in

Indahnya Sunset di Pantai Hodo Bersama Kumpulan Kerbau

Pantai Hodo
Pantai Hodo

Jika anda sedang menuju ke Gunung Tambora yang berada di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat maka perjalanan anda akan melewati Kabupaten Dompu. Tepatnya anda akan melewati Pantai Hodo yang berada di lereng Gunung Tambora. Biasanya tempat ini dijadikan sebagai lokasi persinggahan untuk para turis atau wisatawan beristirahat pada saat melakukan perjalanan yang cukup melelahkan. Tempat ini menjadi tempat favorit untuk singgah sejenak sembari menikmati pemandangan yang sangat unik. Keunikan tersebut hanya ada di pantai tersebut, tidak akan ditemukan di tempat yang lainnya. Oleh karenanya sangat sayang jika dilewatkan.

Ciri Khas Pantai Hodo Yang Eksotis

Sumber: Instagram @novemlawalata

Selama ini pantai yang dinilai memiliki keindahan adalah pantai yang memiliki pasir putih atau pasir pink, dan pantai yang memilik pasir hitam selalu dinilai sebagai pantai yang tidak menarik. Namun jangan salah dengan pasir hitam yang dimiliki oleh Pantai Hodo ini, justru dengan pasir hitamnya tersebut membuat pantai ini memiliki daya tarik tersendiri. Ditambah dengan keunikan atau ciri khas yang hanya dimiliki oleh pantai ini. Jika biasanya kawasan pantai ramai oleh turis, berbeda dengan pantai ini yang dipenuhi dengan puluhan kerbau yang berkumpul di pinggir pantai. Adanya kumpulan kerbau inilah yang membuat pantai ini menjadi unik dan menarik.

Sumber: Instagram @cipa_cila

Perpaduan antara pasir hitam, puluhan kerbau, rerumputan hijau dan juga laut yang biru seolah menjadikan tempat ini memang layak untuk dinikmati dan melepas lelah. Tak hanya bisa berenang di pantai, para pengunjung juga bisa menyaksikan kerbau berendam di pinggir pantai. Setiap harinya Pantai Hodo ini tidak pernah sepi dari kunjungan para kerbau yang ingin berendam ditengah cuaca yang cukup panas di Dompu. Berbagai ukuran kerbau ada disini, mulai dari kerbau jantan yang sangat besar, kerbau betina berukuran sedang hingga yang sedang hamil, serta anak-anak kerbau juga ikut menghiasi pemandangan dari pantai ini. Sungguh pemandangan alam yang tergolong lengkap karena adanya pantai, hewan, dan juga tumbuhan disekitar.

Tips Berkunjung dengan Aman dan Nyaman

Sumber: Instagram @mirham_mauluddin

Dikarenakan banyaknya kerbau, tak jarang membuat pengunjung lainnya merasa khawatir jika kerbau tiba-tiba menyerang atau melakukan hal yang berbahaya. Untuk itu bagi para pengunjung hendaknya tidak berada terlalu dekat dengan para kerbau, apalagi memancing masalah dengan menggoda kerbau atau melemparinya dengan batu. Selain itu untuk pengunjung yang ingin berenang diharap untuk berhati-hati saat melangkah agar tidak tercebur dalam kubangan atau menginjak kotoran kerbau.

Sumber: Instagram @sustiwie

Tempat ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, terlebih lagi jika membawa anak-anak. Wisata alam yang seperti ini memiliki nilai tambah karena bisa sekaligus menjadi sarana edukasi bagi anak-anak. Jika ingin menyaksikan pemandagan yang lebih indah, disarankan untuk berkunjung sebelum matahari terbenam. Karena pada saat sore hari langit akan berubah menjadi warna jingga yang sangat indah. Keindahan warna jingga akan memantul ke laut sehingga air laut pun berubah menjadi cantik. Dan pada saat itu kerbau-kerbau biasanya dengan rapi berjalan menuju kandang atau tempat istirahatnya masing-masing.

Biaya Masuk Pantai Hodo

Para pengunjung tidak perlu khawatir atas biaya masuk ke pantai karena tempat wisata ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun yang perlu diingat, meskipun tidak dikenakan biaya, sebagai pengunjung wajib hukumnya untuk turut membantu menjaga kebersihan dan kelestarian alam yang ada disana. Selalu ingat untuk membuang sampah pada tempatnya. Sangat disayangkan jika ekosistem yang ada sampai tercemar dengan sampah-sampah yang diakibatkan dari para pengunjung yang tidak bertanggung jawab. Karena objek wisata Pantai Hodo ini sangat berpotensi menjadi wisata unggulan Kabupaten Dompu yang terkoneksi dengan objek wisata yang lain seperti Savana Doroncanga, Sarae Nduha, Gunung Tambora, Mata Air Rao serta Pulau Satonda.