in

Ekowisata Pemerihan, Wisata Edukasi Alam

 

Saat memutuskan tujuan tempat wisata kadang dapat memakan waktu yang cukup lama, apalagi jika kita masih belum dapat menentukan jenis wisata apa yang ingin kita kunjungi. Apalagi jika kita akan berwisata bersama dengan teman – teman atau keluarga yang bisa jadi masing – masing dari mereka memiliki pendapat dan tempat favorit yang berbeda. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memilih tempat tujuan wisata yang memberikan banyak pilihan, salah satu tempat yang dapat kalian coba adalah Ekowisata pemerihan yang akan penulis perkenalkan kepada kalian.

Jadi yang disebut ekowisata adalah salah satu kegiatan pariwisata alam yang mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan, aspek sosial, budaya dan ekonomi masyarakat setempat serta aspek pembelajaran dan pendidikan. Ekowisata sebenarnya dimulai saat dampak negatif pada kegiatan pariwisata konvensional mulai terasa. Dampak negatif tersebut berupa kerusakan lingkungan, terpengaruhnya budaya lokal karena tidak terkontrolnya budaya asing yang masuk, berkurangnya peran masyarakat setempat terhadap lingkungan dan persaingan bisnis yang mulai mengancam lingkungan serta berdampak pada budaya dan ekonomi masyarakat setempat. Dimana dampak negatif ini bukan hanya dikemukakan dan dibuktikan oleh para ahli lingkungan tetapi juga oleh para budayawan, tokoh masyarakat dan pelaku bisnis pariwisata itu sendiri.

Sumber Gambar: Klikazzam.blogspot.com

Pada awalnya dilakukan dengan proses kunjungan yang memanjakan wisatawan tetapi kemudian proses tersebut mulai diganti dengan konsep ekowisata yang dijalankan dengan cara membawa wisatawan menuju objek wisata alam yang eksotis dengan cara yang ramah lingkungan cara ini dilakukan dengan harapan untuk mengurangi dampak negatif tersebut. Di Indonesia sendiri kegiatan ekowisata mulai dirasakan pada pertengahan tahun 1980-an yang dimulai dan dilaksanakan oleh biro wisata asing salah satu wisata yang terkenal adalah Mountain Travel Sobek yang merupakan sebuah biro wisata petualangan tertua dan terbesar.

Beberapa objek wisata terkenal di Indonesia yang ditawarkan oleh Sobek antara lain adalah pendakian gunung api aktif tertinggi di garis khatulistiwa yang bernama Gunung Kerinci (3884 m), pendakian danau vulkanik tertinggi kedua di dunia yang dikenal dengan nama Danau Gunung Tujuh dan kunjungan ke danau vulkanik terbesar didunia yaitu Danau Toba.

Ekowisata Pemerihan sendiri terletak di Kabupaten Lampung Barat provinsi Lampung tepatnya berada di Pesisir Barat Lampung. Di sana terdapat setidaknya 20 tempat wisata yang dapat kalian nikmati saat berkunjung di Kabupaten Lampung Barat. Tempat wisata di Lampung ini juga berada di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan, tepatnya di Desa Pemerihan dan di dalam wilayah Kecamatan Krui Selatan.

Sumber Gambar: mongabay.co.id

Untuk harga tiket untuk masuk tempat wisata dapat dikatakan cukup terjangkau dan tidak jauh berbeda dengan tempat wisata lainnya, harga tiket memiliki perbedaan harga antara hari libur, minggu atau hari biasa. Dimana saat weekday yaitu hari Senin – Jumat , harga tiket masuk Ekowisata Pemerihan adalah Rp.10,000.00. Sementara saat weekend alias hari Sabtu dan Minggu, harga tiket masuk Ekowisata Pemerihan adalah Rp.10,000.00.

Tetapi perlu diingat kalau harga tiket dapat berubah sewaktu – waktu, sehingga ada baiknya kalian mencari info terlebih dahulu sebelum berkunjung. Selain itu perlu diingat juga bahwa setiap tempat wisata memiliki jam buka dan tutup yang berbeda-beda. Untuk Ekowisata Pemerihan sendiri memiliki jam buka pukul 08.00 dan tutup pada jam 17.00, jam tersebut diatur sesuai dengan zona waktu setempat yakni sesuai dengan waktu Asia atau Jakarta.

Sumber Gambar: mongabay.co.id

Bagi yang pernah berwisata di Taman Nasional Way Kambas tentu mengetahui wisata gajah yang dapat kalian nikmati, di Ekowisata Pemerihan kalian juga dapat menikmati hal yang serupa. Dimana kalian dapat menaiki gajah di Ekowisata Pemerihan dan berkeliling dengan melalui sungai-sungai kecil yang berada di dalam hutan lindung tersebut. Selain menaiki gajah kalian juga dapat menikmati suasana hutan lindung dengan ekosistem hutan yang masih sangat terjaga sehingga begitu memanjakan mata, telinga dan pikiran saat menikmatinya. Dimana banyaknya pepohonan rindang dan hijau yang menjulang tinggi menjadi pemandangan yang menarik yang dapat kalian lihat dan abadikan secara langsung. Begitu juga dengan sungai-sungai kecil yang mengalir di dalam hutan ini yang masih mengalir dengan jernih seperti belum tersentuh dengan tangan-tangan manusia dan polusi limbah, sungguh indah Bumi Pertiwi Indonesia.