in

Jalan – jalan ke salah satu spot wisata KANOPI, Benteng Watuntinapi di Konawe Kepulauan

Sumber Gambar: beritaklick.com

Berbicara mengenai destinasi wisata di negara tercinta kita Indonesia, sudah pasti tidak akan ada habisnya. Memiliki kontur wilayah beragam ditambah adanya berbagai macam suku dan adat budaya yang memiliki ciri khas menarik dan sudah terkenal di dunia menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia.

Tidak hanya wisata alam seperti pantai ataupun pegunungan di Indonesia juga terdapat tujuan wisata situs bersejarah peninggalan dari kerajaan Hindu Buddha yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, berwisata ke situs bersejarah tentu akan sangat mengasyikan karena selain menikmati pemandangan dan berswafoto. Disitus bersejarah kamu juga bisa sekaligus mengedukasi buah hati mengenai sejarah kebudayaan pada saat berkunjung.

Sumber Gambar: blogyazs.wordpress.com

Mungkin untuk situs bersejarah kamu sudah lebih dulu mengenal Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah, Candi Prambanan di Klaten Jawa Tengah dan masih banyak lagi candi Hindu-Buddha yang memiliki bentuk yang cantik dan eksotis lainnya. Namun ada sebuah obyek wisata sejarah baru lho yang kini sedang dikembangkan oleh pemerintah daerah Konawe Kepulauan (Konkep) yakni Benteng Watuntinapi.

Lokasi wisata

Benteng Watuntinapi ini terletak di Desa Tangkobuono, Kecamatan Wawonii Timur Laut, Kabupaten Konawe Kepulauan. Untuk bisa sampai ke lokasi wisata Benteng Watuntinapi, kamu yang memulai perjalanan dari kota Kendari bisa menggunakan jasa sewa kapal feri maupun kapal kayu biasa dengan biaya sekitar 35 ribu rupiah dan waktu tempuh kurang lebih tiga jam perjalanan agar bisa sampai di pulau Wawonii terlebih dahulu lalu dilanjutkan perjalanan menuju Benteng Watuntinapi. walaupun waktu perjalanan di kapal cukup lama, kamu tidak akan jenuh karena mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan laut cantik dan menawan.

Sejak dua tahun silam Benteng Watuntinapi ini mendapatkan perhatian khusus dari Bupati Konawe Kepulauan Amrullah dan Wakil Bupati Konawe Kepulauan Andi Muh Lutfi dalam rangka mengembangkan obyek wisata yang berasal dari singkatan nama tiga buah lokasi wisata baru di pulau Wawonii yakni, KANOPI (Pantai Kampa, Air Terjun Tumburano, dan Benteng Watuntinapi) untuk meningkatkan penghasilan warga sekitar dari sektor pariwisata sekaligus menambah pendapatan daerah Konawe Kepulauan.

Pesona Alam

Ketika telah sampai di lokasi Benteng Watuntinapi kamu akan disuguhkan pemandangan asri dan hawa sejuk dari pepohonan hijau yang berada di sekeliling area benteng, terlihat juga susunan batu berbentuk pipih yang sangat rapi membentuk sebuah benteng. Namun wisata sejarah Benteng Watuntinapi ini masih menjadi persoalan bagi masyarakat sekitar mulai dari namanya, benteng yang dikenal dengan sebutan Benteng Watuntinapi yang memiliki arti batu yang disusun sedangkan warga sekitar menyebutnya Benteng Watuntumapi yang memiliki arti batu yang sudah tersusun. Lalu dari keyakinan warga sekitar juga yang meyakini bahwa situs tersebut merupakan peninggalan dari raja Wawonii walaupun diketahui belum ada pernyataan dan penelitian secara ilmiah mengenai kepercayaan yang diyakini warga tersebut.

Sumber Gambar:blogyazs.wordpress.com

Melihat dari persoalan ditengah warga itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Konawe Kepulauan Armin menyatakan bahwa masih akan melakukan pengkajian mengenai sejarah dari lokasi wisata Benteng Watuntinapi tersebut untuk menentukan susunan batu yang berada disana merupakan batu yang disusun sedemikian rupa oleh manusia atau terbentuk alami dari alam. Jika telah diketahui asal usul sejarah dari benteng ini pemerintah daerah Konawe Kepulauan menyatakan semakin yakin untuk menentukan dan membuat strategi promosi wisata Benteng Watuntinapi ini.

Dari ketiga spot wisata KANOPI, baru dua spot wisata yakni Pantai Kampa dan Air Terjun Tumburano yang telah selesai dikembangkan dan direnovasi dengan melengkapi fasilitas di area wisata dan perbaikan jalan maupun jembatan, sementara untuk Benteng Watuntinapi, masih dalam proses pengembangan karena pemerintah daerah mengatakan anggaran untuk pengembangan wisata KANOPI ini terbatas, semoga kedepannya pengembangan spot wisata Benteng Watuntinapi bisa segera selesai dan menjadi wisata kebanggaan warga Konawe Kepulauan sesuai dengan harapan pemerintah daerah disana.

udah menentukan tujuan liburan kamu tahun ini? Yuk coba kunjungi spot wisata KANOPI dari Konawe Kepulauan, yang ada di Pulau Wawonii ini, jangan lupa agar lebih menyenangkan ajak serta teman, keluarga maupun pasangan ya.