in

Keindahan Wisata Distrik Walesi di Puncak Papua

Sumber Gambar: Google Maps @Abim Habibi

Papua selama ini lebih dikenal dengan Cartenz Pyramide atau Puncak Piramidanya. Padahal, ada banyak keindahan yang bisa kamu saksikan di Pulau paling Timur Indonesia ini. Salah satunya adalah wisata di Distrik Walesi di Puncak Papua. Ingin tahu seperti apa, yuk kita simak ulasannya di artikel di bawah ini.

Yuk Berkunjung Desa Wisata di Distrik Walesi

Berwisata tanpa lebih dulu melakukan list rencana bisa jadi bencana. Pasalnya, kamu tidak akan tahu tempat mana saja yang jadi rekomendasi wisata terbaikmu. Begitu juga ketika kamu berkunjung ke Distrik Walesi. Kira-kira apa saja ya wisata menarik yang ada disana?

  1. Pemandangan Alam

Pertama, kamu bisa banget menyaksikan keindahan wisata di Distrik Walesi (di Puncak Papua) dengan pemandangan alamnya. Kata indah saja rasanya tidak akan cukup untuk menggambarkan pesona alam daerah ini. Ketika kamu berjalan di hamparan rumput hijaunya yang luas, mungkin kamu ingin bertelanjang kaki. Pasalnya, rasa lembut rerumputan di jemarimu berpadu dengan warna hijau sejauh mata memandang.

Sumber Gambar: Google Maps @Abim Habibi

Selain rerumputan, pemandangan alam disana juga dihiasi dengan perbukitan kecil di sisi kiri dan kanannya. Agar kamu lebih tertarik, di Walesi ini kamu bisa merasakan suhu dingin khas Eropa. Pasalnya, udara disana berkisar antara 15 – 20 derajat celcius saja. Sangat tepat untuk daerah berliburmu, bukan?

  1. Festival Budaya

Kedua, kamu wajib banget bertandang ke Festival Budaya yang diadakan tiap bulan Agustus disana. Dilakukan oleh Suku Dani, Festival Kolosal Perang ini memang ditarikan untuk menyambut wisatawan. Tidak hanya indah, namun tarian ini juga memiliki daya pikatnya tersendiri. Pasalnya, tarian ini adalah tarian khas yang akan dimainkan Suku Dani sebelum mereka berangkat berperang.

Berdurasi sealam 20 menit, ada sekitar 500 orang penari yang tiap tahunnya berpartisipasi dalam Festival Budaya ini. Selain itu, ada juga pertunjukan dari beberapa budaya lain dan juga batu-batu yang sayang jika tidak disaksikan. Saking bagusnya, Festival Budaya ini masuk dalam Top 100 daftar wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif lho.

  1. Keindahan Air Terjun

Selanjutnya, kamu bisa berkunjung ke Air Terjun Walesi. Disana, kamu tidak hanya akan disuguhi pemandangan alam luar biasa, tapi juga banyak aktivitas wisata. Pasalnya, begitu kakimu menginjak lokasi wisata di air terjun ini, maka kamu bisa melihat banyak susunan bebatuan. Ukurannya pun bermacam-macam, mulai dari yang kecil hingga yang besar.

Sumber Gambar: Google Maps @Jaya Shakti

Meski tidak terlalu curam, namun air terjun ini punya banyak pesona lho. Sebut saja, aliran airnya yang tidak deras dan kedalamannya yang dangkal yang mana bisa membuatmu bebas berenang disana. Selain itu, kamu juga bisa piknik sambil bermain air bersama keluarga. Tidak lupa, air berwarna hijaunya yang bersih dan menyejukkan pemandangan mata.

  1. Tempat Tinggal 3 Suku Asli Papua

Terakhir, wisata di Distrik Walesi ini bisa berlatar budaya dan sejarah. Pasalnya, daerah ini merupakan tempat tinggal Suku Asli Papua, yakni Suku Lani, Suku Yali, dan Suku Dani. Apalagi posisinya yang ada di 1600 mdp membuat suasananya benar-benar bak di negeri dongeng deh.

Demikian ulasan menarik mengenai wisata di Distrik Walesi (di Puncak Papua). Bagaimana? kini kamu sudah tahu kan kalau di Papua yang wajib dikunjungi tidak hanya Cartenz Pyramide saja? Semoga ulasannya bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi wisata kamu ya.