in

Jatim Park 1 Malang, Wisata Keluarga Terlengkap di Jawa Timur

Source Image: Instagram.com @wisata_oke

Jawa Timur, khususnya Malang tidak hanya tentang wisata alam, karena di sana juga terdapat banyak wisata lainnya yang ramah keluarga. Salah satu wisata popular di Jawa Timur adalah Jatim Park 1, yang berlokasi di Kota Wisata Batu, Kota Batu, Malang, Jawa Timur, dengan kode pos 65314. Banyak wahana permainan dan hiburan yang menarik di Jatim Park 1, sehingga sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.

Jatim Park 1 Malang berada di lereng Gunung Panderman, sekitar 850 meter di atas permukaan laut. Oleh sebab itu, tempat wisata ini memberikan suasana yang cukup nyaman dan sejuk kepada para pengunjung, dan membuat mereka betah berlama-lama di sana.

Pionir Wisata Modern di Malang

Sumber: indolora.co.id

Jatim Park 1 adalah pionir wisata modern yang kini semakin menjamur di Kabupaten Malang, tidak terkecuali di Kota Batu. Tempat wisata ini dibangun di lahan seluas 22 hektar, dan hanya berjarak sekitar 5 km dari pusat Kota Batu. Setidaknya sampai tahun 2019, Jatim Park 1 sudah memiliki 53 wahana, dan tidak menutup kemungkinan wahana akan terus bertambah setiap tahunnya. Menariknya, Jatim Park 1 adalah tempat wisata yang diresmikan secara langsung oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi, Ir. H. M. Hatta Radjasa pada 2 Maret 2002. Hal itu disebabkan karena Jatim Park 1 juga bisa menjadi wisata edukasi, sosial, dan budaya, sehingga para pengunjung bisa berekreasi sambil belajar.

Wahana Permainan dan Edukasi

Sebelum mencoba berbagai wahana di Jatim Park 1, para pengunjung akan terlebih dahulu disambut dengan gong raksasa di loket masuk, yang diklaim sebagai gong terbesar kedua di Indonesia. Usai melewati pintu masuk, pengunjung akan disuguhi wahana edukatif, sebelum akhirnya bertemu dengan wahana ktreatif. Di sana terdapat sekitar 53 wahana, yang terbagi ke dalam 3 zona, yaitu zona pembelajaran, zona playground, dan zona petualangan.

Zona Edukatif

Sumber: ngalam.co

Demi mewujudkan tagline ‘Taman Belajar dan Rekreasi’, pihak pengelola Jatim Park 1 telah menyediakan berbagai informasi tentang ilmu pengetahuan, yang disajikan kepada para pengunjung dalam bentuk alat-alat peraga dan teknologi inovatif. Di dalam zona edukatif, para pengunjung bisa menjumpai Taman Fisika, Taman Sejarah, dan Galeri Etnik. Ada juga Galeri Belajar, Taman Reptil, Taman Ikan, Taman Burung, Taman Agro, Diorama Bintang, hingga Baby Zoo.

Zona Playground

Sumber: pegipegi.com

Kemudian zona playground, di sini para pengunjung bisa menikmati berbagai wahana dengan keseruan yang berbeda-beda. Wahana di sini juga dirancang untuk segala umur, sehingga anak-anak dan bahkan orang tua tetap bisa menikmati keseruannya. Di zona playground, para pengunjung bisa bermain di Dog Race, Froggy, Kolam Renang, Samba Ballon, Battery Car, Motor Cilik, Ulat Coster, Thomas Mini Train, Rumah Pipa, Dragon Coster, Arena Pasir dan Flumride. Dari sekian banyak wahana yang ada, Dog Race adalah yang terbaru, karena baru diresmikan pada tahun 2019 yang lalu.

Zona Adventure

Sumber: Instagram.com @jatimparksatu

Zona Adventure atau Petualangan adalah zona yang diperuntukkan bagi kalangan millenial, karena wahana ini penuh dengan tantangan adrenalin. Di zona ini para pengunjung bisa mencoba Loop Coster, Flying Tornado, hingga Kerajaan Hantu. Bagi pengunjung dengan riwayat penyakit jantung, dilarang mencoba wahana di Zona Adventure, karena akan sangat berisiko.

Fasilitas Jatim Park 1

Jatim Park 1 memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Di sana terdapat fasilitas kereta bayi dan kursi roda untuk para penyandang disabilitas. Luasnya wilayah Jatim Park 1 membuat pihak pengelola juga menyediakan shuttle car dan dotto train, yang siap mengantarkan para wisatawan menuju ke wahana yang diinginkan. Di sana juga terdapat food court dan café, yang menyediakan berbagai minuman dan makanan dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain itu, di sekitar lokasi juga terdapat banyak penginapan yang nyaman dengan harga terjangkau, seperti Pondok Jatim Hotel dan Café, Kartika Wijaya Batu Heritage Hotel, Club Bunga Batik Resort, Hotel Singhasari, hingga Pohon Inn Hotel.

Harga Tiket Masuk Jatim Park 1

Para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 75 ribu rupiah di hari kerja. Sementara di hari libur hanya tersedia tiket terusan, untuk masuk ke Jatim Park 1 dan Museum Tubuh dengan harga 120 ribu rupiah.