in

Hutan Wisata Pulau Kembang di Kalimantan Selatan

Wisata alam unik sarat mitos dan sejarah di Pulau Kembang

Sumber Gambar: celebes.co

Ketika timbul perasaan bosan dan jenuh karena menghadapi beban kerja setiap hari artinya saat ini kamu butuh liburan, tentunya dengan pergi berlibur ke suatu tempat yang menawarkan pengalaman menarik dan juga keindahan alam agar pikiran kembali segar.

Salah satu tujuan destinasi wisata yang bisa menjadi refrensi kamu untuk berlibur adalah Pulau Kembang yang berada di sebelah barat Kota Banjarmasin tepatnya Pulau Kembang ini terletak di tengah Sungai Barito, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan.

Rute ke Pulau Kembang

Untuk bisa sampai ke Pulau Kembang kamu harus menyewa kapal dan menyusuri Sungai Martapura dan juga Sungai Barito, untuk rutenya kamu bisa memilih rute melalui Siring Sungai Martapura atau bisa juga melalui Kampung Muara Kuin.

Dari kedua rute tersebut yang membedakan adalah waktu tempuh menuju Pulau Kembang, jika melalui Siring Sungai Martapura harus menempuh waktu perjalanan selama satu jam, sedikit lebih cepat jika melalui Kampung Muara Kuin dengan waktu tempuh hanya 45 menit saja.

Sama-sama menggunakan alat transportasi perahu, perjalanan menuju Pulau Kembang tersebut pasti menjadi pengalaman unik dan menyenangkan dalam liburan kamu, sembil menyusuri sungai dan menikmati keindahan alam kamu juga bisa melihat keseharian masyarakat disekitar sungai Barito dan bila kamu berangkat sebelum matahari terbit kamu akan melalui Pasar Terapung Muara Kuin.

Sumber Gambar: Google Maps @Toni Sanjaya

Perahu yang kamu gunakan untuk menuju ke Pulau Kembang merupakan jenis perahu sederhana khas Kalimantan yang dikenal dengan sebutan unik yakni perahu klotok, dinamai berikut dikarenakan ketika sedang digunakan perahu tersebut mengeluarkan suara klotok, klotok.

Untuk biaya sewa perahu klotok menuju Pulau Kembang berkisar dari Rp.150.000 sampai Rp.200.000 agar mendapat harga lebih murah sebelum menggunakan jasa sewa perahu klotok kamu bisa melakukan tawar menawar harga sewa terlebih dahulu.

Sejarah dan Mitos Mengenai Pulau Kembang

Pulau Kembang ditetapkan sebagai hutan wisata pada tahun 1976, tertuang pada SK. Menteri Pertanian No.788/Kptsum12/1976. Memiliki luas wilayah sebesar 60 hektar Pulau Kembang ini merupakan habitat untuk kera ekor panjang dan beberapa jenis burung.

Berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat, Pulau Kembang ini berasal dari Kapal Inggris yang dihancurkan oleh orang Biaju pada tahun 1750-an atas perintah dari Sultan Banjar. Puing bekas kapal tersebut lama kelamaan ditumbuhi pepohonan dan berubah menjadi sebuah pulau.

Daya Tarik

Sumber Gambar: Google Maps @Toni Sanjaya

Ketika baru sampai di Pulau Kembang kamu akan melihat sebuah papan selamat datang menyambut kedatangan kamu, ada juga beberapa ekor kera yang bisa kamu temui di kawasan Hutan Wisata Pulau Kembang tersebut.

Sumber Gambar: Google Maps @ataperanina

Agar menarik perhatian kera yang ada disana, kamu bisa membeli sebungkus kacang di depan gerbang wisata, namun perlu di ingat untuk menghindari kejadian tidak diinginkan simpan rapih barang bawaan kamu karena terkadang kera tersebut suka berbuat usil.

Berjalan santai sambil menikmati suasana sejuk dan asri di Pulau Kembang, konon katanya jika kamu beruntung bisa melihat kemunculan kera berwarna putih disana, bila berjalan lebih dalam lagi kamu akan melihat ada sebuah altar yang diperuntukkan sebagai tempat meletakkan sesaji dan ada dua buah arca berwujud kera berwarna putih (hanoman).

Waktu operasional Hutan Wisata Pulau Kembang

Sumber Gambar: Google Maps @Toni Sanjaya

Hutan Wisata Pulau Kembang ini buka setiap hari mulai dari hari Senin sampai dengan Minggu untuk jam bukanya mulai dari jam 07.00 pagi sampai jam 17.00 sore, sebelum berniat berkunjung kesini pastikan juga untuk memperhatikan cuaca.

Harga tiket masuk Hutan Wisata Pulau Kembang

– Wisatawan lokal dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp.5000 per orang (Senin -Jumat) dan Rp.7.500 per orang (Weekend)
– Wisatawan Mancanegara dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp.100.000 per orang (Senin-Jumat) dan Rp.120.000 per orang (Weekend)

Fasilitas di Hutan Wisata Pulau Kembang

Kamu tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada di Hutan Wisata Pulau Kembang karena disana sudah tersedia toilet dan bila merasa lapar atau haus bisa membelinya di kantin dekat area wisata.

Penutup

Setelah melihat ulasan mengenai Hutan Wisata Pulau Kembang, yuk segera masukkan Hutan Wisata Pulau Kembang ini kedalam list tujuan berlibur kamu baik bersama teman ataupun keluarga pasti akan sangat menyenangkan.