in

Kesejukan Dari Deburan Air Terjun Cihanjuang Jawa Barat

Air Terjun Cihanjuang
Air Terjun Cihanjuang

Destinasi wisata Jawa Barat yang tidak kalah indahnya dibandingkan dengan wisata lainnya yaitu Air Terjun Cihanjuang. Bagi anak muda yang ada di kawasan Jawa Barat tentunya tidak akan asing lagi dengan objek wisata ini. Di tempat wisata ini banyak sekali pasangan para anak muda yang sedang dilanda asmara seringkali menjadikan tempat ini sebagai objek wisata yang wajib dikunjungi.

Salah satu alasan yang membuat objek wisata ini memiliki jumlah pengunjung banyak yaitu karena suasananya yang sangat asri dengan pemandangan yang indah. Ditambah lagi dengan kesejukan air terjun yang membuat Cihanjuang ini masuk sebagai kategori air terjun yang memiliki banyak pengunjung. Tidak hanya masyarakat Jawa Barat saja, akan tetapi para masyarakat lain pun juga  banyak yang mengunjungi objek wisata ini.

Keindahan Air Terjun Cihanjuang

Sumber: Instagram @lebah_jujur

Keindahan yang dimiliki oleh air terjun ini menjadi alasan utama dari para wisatawan yang merasa tertarik untuk bisa mengunjungi lokasi ini. Untuk mengetahui apa saja keindahan yang ada di dalamnya, bisa mengikuti ulasan berikut:

  1. Terdapat Dua Kolam Tingkat

    Sumber: Instagram @abdur_rohman_98

Cihanjuang menjadi air terjun yang menawarkan dua kolam tingkat yang bisa dinikmati para pengunjung untuk bermain air ataupun bersantai. Pada bagian tingkat pertama memiliki ukuran yang lebih luas dan bisa dijadikan sebagai tempat dimana air jatuh. Para pengunjung bisa berenang atau berendam.

Sementara pada bagian tingkat kedua memiliki kedalaman 1,5 meter dengan ukuran yang lebih kecil dari tingkat pertama, sehingga pengunjung hanya bisa berendam dan tidak bisa berenang.

  1. Masih Menjadi Air Terjun Perawan

Air Terjun Cihanjuang ini dikatakan masih perawan karena belum banyak orang yang mengetahui keberadaannya. Hal ini dikarenakan Cihanjuang ini memiliki lokasi yang cukup tersembunyi. Sebagai air terjun perawan, tentunya untuk kealamiannya pun masih terasa.

  1. Pemandangan yang sangat eksotis

    Sumber: Instagram @waragan_rahman

Pemandangan yang dimiliki oleh objek wisata ini sangat eksotis, karena air terjun ini berada di tengah-tengah hutan, sehingga kesejukan di area wisata ini pun sangat terasa. Bagi Anda orang kota yang masih sangat jarang menghirup udara segar di alam terbuka, maka mengunjungi air terjun ini bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat.

Lokasi Air Terjun Cihanjuang

Meskipun berada di tengah hutan dan sulit di jumpai beberapa orang karena tempatnya yang tersembunyi. Namun bukan berarti Anda tidak bisa menemukan lokasinya. Untuk wisata ini berada di desa Santana Mekar, Cisayong, Tasikmalaya, Jawa Barat. Untuk bisa berkunjung ke obyek wisata Air Terjun Cihanjuang ini Anda bisa menitipkan kendaraan pada warung yang berada di daerah sana.

Dengan begitu maka perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki, dengan jalan pematang sawah dan Jalan setapak. Ditambah lagi dengan adanya ladang untuk menuju di daerah semak belukar. Untuk bisa mencapai air terjun ini, Anda pun juga harus menyisir pinggiran jurang.

Tips Berkunjung Ke Objek Wisata

Sumber: Instagram @lebah_jujur

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa lokasinya yang cukup terjal, sehingga membuat Anda harus berjalan kaki, maka harus mempersiapkan fisik yang kuat. Tempatnya yang sembunyi menuntut para pendatangnya agar mempunyai tenaga yang ekstra untuk bisa melakukan tracking. Jangan pernah ragu untuk bertanya kepada penduduk sekitar.

Untuk jalur ke air terjun ini belum mendapatkan jalur khusus, sehingga berisiko Anda mengalami tersesat. Bawalah bekal yang cukup seperti makanan atau minuman. Pada saat berkunjung di siang hari sebaiknya persiapkan sunblock, kacamata hitam, dan topi agar terhindar dari sengatan sinar matahari.

Suasananya yang sejuk dan tenang, ditambah lagi dengan keindahan alam yang tidak tertandingi dengan objek wisata lainnya. Meskipun Air Terjun Cihanjuang ini berada di tempat yang tidak mudah dijangkau manusia, namun setidaknya sejauh ini objek wisata ini sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas karena panoramanya yang masih alami.