in

Memacu Adrenalin di wisata Bosamba Rafting – Jawa timur

Berlibur dengan menikmati wisata alam, yang memiliki jeram-jeram menantang di Jawa Timur mengapa tidak? Bosan berlibur dengan pergi ke pantai atau pegunungan anda bisa mencoba pengalaman baru disalah satu lokasi wisata yang akan dibahas kali ini adalah Bosamba Rafting menantang nyali sekaligus menikmati panorama alam sungai Sampean Baru dan pemandangan gua kelelawar dan kera- kera liar diatas pepohonan yang hijau di Kabupaten Bondowoso pasti akan sangat mengasyikan untuk mengisi waktu liburan anda. Perlu diketahui juga nama Bosamba ini merupakan singkatan dari Bondowoso Sampean Baru lho, sesuai dengan lokasi arung jeram yang berada di aliran Sungai Sampean Baru, yuk cari tahu informasi lain dari destinasi wisata Bosamba Rafting ini yang dijamin akan sangat berguna untuk anda.

Lokasi wisata alam Bosamba Rafting

Wisata Arung Jeram Bosamba ini terletak di Desa Taman Krocok, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur dengan jarak sekitar 13 kilometer dan dapat ditempuh kurang lebih 21 menit waktu perjalanan dari Kabupaten Bondowoso. Lokasinyapun sangat mudah dicari dan dijangkau, untuk rute anda bisa mengikuti jalur ini mulai dari Kabupaten Bondowoso 90 meter ke arah selatan lalu belok kiri ke Jalan Raya Patemon setelah itu Belok kiri lagi ke Jalan Raya Situbondo terakhir belok kanan dan susuri jalan sekitar 2 kilometer lagi dan anda telah sampai di lokasi wisata Arung Jeram Bosamba Rafting yang tepat berada di sebelah kanan jalan, lokasi Bosamba Rafting ini juga berada dekat dengan kawasan wisata Kawah Ijen untuk anda yang memiliki budget ekstra mungkin sebelum ke Bosamba Rafting bisa berkunjung ke Kawah Ijen terlebih dahulu.

Keindahan alam lokasi wisata Bosamba Rafting

Sumber Gambar: Google Maps @Fahmiy Hidayat Abdya

Sesuai namanya Bondowoso Sampean Baru, wisata arung jeram ini berada di aliran sungai Sampean Baru yang terdiri dari 6 anak sungai Gunung Putri juga terdapat 3 air terjun, yang menambah pesona alam aliran sungai Sampean Baru. Selain itu Bosamba Rafting ini juga memiliki 27 jeram dengan arus kecil dan besar yang siap memacu adrenalin anda dengan track sepanjang kurang lebih 14 kilometer anda akan menghabiskan waktu sekitar 2 sampai 3 jam. Berarung jeram melewati sebanyak 5 desa dipastikan anda akan puas berarung jeram disini, memiliki 2 jalur track yang memiliki keunikan masing-masing anda bisa memilih ingin yang lumayan ekstrim.

Sumber Gambar: Google Maps @JQ Channel
Sumber Gambar: Google Maps @JQ Channel

Berada di track1 jika ingin mencoba track yang lebih ekstrim anda bisa pilih di track yang kedua, di track2 ini juga selain ekstrim anda juga bisa menikmati pemandangan seperti tebing Grand Canyon ala Kabupaten Bondowoso. Disini sangat cocok sekali bagi anda yang ingin berfoto-foto atau berselfie ria dengan latar belakang tebing-tebing yang indah disini juga terdapat spot foto menarik lainnya tepat berada ditengah sungai yaitu di batu besar yang memiliki julukan unik yakni Batu Titanic karena memiliki kemiripan dengan buritan kapal titanic.

Fasilitas

Sumber Gambar: Google Maps @JQ Channel

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata Bosamba Rafting ini sudah lengkap mulai dari tempat untuk beribadah, toilet, warung makan agar anda tidak kebingungan soal makan dan minum serta terrdapat lahan parkir sangat luas untuk memarkirkan kendaraan anda. Pelayanannya pun sangat ramah membuat anda akan semakin betah disini. Selain terkenal dengan arung jeramnya anda juga bisa mencoba pilihan permainan menantang lainnya seperti flying fox, paint ball dan group camp tenang selama mengikuti permainan ini anda akan ditemani para guide atau pemandu yang handal jadi tidak perlu merasa takut jatuh ya.

Tips dan trik

Namanya akan berwisata alam di air dengan melakukan aktivitas arung jeram tentu anda harus membawa pakaian ganti dan perlengkapan mandi, kamera untuk dokumentasi hasil liburan anda, perlengkapan p3k untuk berjaga-jaga bila terjadi hal yang tidak diinginkan. Serta yang terakhir siapkan stamina ekstra karena anda akan berkegiatan yang membutuhkan fisik kuat dengan melewati spot-spot jeram yang menantang serta tips terakhir selalu ikuti apa yang disarankan oleh guide atau pemandu anda selama berarung jeram agar kegiatan berjalan lancar dan selamat sampai tujuan akhir jeram.

Wisata alam arung jeram di Bosamba Rafting ini bisa menjadi alternatif tujuan liburan anda yang ingin berwisata air selain di pantai, segera masukan Bosamba Rafting ini ke dalam list agenda liburan anda, semoga info ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.