OUR NETWORK

Keindahan Indonesia Dari Atas Puncak Gunung Guntur Via Citiis

Sumber Gambar: traveloka.com

 

Garut memang kota yang cukup mengesankan. Salah satu dataran tinggi di Jawa barat yang mempunyai banyak Gunung berjajar. Salah satunya adalah Gunung Guntur yang mempunyai ketinggian 2249 Mdpl. Gunung ini masih dinyatakan sebagai gunung berapi yang masih aktif. Sehingga, sewaktu-waktu bisa meletus.

Ada dua titik pendakian yang bisa kamu coba. Tetapi, kali ini kami akan mendaki dari Citiis yang terkenal dengan objek wisatanya yaitu curug citiis. Walaupun, mengesankan jangan pernah sekalipun meremehkan Gunung Guntur. Karena, banyak pendaki sepakat bahwa kawasan ini adalah miniatur dari Puncak Semeru yang tiada tanding.

Menuju ke Basecamp Citiis

Jalur Citiis pertama kali ditemukan oleh pria berkebangsaan Jerman bernama Frans Junghun yang pernah mendaki Gunung Guntur pada tahun 1837. Dimana, tempat ini terletak di Kampung Citiis, Tarogong Kaler. Kamu bisa naik angkot dari Terminal Guntur seharga 300 ribu sampai 500 ribu rupiah untuk pulang pergi.

Harga simaksinya kurang lebih 10 ribu rupiah. Perlu diketahui bahwa, jalur citiis menjadi jalur yang paling mudah untuk di daki. Oleh karena itum tidak heran bila banyak pendaki yang memulainya dari titik ini.

Menuju Ke Pos 1

 

Menuju ke Pos 1, kamu akan melewati area penambangan pasir. Tak jarang kamu akan menemui truck-truck besar pengangkut pasir mondar-mandir kesana-kemari. Menariknya, bukan tanah atau pasir yang akan kamu pijak melainkan bebatuan yang semakin kesana, semakin menanjak dan semakin sempit.

Sumber Gambar: Google Maps @Kemat Setro

Untung saja, pepohonan yang menjulang tinggi cukup banyak. Sehingga, sengatan sinar matahri tidak akan terasa. Waktu yang ditempuh kurang lebih 1 jam 45 menit. Nah, sesampainya di Pos ini kamu akan ditarik lagi biaya registrasi sebesar 10 ribu rupiah. Sehingga, total simaksi mencapai 20 ribu rupiah.

Menuju Ke Pos 2

Menuju ke Pos 2 kamu akan disuguhkan dengan aliran sungai yang cukup jernih. Dimana, saat kamu mencoba membasuh muka, kesegarannya akan sangat terasa. Waktu yang ditempuh untuk sampai ke Pos ini kurang lebih 40 menit. Biasanya banyak pendaki yang memilih untuk beristirahat panjang.

Sembari menikmati aliran sungai yang mengesankan. Hampir semua pendaki membuka bekalnya dan memakannya. Tak jarang, bakal banyak pendaki baik yang mau naik maupun hendak turun tumpah ruah disini.

Menuju Pos 3, Pos 4

Menuju ke pos 3, perjalanan tidak terlalu sulit. Dimana, hanya membutuhkan waktu 35 menit untuk bisa sampai disini. Menariknya, ada banyak warung yang tersedia. Kamu bisa membeli aneka makanan atau juga minuman. Hampir semua sajiannya adalah khas Garut loh, jadi, kamu wajib mencobanya.

Menuju ke Pos 4 kamu akan diuji dengan jalanan yang lebih tinggi dan tanjakan yang lumayan memacu adrenalin. Karena, hampir semuanya jalanan sangat licin. Jadi, kamu harus berhati-hati. Kalau jatuh rasanya sangat sakit. Waktu tempuhnya hanya 30 menit saja. Banyak pendaki yang mulai lelah dan memilih istirahat beberapa menit disini.

Menuju Pos 5

Inilah dia Pos terakhir sebelum sampai di Puncak, dimana disini adalah area yang paling luas. Waktu tempuhnya hanya 35 menit saja. Tetapi, bagi kamu yang ingin mendirikan tenda, kamu harus mengisi registrasi dan membayar uang sebesar 15 ribu rupiah untuk keamanan.

Konon katanya, camp disini sangat rawan pencuri. Mereka beraksi saat tidur dan ditengah kegelapan malam. Bagi kamu yang tidak mendirikan tenda, kamu juga harus lapor kepada para petugas yang ada di tempat ini. Dari tempat ini kamu bisa melihat pemandangan kota Garut yang mengesankan. Apalagi, kalau malam hari.

Menuju Puncak

Sumber Gambar: Google Maps @Firdaus Deden

Menuju ke Puncak memang menjadi tantangan tersulit selama mendaki Gunung Guntur. Medannya tanah berkirikil, untuk berjalan memang sedikit susah. Bisa-bisa pasir ini longsor ke bawah dan kamu bisa terjatuh. Biasanya, udara dingin akan menyerang dan itu yang membuat berbahaya.

Sumber Gambar: traveloka.com

Tetapi, pemandangan menawan sunrise bisa kamu nikmati disini serta Gunung Cikuray dan Papandayan. Ada 4 puncak yang ada di Gunung Guntur ini. Kalau dari Citiis, kamu bisa pergi menuju ke Puncak 2 yang bisa melihat kawah Gunung Guntur dan juga puncak 1. Disini, tanahnya mengeluarkan asap belerang dan cukup hangat. Jadi cocok digunakan untuk menghangatkan badan.

Kesimpulan

Puncak Gunung Guntur memang sangat mengesankan. Cocok bagi kamu pendaki pemula karena, waktu pendakian paling lama adalah 5 jam. Sementara waktu turun paling lambat adalah 3 jam. Jadi, sudah siap menjelajah Gunung ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…