in

Hadirkan Keindahan Tanah Toraja Di Desa Wisata Lembang Nonongan

Desa Wisata Lembang Nonongan
Sumber Gambar: jadesta.com

Bagi kamu yang ingin berwisata dengan nuansa budaya, maka kamu sangat disarankan untuk mengunjungi Desa Wisata Lembang Nonongan. Seperti yang sudah diketahui, desa wisata merupakan sebuah desa yang sengaja dijadikan sebagai tempat wisata karena memiliki daya tarik.

Di desa wisata biasanya akan menawarkan pengalaman liburan yang menyatu dengan struktur kehidupan masyarakat, dilengkapi dengan tata cara, budaya, dan tradisi yang berlaku. Nah, jika kamu sedang berkunjung ke KabupatenToraja Utara, ada sebuah desa wisata yang bernama Lembang Nonongan.

Disini kamu bisa merasakan sensasi kehidupan masyarakat Toraja yang masih kental dengan unsur tradisi dan budayanya. Sesuai dengan namanya, Desa wisata ini terletak di Lembang Nonongan, Kecamatan Sopai, dan hanya berjarak kurang lebih sejauh 5 kilometer dari kota Kabupaten.

Desa Wisata Lembang Nonongan Masuk Ke Daftar Desa Wisata Terindah

Lembang Nonongan merupakan salah satu desa wisata di Indonesia yang berbasis Budaya dan Alam. Tak heran jika berkunjung ke desa wisata ini kamu akan disuguhkan dengan budaya khas Tanah Toraja yang begitu indah. Baru diresmikan pada tahun 2019 yang lalu, namun desa wisata ini sudah berhasil meraih penghargaan dengan lolos di 50 Besar ADWI 2021.

Pada acara peresmiannya diadakan secara meriah dengan penampilan menawan musik bambu dan tarian tempurung, tarian Pa Dena-dena, hingga pameran hasil kerajinan tangan masyarakat Lembang Nonongan.

Adanya desa wisata ini juga dianggap angin sejuk bagi masyarakat sekitar karena bisa meningkatkan pendapatan masyarakat Lembang Nonongan. Meskipun secara infastruktur masih banyak yang harus diperbaiki dan dikembangkan, namun secara keseluruhan desa wisata ini merupakan salah satu desa wisata yang sangat menawan di Indonesia.

Sama dengan desa wisata yang berada di daerah lainnya, Lembang Nonongan akan menawarkan beragam jenis kegiatan yang bisa kamu lakukan. Sebagian besar tentu merupakan kegiatan dengan sarana edukatif yang akan memberi pengetahuan tentang budaya dan tradisi yang ada di tanah Toraja. Beberapa hal menarik yang ditawarkan adalah sebagai berikut.

  1. Mengenal Rumah Adat Toraja

Rumah adat masyarakat Toraja dikenal juga sebagai Tongkonan. Material utama untuk bisa membangun Tongkonan berasal dari kayu uru dengan bagian atap yang menyerupai bentuk perahu, dan bagian lantainya yang lebih tinggi diatas permukaan tanah seperti panggung.

Sumber Gambar: Google Maps @Pasanggang Channel

Bentuknya yang unik dan menarik inilah yang akan menambah daya tarik desa wisata, karena rumah adat seperti ini sudah jarang bisa dijumpai di era modern. Selain itu, ternyata ada beberapa jenis rumah adat yang ada di tanah Toraja, yaitu Tongkonan Layuk, Tongkonan Pekamberan, dan Tongkonan Batu A’riri.

  1. Belajar Tarian Pa Dena-dena

Tarian Pa Dena-dena atau yang disebut juga sebagai tari Pa’gellu merupakan tari tradisional yang menggambarkan bentuk sukacita. Tarian ini biasanya dipentaskan pad aupacara adat di Toraja. Tarian ini identik dengan perasaan riang gembira sambil tangan dan badan bergoyang dengan gemulai, meliuk-liuk, lenggak-lenggok.

Saat berkunjung ke Lembang Nonongan, kamu akan disambut dengan tarian ini. Karena tarian ini memang biasanya diperuntukkan pada saat upacara kegembiraan, penyambutan tamu, pesta pernikahan, dan peresemian rumah adat. Sekali melihatnya, kamu akan dibuat penasaran dan ingin mencoba belajar tarian ini.

Nah, itu dia beberapa hal menarik yang akan kamu dapatkan saat berkunjung ke Desa Wisata Lembang Nonongan. Masih ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan saat berkunjung ke desa wisata ini, keindahannya yang menawan akan membuatmu betah untuk berlama-lama menikmati atmosfir Tanah Toraja. Jadi, kapan kamu akan kesini?