in

Jambo Panorama Hatta, Tempat Persinggahan Wakil Presiden Pertama

Provinsi Aceh memang dikenal memiliki begitu banyak destinasi wisata bersejarah yang dapat kalian kunjungi ada banyak peninggalan – peninggalan bernilai sejarah yang mungkin tidak bisa kalian temukan di tempat lain. Jika kalian suka dengan destinasi wisata yang memiliki nilai sejarah dan sedang berada di Aceh Selatan sepertinya kalian bisa mencoba untuk singgah ke destinasi wisata bernama Jambo Panorama Hatta.

Apa itu Jambo Panorama Hatta? Jambo adalah bahasa Aceh yang jika kalian terjemahkan ke bahasa Indonesia memiliki arti gubuk yang dimana gubuk ini merupakan tempat Wakil Presiden pertama kita Bung Hatta singgah ketika sedang berkeliling di Provinsi Aceh. Jambo atau gubuk ini sendiri dibuat berbentuk panggung dengan ornamen klasik khas dari Provinsi Aceh.

Sumber Gambar: Google Maps @Dakwah Jum’at

Menurut catatan sejarah pada awal kemerdekaan Republik Indonesia tempat ini pernah disinggahi oleh sang Proklamator sekaligus Wakil Presiden Republik yang pertama pada tahun 1953 berkeliling Provinsi Aceh dengan tujuan untuk mempererat persatuan bangsa. Hal ini dapat kalian lihat pada sebuah prasasti yang bisa kalian temukan di tempat ini yang dimana prasasti tersebut bertuliskan :

“ Di tempat ini, Proklamator / Wakil Presiden RI, DRS Mohammad Hatta Beristirahat Dalam Perjalanan Keliling Aceh Di Tahun 1953, Untuk Mempererat Persatuan Dan Kesatuan Bangsa “.

Sehingga tidak aneh memang tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh orang – orang dari warga lokal atau mereka yang datang dari luar Provinsi Aceh ini sendiri. Jadi buat kalian yang ingin mengunjungi destinasi wisata bersejarah yang satu ini kemanakah kalian harus pergi? Ikuti ulasan kami di bawah ini.

Lokasi Dari Jambo Panorama Hatta

Sumber : Google Maps @Irmayansyah Es Pede Ie

Jika kalian memang menyenangi destinasi wisata yang tidak hanya memanjakan mata kalian akan tetapi juga memberikan kalian pengetahuan yang mungkin tidak kalian dapatkan ketika kalian menimba ilmu. Jambo Panorama Hatta ini sendiri berlokasi di Gunung Pintoe Angen, Kecamatan Tapaktuan, Aceh Selatan yang tepatnya antara Gampong Lhokrukam Gampong Panjupian.

Jika kalian berada di pusat Kota Tapaktuan kalian dapat menggunakan kendaraan online atau kendaraan pribadi kalian untuk menempuh perjalanan dengan jarak tempuh kurang lebih 9,5 kilometer yang dapat kalian tempuh dengan waktu kurang lebih 20 menit lamanya. Kalian tidak mungkin untuk melewatkan destinasi wisata yang satu ini karena terletak di pinggir jalan yang sangat mudah kalian temukan dan juga banyak digunakan sebagai tempat untuk singgah dan beristirahat.

Dari Jambo Panorama Hatta ini juga kalian dapat melihat indahnya Aceh Selatan yang merupakan daerah pesisir sehingga memberikan kalian panorama dengan pemandangan laut yang sangat indah dan memanjakan mata kalian. Ditambah lagi suara deburan ombak dan juga angin sepoi – sepoi yang mungkin tidak akan kalian temukan di tempat lainnya.

Fasilitas Yang Dapat Kalian Temukan Di Jambo Panorama Hatta

Sumber : Google Maps @Salya Rater

Sebagai tempat persinggahan tentu saja destinasi wisata yang satu ini memiliki beberapa fasilitas yang dapat kalian gunakan untuk melepaskan lelah setelah berkendara salah satunya tentu saja toilet umum. Kalian yang ingin sekedar mengisi perut kalian, kalian akan menemukan cafe yang bisa kalian singahi untuk menikmati jajanan atau kulineran khas Aceh terutama kopi Aceh yang terkenal.

Kalian juga dapat melakukan aktivitas Shalat kalian di tempat ini karena juga terdapat tempat Sholat yang memang disediakan buat kalian para pengunjung yang memeluk agama Islam dan ingin melakukan aktivitas Sholat. Selain sebagai tempat singgah banyak juga wisatawan lokal terutama yang datang ke destinasi wisata yang satu ini untuk sekedar menenangkan diri dan menjauh sebentar dari hiruk pikuk perkotaan.

Dengan pemandangan laut dan suara deburan ombak serta angin yang bertiup sepoi – sepoi membuat lokasi ini sangat cocok untuk kalian berelaksasi jauh dari padatnya situasi perkotaan yang terkadang cukup menyesakkan.

Jambo Panorama Hatta adalah bukti jika sebuah destinasi wisata bersejarah juga bisa dibarengi dengan panorama alam yang sangat indah dan juga menyegarkan tidak hanya melulu mengenai sejarah. Di tempat ini selain kalian akan mendapatkan pengetahuan sejarah terutama seputar Wakil Presiden pertama kita kalian juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang begitu indah.