in

Lapangan Terbang Soba Lapangan Terbang Dengan Pemandangan Terbaik Di Indonesia

Lapangan Terbang Soba
Sumber Gambar: @ Wisato.id

Selama ini kita hanya tahu Papua terkenal akan wisata alamnya yang indah seperti, Gunung Jaya Wijaya dan wisata laut yang ada di provinsi ini. Provinsi yang menjadikannya tempat destinasi wisata wajib yang kalian harus kunjungi. Satu dari tempat wisata yang wajib kalian kunjungi adalah. Lapangan Terbang Soba.

Ya kalian tidak salah dengar, Lapangan Terbang Soba juga menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk kalian kunjungi. Karena sangat berbeda dengan lapangan terbang yang ada di Pulau Jawa ataupun Sumatera.

Lapangan terbang yang ada di Distrik Soba, Kabupaten Yahukimo, Papua. Lapangan terbang ini dikelilingi oleh barisan pegunungan. Oleh sebab itu, lapangan terbang ini memiliki landscape yang sangat cantik yang tiada duanya.

Penerbangan di bandar udara ini melayani pengangkutan kargo gratis yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat sekitar dan penumpang untuk disalurkan ke distrik-distrik yang berada di Kabupaten Yahukimo.

Penasaran bukan bagaimana rupa keindahan alam Yang ada di Lapangan Terbang Soba ini? Baca selengkapnya di Wisato.id

Suasana Di Lapangan Terbang Soba

Sumber Gambar: republikwisata.com

Hamparan padang rumput hijau yang dikelilingi oleh barisan pegunungan yang cantik dengan udara yang segar nan sejuk akan menjadi moodbooster kalian untuk menghilangkan capek dan penat. Tempat ini juga ditempati oleh suku asli Papua.

Seperti Suku Yali, Suku Lani, Suku Dani (Habula), Kimyal dan Momuna, sehingga jika kalian kesini kalian bisa berlibur  sekaligus menikmati wisata budaya yang ada. Salah satu wisata budaya yang terkenal di Distrik Soba adalah Tarian Adat Soba dan Mummy Kurulu.

Saya sarankan untuk kalian datang kesini pada bulan Agustus, kalian berkesempatan untuk menikmati festival budaya Kolosal Perang. Festival yang dilakukan oleh suku dani ini merupakan bentuk penyambutan kepada wisatawan yang datang.

Selain tarian perang juga ada batu dan beberapa pertunjukan budaya lainya loh. Bahkan festival ini masuk dalam Top 100 kalender event dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jadi tentunya festival ini pasti sangat-sangat menarik.

Makin tidak sabar bukan untuk datang kesini? Menikmati pemandangan alam dan belajar budaya yang beraneka ragam yang disajikan suku ini, buruan masukan kedalam list wajib liburan kalian bersama teman dan keluarga tercinta.

Cara Sampai ke Lapangan Terbang Soba

Lapangan Terbang Soba
Sumber Gambar: Googlemaps @Rony Oktarizal

Kalian pasti sudah tidak sabar bukan untuk segera datang kesini, namun sebelum kalian menelisik lebih jauh ada baiknya. Kalian menyiapkan informasi berupa cara pergi kesana dan berapa perkirakan Budget yang harus disiapkan, karena liburan tanpa rencana adalah bencana.

Untuk mempermudahkan kalian yang berada di seluruh indonesia, kita asumsikan titik perjalanan pertama kita berada di Kota Jakarta yang merupakan Ibukota Indonesia.

Karena letak Distrik Soba di Kabupaten Yahukimo, Papua dengan Ibukota distrik adalah Dekai. Yang berada di daerah pegunungan, paling mudah untuk mencapai lokasi tersebut melalui jalur udara. Penerbangan dari Jakarta tidak ada yang direct ke Wamena. Sehingga traveler akan transit sekitar 1 -2 kali, tergantung alur perjalanan yang traveler ambil.

Sumber Gambar: celebes.co

Jika hanya melakukan 1 kali transit hanya memakan waktu sekitar 3,5 jam perjalanan, yang terbilang cepat dalam melakukan semua perjalanan dengan mengeluarkan budget sekitar Rp 3 juta untuk sampai ke Pelabuhan Wamena.

Dilanjutkan kembali perjalanan melalui pesawat dari wamena ke Kabupaten Yahukimo dengan lama perjalanan selama kurang lebih 50 menit untuk sampai ke Bandar Udara Nop Goliat, dengan mengeluarkan Budget sekitar Rp 500 ribu.

Dari Bandar Udara Nop Goliat, untuk sampai ke Distrik Soba banyak pilihan alternatif kendaraan untuk pergi kesana. Kalian bisa menggunakan jasa ojek untuk mencapai ke distrik ini, kemampuan tawar menawar kalian sangat dibutuhkan, semakin ahli kalian menawar maka semakin murah untuk budget yang dikeluarkan.

Kalian juga bisa menyewa kendaraan roda dua atau roda empat, untuk sewa motor seharga 150 ribu dan mobil sekitar 500 ribu, terbilang murah sama dengan biaya penyewaan di kota Indonesia.

Selama perjalanan mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan hijau berupa pegunungan lembah sepanjang mata memandang, dengan udara segar dan sejuk membuat kenangan yang tidak terlupakan berlibur kesini.

Ikutin terus Wisato.id untuk mendapatkan informasi seputar wisata yang berada di seluruh Indonesia

Baca Juga: Tak Cuma Pegunungan, Ini 10 Destinasi Wisata Terbaik Di Yahukimo

Geomedia - JFK 2022