama, kamu bisa coba berkeliling di sungai sekitar perkampungan dengan menggunakan sampang, yang bisa disewa dari warga sekitar. Kapan lagi, bisa berkeliling sungai dengan sampan dan menikmati udara bersih khas pedesaan? Selanjutnya, para pengunjung juga bisa membeli ikan hasil budidaya masyarakat Kuala Teladas, dan mereka pun bisa langsung memasaknya di sana. Bagaimana, menarik bukan? Memancing di Kuala Teladas juga bisa dilakukan oleh para pengunjung. Untuk peralatan pancingnya sendiri bisa membawa dari rumah atau pun meminjam milik masyarakat setempat.

Tempat yang Menarik, tapi Sepi Pengunjung

Walau pun menarik dan menyimpan potensi wisata yang sangat besar, namun Wisata Perkampungan Air di Kuala Teladas masih sepi pengunjung, tak banyak traveler yang mengetahui tempat seru yang satu ini. Alasannya apa lagi kalau bukan karena minimnya promosi ke dunia luar. Sebagus apa pun tempat wisata, kalau tidak dipromosikan sama halnya dengan omongan kosong belaka. Padahal Wisata Perkampungan Air di Kuala Teladas adalah tempat yang cocok untuk dijadikan sebagai rujukan dalam menghabiskan waktu libur akhir pekan. Oleh sebab itu, pemerintah Lampung, khususnya kabupaten Tulang Bawang harus lebih gencar mempromosikan Kuala Teladas, baik itu dengan menyelenggarakan lomba berskala nasional atau pun mempromosikannya melalui media masa.

Dengan suasana yang dimiliki dan banyaknya aktivitas seru yang bisa dilakukan, dijamin kamu tidak akan menyesal berkunjung ke tempat yang satu ini. Kalau perlu, ajak teman, keluarga, atau mungkin kekasih hati untuk seru-seruan di Wisata Perkampungan Air Kuala Teladas. Selamat berlibur, dan tetap jaga kebersihan lingkungan!

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…