in

Keindahan Indonesia dari Puncak Gunung Salak Via Pasir Reungit

Sumber Gambar Dari Instagram @salaka_lovers

Pendakian Gunung salak dengan ketinggian 2211 mdpl memang menjadi impian semua pendakian. Ada yang mengatakan belum bisa dikatakan menjadi pro bila belum naik Gunung yang sebenarnya pendek dilihat dari ketinggian. Tetapi, setelah dijalani rasanya seperti naik diatas 3000 mdpl.

Salah satu jalur pendakian yang paling menarik adalah melalui Pasir Reungit. Tidak hanya menemukan kesusahan saja. Melainkan kamu bisa relaksasi di air terjun yang akan kamu temukan di sepanjang perjalanan. Lumayan bukan, untuk membasuh dan membersihkan diri.

Menuju Ke Pos Pasir Reungit

Pos ini terletak di Desa Pasir Reungit, Kecamatan paseh, Kabupaten Sumedang, Jawa barat. Menuju ke tempat ini kamu bisa menggunakan KRL menuju ke Stasiun Bogor. Kemudian, dilanjutkan menggunakan angkot 02 atau 03 jurusan Terminal Bubulak kamu bisa membayarnya dengan harga 4 ribu rupiah.

Lalu melanjutkan perjalanan menuju ke Tenjolaya dengan menggunakan angkot 05. Dengan tarif mulai dari 6 ribu rupiah. Selanjutnya, naik ojek menuju ke kawasan wisata Gunung Bunder tarifnya mulai dari 25 ribuan sampai 40 ribu. Tergantung bagaimana cara menawar kamu.

Sebelum memulai pendakian kamu harus membayar simaksi dengan memenuhi beberapa persyaratan terutama soal sampah yang wajib di bawa ke bawah. Harga simaksi 10 ribu rupiah. Kemudian, akan dikenakan biaya lagi sebesar 22 ribu rupiah per orang saat melewati pintu masuk pendakian Pasir Reungit.

Menuju Ke Kawah Ratu

Sumber Gambar : Instagram @fikriansyahherianto

Pos pertama yang bisa kalian tuju adalah pos Kawah Ratu yang juga satu wilayah menuju ke Gunung Gede Pangrango. Perjalanan memang sedikit landai hingga bertemu dengan simpangan. Dimana ke kanan menuju ke jalan berbatu, kamu juga bisa mengambil jalan lurus menuju ke arah air terjun.

Bila memilih jalan lurus, kamu akan dihadapkan dengan jalur seperti sebuah sungai dengan bebatuan yang berserakan. Setelah berjalan kurang lebih 15 menit, kamu akan kembali menemukan jalanan berbatu kembali.

Sumber Gambar: google Maps @STPM

Setelah berjalan kurang lebih 2 jam 10 menit kamu akan memasuki kawasan hutan mati yang letaknya dekat dengan Kawah Ratu. Sayangnya kamu dilarang mendirikan tenda disini karena, bau asap belerang yang sangat kuat di malam hari yang akan membahayakan kamu.

Siapkan masker untuk menghalau bau belerang, karena kalau tidak kamu bisa jatuh pingsan lho. Berjalan 30 menit kamu akan tiba di Pos Kawah Ratu.

Menuju Helipad

Dari Kawah Ratu, ambilah jalur menuju ke bawah arah Puncak Salak. Satu hal yang harus diperhatikan adalah jalur ini jarang sekali dilalui para pendaki. Jadi, kamu harus peka dengan petunjuk jalan yang sudah dipasang. Selanjutnya, kamu akan melalui aliran sungai dan tidak lama lagi kamu akan tiba di Pos Helipad.

Waktu yang harus kamu tempuh kurang lebih 45 menit sampai 1 jam 15 menit. Disini kamu bisa istirahat sebentar sebelum menuju ke Pos Bajuri. Gunakan waktu istirahat yang cukup karena setelah ini perjalanan akan menjadi sulit.

Pos Bajuri, Pos, Bayangan dan Puncak Salak

Sumber Gambar: google Maps @Wareh Hargono

Menuju ke Pos Bajuri kurang lebih 30 menit. Kamu bisa beristirahat dan mendirikan tenda disini. Di Sepanjang perjalanan menuju Pos Bajuri kamu akan menemukan sumber mata air yang bisa kamu gunakan untuk mengisi keperluan air kamu.

Dari Pos Bajuri menuju puncak bayangan kamu akan melewati rawa-rawa. Sehingga, menggunakan sepatu waterproof sangat disarankan. Menuju Puncak Bayangan kurang lebih 5 jam lamanya. Setelah pos bayangan, siapkan tenaga karena, menuju ke Puncak Manik kamu harus merangkak seperti spiderman.

Sudut kemiringannya kurang lebih 80 derajat sehingga, kamu harus mendaki menggunakan webbing seperti yang sudah disediakan. Sesampainya di puncak pemandangan yang mengesankan bisa kamu nikmati. Mulai dari sunrise yang mengesankan pemandangan gunung Gede Pangrango, dan lautan kabut yang sangat cantik. Jangan sampai lupa bawa kamera dengan resolusi tinggi ya, agar semua keindahan ini bisa kamu abadikan

Kesimpulan

Total waktu tempuh menuju puncaknya kurang lebih 7 jam hingga 9 jam. Bawalah perbekalan seperlunya saja, dan sebisa mungkin dibagi secara merata. Karena, saat menuju ke Puncak Salak dengan sudut kemiringan 80 derajat membawa beban berat akan sangat sulit. Waktu penurunan kurang lebih 4 jam sampai 5 jam. jadi, sudah siap mendaki Gunung Salak?