in

Mencicipi Gurihnya Kuliner Balikpapan Nasi Kuning Nyambar

Sumber Gambar: nasikuningbalikpapan.wordpress.com

Berbicara mengenai nasi kuning, pastinya kamu kenal banget makanan khas Indonesia satu ini. Hampir bisa ditemui di semua daerah, rupanya nasi kuning juga menjadi favorit di Balikpapan. Salah satu varian yang paling digemari adalah kuliner Balikpapan Nasi Kuning Nyambar. Seperti apa reviewnya, yuk kita simak.

Nasi Kuning Nyambar Menu Makanan Paling Mantap

Nasi kuning memang sangat digemari masyarakat Indonesia. Sangat cocok disantap untuk sarapan, kamu pun juga bisa menemui makanan ini di Balikpapan. Salah satu jenis yang paling disukai adalah Nasi Kuning Nyambar. Bahkan saking terkenalnya, warga Kota Minyak ini rela berburu sampai antri lho.

Jika dipikirkan, nasi kuning pasti bentuknya itu-itu saja. Kalau di Pulau Jawa, nasi kuning biasanya disajikan dengan olahan kering tempe, serondeng, dan telur. Selain itu, nasi ini juga acapkali dihidangkan dengan ayam atau menu lainnya. Tapi rupanya, tidak demikian dengan menu nasi kuning yang ada di Banjar atau Balikpapan.

Berada di Jalan Letjen S Parman, tepatnya di Nomor 131 Gunung Sari, Balikpapan, kamu bisa datang dari pagi hingga petang. Ada berbagai macam menu yang bisa kamu pesan. Namun, kira-kira apa ya yang membuat kuliner Balikpapan Nasi Kuning Nyambar ini begitu laris diburu konsumen?

  1. Ada yang Diberi Tambahan Ikan Haruan

Ada salah satu jenis nasi kuning yang suka dipesan warga Balikpapan, yakni yang ada tambahan Ikan Haruan. Menu yang sering disebut dengan Iwak Haruan ini memang banyak peminat. Pasalnya, daerah Banjar sendiri memang dinilai khas dengan adanya Ikan Haruan. Alhasil, nasi kuning dengan tambahan menu ikan ini pun laris di pasaran.

  1. Iwak Haruan Berkhasiat Bagus

Selain karena memang banyak ditemukan di daerah Balikpapan, ada alasan tersendiri mengapa Iwak Haruan diburu. Alasannya adalah jenis ikan ini sangat berkhasiat untuk manusia. Tidak hanya bagus untuk kesehatan kulit, rupanya ikan ini juga bagus untuk penyembuhan luka. Maka tidak heran, banyak pasien operasi mengonsumsi ikan ini termasuk ibu melahirkan.

  1. Pelopor Nasi Kuning Iwak Haruan

Lantaran menjadi konsumsi rutin warga, maka sekarang ini banyak penjual nasi kuning dengan tambahan Iwak Haruan. Sekarang ini, sudah tidak terhitung berapa banyak penjual kuliner Balikpapan Nasi Kuning Nyambar yang bisa kamu temui. Artinya, banyak warga yang cocok dengan rasa dari nasi kuning bercita rasa Banjar ini.

  1. Harga Terjangkau

Dibanding rasanya yang maknyus, harga 10 ribu rupiah per porsinya tentu tidak bisa dikatakan mahal. Malah, harga ini sangat terjangkau dan ramah kantong siapa saja. Jika kamu tidak suka Iwak Haruan, maka kamu bisa memilih menu lain. Sebut saja, daging, telur ayam, hingga daging ayam dan sayur.

  1. Resep Turun-Temurun

Salah satu kunci mengapa Nasi Kuning Nyambar ini bercita rasa lezat adalah karena resepnya. Rupanya, resep olahan ini diwariskan secara turun-temurun oleh nenek moyang sang pemilik kedai. Maka tidak heran, sajiannya masih terasa tradisional dengan rasa yang khas dan jarang kamu temui di kedai lainnya. Inilah mengapa, banyak peminatnya tidak hanya dari kalangan bawah, melainkan juga dari kalangan pejabat hingga tamu penting.

Demikian ulasan menarik mengenai kuliner Balikpapan Nasi Kuning Nyambar. Jadi tidak hanya masyarakat Pulau Jawa saja yang gemar nasi ini, warga Kota Minyak pun juga. Tentunya, citarasanya juga sedikit berbeda dengan keunikan yang khas. Semoga ulasannya bermanfaat untukmu dan bisa menjadi inspirasi kuliner ya.