in

Keindahan dan Pesona Danau Beratan Bedugul Yang Tiada Duanya

Danau Beratan
Sumber Gambar: pegipegi.com

Danau Beratan Bedugul menjadi salah satu objek wisata yang wajib untuk dikunjungi saat liburan di Pulau Dewata! Belum ke Bali rasanya jika belum menginjakkan kaki di danau ini. Keindahan dan keunikannya bahkan sudah dikenal mendunia lho!

Setiap harinya akan selalu ada wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung di danau ini. Letaknya berada di Kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Batturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat suasana dan udara disana sangat sejuk dan menyegarkan.

Beberapa Daya Tarik Di Danau Beratan

Tahukah kamu? Saking indahnya, Danau Beratan menjadi salah satu dari 20 danau terbaik dan terindah di dunia lho! Di Kawasan Bedugul, ada beberapa danau selain Beratan.

Beberapa danau lainnya adalah Danau Tamblingan dan Danau Buyan yang merupakan gugusan danau kembar dalam sebuah kaldera besar.

Dalam catatan sejarah, Beratan merupakan danau terluas dan terbesar kedua setelah Danau Batur. Luasnya mencapai 375,6 hektare dengan keliling sekitar 12 km dan kedalaman antara 22 dan 48 meter.

Salah satu hal yang membuat danau ini terkenal dan tampak indah adalah adanya sebuah pura di tengah danau.

Pura yang dibangun di tengah danau tersebut Bernama Pura Ulun Danu yang merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Danau Beratan Bedugul.

  • Adanya Pura di Tengah Danau

Sumber Gambar: Google Maps @SBP Bagus Painting

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kamu akan menjumpai adanya Pura yang dibangun di tengah danau. Pura ini dibangun dengan sangat megah dan indah. Wisatawan bisa menikmati pemandangan pura lebih dekat dengan menaiki perahu sampan atau speed boat yang disewakan di sana. Saat air danau naik, Pura Ulun Danu seolah tampak mengambang di atas permukaan air. Keindahan bangunan khas budaya Bali memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Pura Ulun Danu juga menjadi spot foto yang paling banyak diminati oleh wisatawan.

  • Memiliki Taman Bunga Yang Begitu Cantik

Sumber Gambar: Google Maps @Bundes NQ

Di sekitar danau terdapat taman bunga yang bisa kamu kunjungi. Banyak jenis bunga hias dengan warna yang ebragam ditanam dan tumbuh mengelilingi pinggiran danau. Kamu bisa mengelilingi danau dengan berjalan kaki atau menyewa sepeda jika ingin berkeliling danau lebih jauh.

Tak hanya taman bunga dengan koleksi yang bervariatif, ada banyak sekali pohon cemara yang juga mengelilingi danau membuat suasana semakin rindang dan sejuk. Objek wisata ini seolah dibangun dengan sengaja untuk memukau dan menyihir wisatawan agar betah untuk berlama-lama menghabiskan waktu di danau ini.

  • Terletak di Dataran Tinggi

Sumber Gambar: Google Maps @taufan afriansyah

Di atas sudah dijelaskan jika danau ini berada di Kawasan dataran tinggi sehingga tak heran jika udaranya dingin dan sangat sejuk. Danau ini dikelilingi oleh perbukitan dan berada pada ketinggian sekitar 1.239 meter di atas permukaan laut. Curah hujan di daerah ini juga sangat tinggi yang akan menambah udara dingin.

Jika beruntung, kamu akan menjumpai fenomena kabut tipis yang menyelimuti pura dan lingkungan sekitar danau. Fenomena ini akan semakin memperindah dan memanjakan mata wisatawan yang berkunjung.

  • Bukti Toleransi Antar Agama

Meskipun danau ini identik dengan Pura Ulun Danu yang berada di tengah danau, namun kamu juga akan menjumpai tempat ibadah umat muslim lho!

Di sisi sebelah barat danau terdapat masjid yang sudah cukup tua yaitu Masjid Besar Al-Hidayah. Masjid ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki karena letaknya yang sangat dekat dengan danau.

Adanya Masjid Besar Al-Hidayah ini menunjukkan bahwa masyarakat setempat saling menghargai dan sangat toleran antara satu dengan yang lain. Jadi, untuk kamu pemeluk agama Islam bisa mengunjungi masjid ini untuk beribadah setelah puas berkeliling dan menikmati keindahan danau.

Itu dia beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Danau Beratan Bedugul yang tidak akan cukup dijelaskan jika belum mengunjunginya dan membuktikannya sendiri.

Danau ini juga sudah dilengkapi dengan beragam akomodasi yang baik seperti hotel, villa, dan restoran. Kamu juga bisa menyewa beberapa fasilitas yang bisa digunakan untuk mengelilingi danau seperti kano, jetski, speed boat, dan masih banyak lagi lainnya.