OUR NETWORK

Hutan Suaka Tanjung Peropa, Menjelah Rumah Flora dan Fauna Sulawesi

Sumber Gambar: celebes.co

Hutan Suaka Tanjung Peropa menjadi salah satu sajian lain yang harus kamu nikmati. Selain suhunya yang sangat sejuk, suasananya begitu tenang dan damai. tempat ini juga mempunyai keindahan yang selalu menjadi perburuan semua wisatawan. Kawasan tersebut adalah Air Terjun Moramo.

Sumber Gambar: ksmtour.com

Hutan suaka ini mempunyai luas kurang lebih 38.937 hektar yang membentang luas. Dimana, kamu bisa melihat bagaimana kemegahan hutan hujan tropika yang menjadi latar belakang dibentuknya kawasan ini sebagai Suaka Margasatwa. Dengan Panorama maksimal mengesankannya.

Mengenal Hutan Suaka Tanjung Peropa

Objek wisata ini berbatasan dengan teluk kendari di sebelah utara, Selat Wawonii yang berada di bagian timur, di bagian selatan kamu juga bisa melihat Selat Buton, dan di bagian baratnya ada kecamatan Moramo.

Sumber Gambar: nativeindonesia.com

Berada di ketinggian kurang lebih 900 mdpl Topografinya pun sangat bervariasi dengan kontur pegunungan, landai, datar serta berbukit dengan kemiringan bisa mencapai kurang lebih 45 derajat. Untuk warna tanahnya berwarna coklat podzolik.

Ada juga bongkahan-bongkahan yang berukuran kurang lebih diameternya 30 centimeter. Bahkan ada juga yang mencapai 300 cm lho. Bebatuan ini bisa kamu jumpai dimanapun. Hanya saja, paling banyak bisa kamu temui di bagian pantai. 

Selain itu, disini kamu juga bisa menemukan aliran-aliran sungai yang jumlahnya mencapai puluhan lho. Mulai dari Ulusena, Meretumbo, Roda, Amolengo, Laonti, dan Namu yang sangat mengesankan.

Cara Menuju ke Lokasi

Sumber Gambar Dari Instagram @kokohgram

Secara Administrasi kawasan ini terletak di Desa Sumber sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Menuju ke objek wisata ini, kamu bisa masuk melalui Bandara haluoleo yang ada di kendari. Perjalanannya paling cepat kurang lebih 3 jam 1 menit . Dimana, ada pilihan jadwal keberangkatan dengan beberapa pilihan maskapai yang bisa kamu pilih. Untuk harga tiketnya sendiri mencapai 1. juta 300 ribuan saja.

Sumber Gambar: celebes.co

Hampir di semua jam kamu bisa menikmati jalur penerbangan ini. Walaupun , ada yang harus transit dahulu di Makassar. Setelah dari bandara kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju ke tempat ini melalui jalan Poros Kdi – Moramo. Jalur yang kamu tempuh ini memang jalan menuju ke Air Terjun Moramo yang masih berada di kawasan suaka marga satwa.

Penginapan sekitar

Bagi kamu yang ingin pergi ke tempat ini, jangan lupa untuk mencari penginapan terlebih dahulu ya  Salah satu nya kamu bisa memilih Millenium Hotel yang terletak di Jalan Laode-Hadi, Kadia, Kendari. Ada banyak fasilitas kamar yang bisa kamu nikmati mulai dari Superior Twin. Dengan kamar bebas asap rokok.

Ada juga Ac, serta air panas, dan air minum kemasan cuma-cuma, televisi, dan desk yang cukup lengkap, ditambah dengan kamar mandi pribadi, shower, serta toiletries. Harganya mulai dari 320 ribu rupiah.

Bagi kamu yang ingin menambah dengan fasilitas sarapan, kamu bisa menambahnya dengan harga 40 ribu rupiah saja. Untuk Luas kamarnya kurang lebih 20 meter persegi. Kamu bisa memilih tempat tidur twin atau juga double dengan kasur dan bantal yang super empuk lho. Jadi, tidak ada salahnya bila kamu memanfaatkan tempat ini untuk menginap.

Flora dan Fauna

Sumber Gambar: Instagram @kokohgram

Kalau masalah Flora dan Faunanya jangan ditanya lagi. Kurang lebih ada 34 jenis burung yang bisa kamu jumpainya. Selain itu, ada juga berbagai jenis Fauna lainnya seperti Anoa, Kehicap Ranting, Kapasan Sulawesi, Rusa Timor, Anoa dan masih banyak lagi.

Sumber Gambar: celebes.co

Sementara itu, pesona floranya juga tidak kalah mengesankan lho. Mulai dari Pohon Anggrek yang begitu lengkap dan mempunyai keindahan nan mengesankan. Ada juga jenis Anggrek Peropa atau juga Rotan yang membuat mata kamu semakin berkesan.

Kesimpulan

Ada banyak objek wisata yang bisa kamu capai saat berada di tempat ini. Mulai dari dermaga Tanjung Peropa yang sangat mengesankan, atau juga panorama air terjun moramo yang sangat mengesankan.

Suaka Margasatwa Tanjung Peropa menjadi salah satu sajian yang mengesankan dan wajib kamu kunjungi. Dimana, keindahan tempat ini tidak hanya ada itu-itu saja lho. Tetapi, masih ada banyak hal yang masih bisa kamu eksplore lho. Jadi, sudah siap menjelajah kawasan ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…