Inilah Danau Tangkas Sekernan, Wisata Alam Yang Indah di Muaro Jambi

Bagi sebagian besar orang, hari libur merupakan hari yang paling dinantikan untuk sekedar beristirahat. Sebagian lainnya mungkin lebih memilih untuk pergi liburan saat libur tiba. Jika kamu memilih untuk liburan, maka perlu mengetahui beragam destinasi wisata yang bisa dijadikan pilihan untuk liburan yang menyenangkan. Destinasi-destinasi wisata tersebut tak perlu mahal, yang terpenting bisa sekedar melepas penat. Salah satu rekomendasi wisata kali ini adalah Danau Tangkas. Sesuai namanya, tempat ini merupakan wisata alam yang terletak di Provinsi Jambi. Bagi kamu warga Jambi dan sekitarnya maka wajib membaca ulasan lengkap dari Wisato.id berikut ini ya!

Danau Tangkas Sekernan

Danau Tangkas Sekernan sebenarnya mempunyai nama Danau Tangkas. Sekernan sendiri adalah nama kecamatan tempat danau ini terletak. Danau Tangkas terletak di Desa Tanjung Lanjut, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muaro Jambi. Danau ini terletak sekitar 40 kilometer atau setara dengan perjalanan sekitar satu jam dari Kota Jambi yang merupakan ibukota Provinsi Jambi.

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Sumber Gambar: apabuka.com

Dulunya, Danau Tangkas adalah akses yang menghubungkan Desa Tanjung Lanjut dan Desa Kaos yang saling berbatasan. Itulah mengapa danau ini disebut sebagai Danau Tangkas yang merupakan singkatan dari Tanjung Lanjut dan Kaos. Namun seiring berjalannya waktu, danau ini tidak lagi digunakan sebagai sarana transportasi dan menjadi tempat wisata. Danau ini sendiri baru diresmikan sebagai tempat wisata oleh Bupati Muaro Jambi pada tahun 2018 dengan luasnya yang mencapai 400 hektar.

Meskipun menjadi tempat wisata yang terbilang cukup baru, namun setiap harinya para pengunjung terus mendatangi danau ini. Hal ini karena Danau Tangkas memiliki pemandangan yang indah dan alami serta udara yang sejuk. Itulah mengapa danau ini selain cocok sebagai tempat untuk berwisata maka bisa juga untuk menghilangkan stress, dan sekedar bersantai.

Keunikan Danau Tangkas Sekernan

Sumber Gambar: Google Maps @Alifa Meilina

Ada satu hal yang unik dari Danau Tangkas ini yakni keberadaan Hutan Liontin di atas air. Untuk mengunjungi Hutan Liontin ini, para pengunjung bisa melewati jalur yang sudah ditanami oleh ribuan pohon Putat yang berbentuk lorong. Jalur ini cukup panjang, namun  tak perlu khawatir karena pengunjung akan menaiki perahu tradisional untuk menyusurinya. Pihak pengelola yakni pemerintah Desa Tanjung Lanjut pun juga menyediakan rumah-rumah pohon di area Hutan Liontin tersebut.

Selain Hutan Liontin, di kawasan Danau Tangkas juga terdapat Pulau Tepus. Di sini para pengunjung bisa bersantai sembari makan di rumah-rumah pohon yang terletak di bibir danau.

Sumber Gambar: Google Maps @raden fr

Selain itu, para pengunjung juga bisa berkemah serta mengadakan kegiatan lainnya di balai pelatihan dan balai pertemuan yang tersedia. Jangan khawatir bila mulai lapar karena di sana juga terdapat kantin terapung.

Sumber Gambar: Google Maps @Rakhmat Fz

Di Danau Tangkas juga terdapat hutan mangrove. Para pengunjung dapat merasakan sejuknya udara pepohonan di sini. Hutan mangrove di Danau Tangkas juga memiliki fungsi sebagai pencegah abrasi.

Wahana Permainan

Sumber Gambar: Google Maps @Alifa Meilina

Selain keunikan di atas, para pengunjung juga dapat mencoba permainan atau wahana lain yang disediakan oleh pihak pengelola, seperti speed boat, donat boat, banana boat, bebek dayung, perahu tradisional, serta perahu karet. Ada hal unik yang biasa terjadi di Danau Tangkas, yakni airnya bisa pasang dan surut mengikuti kondisi air Sungai Kaos. Oleh sebab itu diharapkan para pengunjung berhati-hati akan kondisi air ini.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Jika kamu ingin mengunjungi Danau Tangkas maka kamu bisa datang pada hari Selasa sampai Minggu, mulai dari jam 11 siang – 9 malam. Namun jangan datang di hari Senin karena danau ini tutup. Kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per orang di hari biasa dan Rp 10,000 di akhir pekan. Bila kamu ingin menggunakan speed boat untuk mengelilingi danau maka hanya perlu membayar biaya tambahan sekitar Rp 10.000 saja per orang. Jika ingin mencoba beragam wahana permainan disana, kamu akan dikenakan biaya mulai dari Rp 15.000 per orang. Jika tertarik untuk berkemah, kamu perlu mengeluarkan biaya Rp 28.000 per orang. Wisata Danau Tangkas bisa menjadi pilihan wisata murah meriah bagi kamu yang tak ingin mengeluarkan biaya besar. Ajaklah keluarga atau teman-teman berwisata ke danau ini agar dapat merasakan sensasi lain di kala waktu luang.

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.