OUR NETWORK

Kota Soe, Kota Terdingin Dengan Panorama yang Tiada Duanya

Sumber Gambar: betantt.com

 

Kota Soe, salah satu kawasan di Nusa Tenggara Timur yang harus kamu kunjungi. Ibukota Kabupaten Timor Tengah Selatan ini konon memiliki sesuatu yang unik. Sehingga, ada yang kurang rasanya bila menjelajah kawasan timur tanpa mengunjungi objek wisata ini.

Julukan di The Freezing City didapatkan lantaran, suhu kota ini lebih dingin dibandingkan dengan kota lainnya. Dengan ketinggiannya yang mencapai 792 mdpl. Tidak heran bila saat ini banyak wisatawan yang menyempatkan diri singgah di kawasan ini.

Sumber Gambar: kumparan.com

Selain udara dingin yang menyejukkan dan memberikan kesegaran. Kamu juga bisa melihat beberapa tempat menarik yang bisa melengkapi liburan kamu. Penasaran, dimana saja tempatnya. Mari kita simak hasil penjelajahannya di bawah ini.

Sejarah Kota Soe

Sebelum kita pergi ke berbagai wisata di Soe. Tidak ada salahnya bila mundur sebentar ke belakang dan melihat sejarah apa yang terkandung di dalamnya. Nama kawasan ini sendiri berasal dari timor, dimana mempunyai arti timbah atau menimbah.

Sumber Gambar: idntimes.com

Kejadian ini bermula saat sekawanan patroli yang bertemu dengan perempuan pribumi yang sedang mengambil mata air. Dia pun menjawab dengan Bahasa Timor, Au Soe Oe yang artinya adalah sedang mengambil air. Tetapi, tentara tersebut beranggapan lain. Sehingga, ia mengira kota ini disebut Kota Soe.

Desa Noinbila

Sumber Gambar: timordestinasi.wordpress.com

Baiklah, kunjungan pertama kita bisa pergi ke Desa Noinbila. Dimana, kamu bisa melihat betapa indahnya kawasan ini dengan hamparan bunga lavender yang berjajar. Waktu kunjungan terbaik ke desa ini adalah bulan Juni hingga Agustus. Tidak cukup sampai disitu saja. Masih ada wisata yang juga mengesankan yang dinamakan Air Tagepe atau dalam bahasa timor artinya adalah terjepit.

Sumber Gambar: tempatwisata.pro

Air yang muncul berasal dari Air Terjun Oehala. Bila beruntung, kamu bisa melihat beberapa kupu-kupu berwarna kuning bertebangan bersama-sama. Sungguh pemandangan yang sayang untuk kamu lewatkan. Daya tarik dari tempat ini adalah adanya tebing-tebing yang berkelok-kelok. Panjangnya kurang lebih 50 meter. Dengan kedalaman air ada yang mencapai 2 meter lho.

Desa Fatuulan

Sumber Gambar: ttskab.go.id

Tidak heran dengan udara dingin Kota Soe, Desa ini hampir sepanjang hari diselimuti kabut tebal. Tidak hanya sampai disitu saja, kamu juga bisa menyaksikan padang rumput yang tumbuh subur, ladang dengan berbagai macam hewan ada disana. Selanjutnya, kamu bisa naik ke atas bukit dan melihat dengan jelas keindahan Pantai Kolbano dari sini. Menuju ke tempat ini, kamu akan disajikan dengan jalanan yang cukup unik dan menggemaskan.

Bukit Fatukopa

Sumber Gambar: DetikTravel

Bukit ini memang eksotis dan menyimpan berbagai cerita misteri. Salah satunya adalah kepercayaan masyarakat tentang kapal nabi Nuh. Nama Fatukopa sendiri diambil dari bahasa Dawam yang artinya Batu Kapal. Saking masih asrinya, banyak warga sekitar melarang wisatawan untuk datang saat malam hari.

Taman Rekreasi Bu’at

Sumber Gambar: kompasiana.com

Selanjutnya adalah Taman Rekreasi Bu’at. Dimana, tempat ini memiliki keindahan berupa kayu mahoni yang menjulang tinggi. Selain itu, kamu juga bisa menikmati panorama pohon minyak kayu putih, Pinus, dan juga Cendana.

Salah satu spot paling menarik yang bisa kamu kunjungi adalah adanya warna pohon mahoni yang berwarna hijau dan orange. Sementara, dedaunan pinus yang berjatuhan ke tanah. Sungguh, suasana romantis yang bisa kamu dapatkan pada bulan mei sampai oktober.

Kamu juga bisa melihat berbagai macam.rumah tradisional lho. Kurang lebih ada tiga tipe, rumah terbalik, bulat, dan menara. Kamu juga bisa melihat dua ekor buaya yang usianya konon sudah sangat tua lho.

Perbukitan Fatu Nausus

Sumber Gambar: mytrip.co.id

Terakhir dari Kota Soe yang bisa kamu kunjungi adalah Bukit Fatu Nausus. Pemandangan utamanya adalah tebing-tebing karst yang menjulang tinggi. Pepohonan hijau yang membuat suasananya semakin asri. Tidak hanya sampai disitu, di atas puncaknya kamu bisa melihat keindahan Kota Soe yang sebenarnya. Kadang, kamu akan merasa berada di atas awan karena, kabut-kabut tipisnya.

Kesimpulan

Kota Soe adalah kawasan terindah yang harus kamu singgahi bila berkunjung ke Kabupaten Timor Timur Selatan. Keindahannya, kesejukan, dan keramahan warganya memang juara dihati. Jadi, kapan kamu akan agendakan perjalan kamu ke tempat ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…