in

Keindahan Pesona Alam Air Terjun Siburai-burai

Provinsi Sumatera Barat dikenal memiliki banyak sekali objek wisata alam yang bagus nan asri untuk dikunjungi. Salah satunya wisata air terjun. Air terjun merupakan salah satu tujuan wisata alam yang wajib dikunjungi bagi Anda yang membutuhkan suasana yang fresh dan jauh dari hiruk pikuk kehidupan kota. Jumlahnya lebih dari puluhan, air terjun nan elok ada di daerah Minangkabau. Baik yang sudah dikenal masyarakat luas atau yang masih baru dan belum dikenal oleh masyarakat luas. Seperti Air Terjun Siburai-burai yang terletak di Jorong Sigunanti, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasamaan Barat, Provinsi Sumatera Barat. Jalan yang ditempuh untuk sampai ke air terjun ini sekitar 13 Km dari ibukota Kabupaten Pasamaan Barat.

Pesona Keindahan Air Terjun Siburai-Burai

Keindahan yang dimiliki oleh Air Terjun Siburai-burai adalah air terjun ini turun dari bukit dengan ketinggian sekitar 100 m. Ditambah dengan pemandangan hujan hutan tropis yang melatarbelakangi air terjun ini, meski harus menempuh perjalanan 10 menit melewati sungai berbatu.

Medan yang tak mudah itu serasa tergantikan jika sudah sampai di Air Terjun Siburai-Burai. Perpaduan antara panorama perbukitan, lembah, hutan, dan gua menjadi kunci indahnya pesona air terjun ini. Tidak heran, jika semua wisatawan langsung jatuh cinta dan ingin berlama-lama bermain air di sekitar air terjun Siburai-burai.

Jika Anda melakukan perjalanan dari Pasar Durian Kilangan Kinali, maka jarak yang ditempuh sekitar 15 Km naik kendaraan roda empat. Sesampainya di perkampungan, dilanjutkan berjalan kaki sejauh 1500 meter.

Air Terjun Masih Alami, Bersih Dan Menyegarkan

Sumber: travelingkuy.com

Air terjun ini memiliki tiga tingkatan, tingkatan 1 dan 2 saling berdekatan dengan ketinggian 2 meter dan 4 meter. Sedangkan air terjun utama berjarak 100 m dan memiliki ketinggian 30 Km dengan debit air yang tinggi deras mengguyur bumi. Bayangkan bila Anda berada di air terjun tersebut pasti sangat menyegarkan.

Air terjun Siburai-burai masih jarang dikunjungi, sehingga nuansa alamnya masih terasa. Suasana yang asri, bersih tidak banyak sampai yang mengotori. Alangkah indahnya jika keadaan seperti ini tetap terjaga, agar alam dan suasana di sekitar air terjun tetap alami dan menyegarkan. Setuju? Jika iya, maka Anda harus berpartisipasi menjaga alam di sekitar air terjun ini. Caranya dengan tidak membuang sampah sembarangan di lingkungan sekitar air terjun. Mudah bukan?

Sumber: travel.detik.com

Tidak hanya Air Terjun Siburai-burai, Jorong Sigunanti juga memiliki potensi alam yang  lainnya, baik dari segi pariwisata maupun dari segi pertanian terdapat berbagai komoditi seperti alpukat, minyak Nilam, dan lain sebagainya. Dengan dukungan masyarakat dan kerja sama antar pemerintah maka potensi-potensi alam yang dimiliki daerah akan terus berkembang dan meningkatkan pendapatan setiap daerah.

Mengunjungi tempat wisata tentu saja sarana dan prasarana perlu dipertimbangkan. Sarana air terjun Siburai-burai masih tergolong kurang, karena aksesnya yang jauh dari perkampungan. Namun, jika Anda mencari penginapan dan rumah makan banyak tersedia di pusat kota yang jaraknya tidak begitu jauh dari tempat wisata.

Sumber: passgal.blogspot.com

Jadi, rencana wisata alam Anda bisa diakali, makan dan istirahat yang cukup di daerah kota terlebih dahulu sebelum menuju air terjun, dan setibanya di air terjun Anda bisa berfoto ria atau bahkan bisa berenang di dasar air terjun dan bisa dilanjutkan lagi menuju penginapan untuk bersih-bersih dan istirahat. Semua bisa direncanakan. Jadi, jangan ragu berkunjung ke wisata alam yang satu ini sebagai salah satu daftar wisata alam yang akan Anda kunjungi pada waktu liburan.

Demikian informasi tentang Air terjun Siburai-burai yang terletak di Sumatera Barat. Semoga bermanfaat dan selamat berwisata alam. Yuk, atur jadwal Anda untuk menikmati keindahan di air terjun yang satu ini! Jangan lupa ajak serta teman dan keluarga!