in

Warna-Warni Desa Wisata Kampung Yoboi

Sumber Gambar: Google Maps @Billy Tokoro

Wilayah Indonesia bagian timur memang menjadi destinasi wisata alam yang paling favorit bagi semua kalangan. Ada banyak sekali destinasi wisata dengan keindahan dan pesonanya yang tidak akan bisa didapatkan dimanapun. Salah satunya adalah Desa Wisata Kampung Yoboi yang berada di distrik/Kecamatan Sentani. Kampung Yoboi merupakan salah satu desa wisata yang memiliki beberapa potensi pariwisata alam, budaya, dan faktor lainnya.

Yang menarik dari Kampung Yoboi dibandingkan dengan desa wisata lainnya adalah, disini terdapat sebuah dermaga dengan warna-warni yang akan menyegarkan mata. Selain itu, ada banyak hal yang ditawarkan dan bisa dilakukan di kampung ini. Jika kamu akan mengunjungi Jayapura, maka sangat sayang jika melewatkan Kampung Yoboi.

Daya Tarik Desa Wisata Kampung Yoboi

Bicara tentang kampung warna-warni, memang sedang menjadi tren saat ini. Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki kampung warna-warni yang diharapkan bisa menjadi destinasi wisata dan meningkatkan pendapatan masyarakat setempat. Namun sayangnya tidak semua kampung warna-warni berhasil mendapat perhatian wisawatan. Kecuali dengan Kampung Yoboi yang berada di Kabupaten Jayapura.

Desa Wisata Kampung Yoboi ini merupakan salah satu desa wisata di Jayapura yang selalu ramai pengunjung. Tidak hanya tertarik dengan wisata alam yang ada di Distrik Sentani, wisatawan lokal maupun mancanegara juga penasaran dengan desa wisata ini karena menawarkan berbagai macam hal menarik seperti berikut.

  • Terletak di Tepi Danau Sentani

    Sumber Gambar: Google Maps @Marice Snt

Karena letaknya yang berada di tepi Danau Sentani, Kampung Yoboi merupakan desa apung dimana hampir seluruh tempat tinggal masyarakat sekitar dibangun di atas permukaan air. Jadi sangat menarik untuk dikunjungi. Penataan setiap bangunannya pun juga sangat rapi sehingga menciptakan pemandangan yang sungguh elok. Ditambah lagi dengan warna-warni bangunan yang dijamin membuat suasana semakin instagramable deh!

  • Bebas Menjelajahi Seluruh Bagian Kampung

    Sumber Gambar: Google Maps @Billy Tokoro

Setiap wisatawan yang berkunjung dapat menyusuri jalan dari dermaga hingga sudut kampung. Kegiatan ini akan membuatmu memiliki pengalaman lain karena kampung Yoboi memiliki suasana yang berbeda jika dibandingkan dengan kampung di daerah lainnya. Disini kamu bisa menjumpai hujan sagu, sayur mayur, dan beragam jenis kuliner yang bisa menggugah selera.

  • Naik Perahu Keliling Danau Sentani

    Sumber Gambar: Google Maps @Billy Tokoro

Karena letaknya berada di tepi danau Sentani, pengunjung bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu yang bisa disewa dengan harga yang terjangkau. Danau Sentani juga memiliki pemandangan yang sangat indah, bebas dari sampah, sehingga sangat bagus untuk dikunjungi. Jika kamu hanya ingin menikmati keindahan Danau Sentani tanpa menaiki perahu, kamu bisa menyantap kuliner di tepian danau sembari mengobrol dengan penduduk sekitar.

  • Kuliner Khas Jayapura

Makanan Indonesia Timur memang dianggap cukup unik, ada beberapa hidangan yang terasa asing namun sangat membuat penasaran. Nah, disinilah kesempatanmu untuk bisa mencicipi hidangan-hidangan itu.

Beberapa hidangan yang direkomendasikan adalah sate ulat sagu yang berukuran cukup besar dan ditusuk pada sebatang lidi dan hanya diberi bumbu garam. Meskipun bumbunya sederhana, namun ini merupakan hidangan yang paling ditunggu bahkan setiap tahunnya diperingati dengan diadakannya Festival Ulat Sagu.

Nah, itu dia beberapa hal menarik dari Desa Wisata Kampung Yoboi. Gimana? Penasaran kan? Apa kamu ingin mencoba untuk mencicipi sate ulat sagu? Setelah puas berkeliling Kampung Yoboi, kamu juga bisa mengunjungi kampung lainnya. Setidaknya ada sekitar 22 kampung yang ada di sekitar Danau Sentani, dan semuanya memiliki ciri khasnya masing-masing. Jangan lupa berkunjung yaaa!