OUR NETWORK

Air Terjun Mandin Damar, Keindahan di Balik Hutan Kalimantan

Sumber: mldspot.com

Tidak bisa dipungkiri kalau Kalimantan punya surga yang sangat indah. Pesona yang tersembunyi di balik Hutan dengan keindahan yang membuat semua mata yang memandang seakan enggan untuk berkedip. Salah satunya adalah Air Terjun Mandin Damar.

Sumber: travel.tribunnews.com

Banyak wisatawan yang datang dan pergi silih berganti ke tempat ini. Dimana, panorama air menjadi salah satu yang tidak bisa dihindarkan. Walaupun, menuju ke tempat ini membutuhkan tenaga dan keringat yang bercucuran. Namun, saat melihat panoramanya secara langsung, kamu pasti ingin berlama-lama disini.

Tentang Air Terjun Mandin Damar

Air Terjun Mandin Damar memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter dengan lebarnya mencapai 15 meter dan 18 meter. Sebutan lain untuk tempat wisata ini adalah Air Terjun Perawan. Nama tersebut memang tidak berlebihan, banyak wisatawan yang datang dan pergi tanpa membawa sampah atau merusak kawasan ini.

Sumber: Twitter @kalimantaners

Sehingga, kamu masih bisa melihat keasliannya dan kealamiannya seperti belum pernah terjamah oleh siapapun Di samping kanan dan kirinya, kamu bisa melihat jajaran hutan yang lebat menjulang. Kawasan ini memang paling cocok bagi kamu yang membutuhkan tempat untuk menyendiri.

Cara Menuju ke Lokasi

Objek wisata ini terletak di Desa Gunung Raya, Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Kota pertama yang bisa kamu singgahi adalah Bandara Syamsudin Noor

Sumber: mldspot.com

Selain naik kendaraan pribadi, kamu juga bisa menggunakan kendaraan umum. Kamu bisa naik Taksi  Hulu Sungai yang berbentuk Colt L300. Dari Terminal Banjarmasin menuju ke Kondangan kamu akan dikenakan tarif sebesar 45 ribu rupiah saja.

Dari sini, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Desa Gunung Raya, total perjalanan bisa mencapai 7 jam lamanya. Tetapi, bila kamu naik kendaraan pribadi dari Banjarmasin bisa menempuh waktu 5 jam sampai 6 jam.

Sumber: Instagram @wisata.kalsel

Kamu harus lapor kepada kepala desa keperluanmu mengunjungi tempat ini. Biasanya, sampai di desa sekitar pukul 3 sore atau 4 sore. Alangkah baiknya, kamu mendirikan tenda dan berlama di dekat kantor kepala desa.

Baru pagi sekitar pukul 5 kamu bisa memulai perjalanan kembali. Biasanya mereka akan mulai pulung pukul 3 sore dari lokasi. Kembali menginap semalam, karena perjalanan pulang bisa menempuh waktu 3 jam sampai 5 jam lamanya. Bagi yang terbiasa dengan hiking, mereka akan beranjak pukul 14.30 dan sampai di kantor kepala desa pukul 17,00 hingga 18.00.

Potensi Keindahan

Sumber Gambar Dari Instagram @klikbanjar

Di Bawah aliran airnya kamu bisa melihat aliran sungai yang mempunyai kedalaman berbeda-beda. Kamu bisa bermain air disana. Tidak hanya berenang, bisa juga berendam dan menikmati suasana sekitar yang tampak sangat syahdu.

Disini, masih banyak tebing yang menjulang. Kamu juga bisa memanjatnya keatas melihat pesonanya dari atas. Kalau kamu punya keberanian lebih, kamu bisa melakukan cliff jumping atau juga melompat dari atas sini menuju ke bawah. Banyak wisatawan yang ketagihan dan mencoba melakukannya lagi dan lagi.

Walaupun menyegarkan, kamu tetap harus waspada. hindari berenang di bawah air terjunnya langsung. Karena, menurut para warga kedalamannya lebih dalam dan pada saat-saat tertentu akan terjadi pusaran yang dahsyat yang sangat membahayakan.

Camping Area

Waktu tempuh dari gerbang kepala desa tempat kamu melapor menuju ke titik lokasi diperkirakan menempuh 6 jam sampai 8 jam lamanya. Tergantung dari waktu tempuh kamu saat berjalan. Oleh karena itu, saat menyusuri air terjun ini, Kamu wajib menggunakan pemandu dan jangan lupa bawa semua peralatan kemah kamu.

Sumber: Instagram @jamalkarindangan___

Tidak mungkin, kalau melanjutkan perjalanan pada malam hari. Resikonya sangat besar. Sehingga, lebih baik bermalam terlebih dahulu. Oleh karena itu, makanan dan minuman juga menjadi perbekalan yang sangat penting.

Kesimpulan

Air Terjun Mandin Damar adalah salah satu diantara pesona yang menawan yang dimiliki oleh Kalimantan Selatan. Keindahannya memang tiada tara. Tetapi, saat kamu menjelajah ke tempat ini, jangan lupa membawa kantong sampah untuk tempat sampah kamu ya. Jangan kotori alam yang sudah bersih dan indah ini. Jadi, kapan kamu akan agendakan liburan ke tempat ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…