in

Melihat Indahnya Banten Dari Gunung Karang

Sumber Gambar: Google Maps @Suradi & Mufti

Setidaknya ada 7 Gunung di Banten yang terlihat disini. Dengan ketinggian kurang dari 2000 mdpl. Salah satunya adalah Gunung Karang yang mempunyai tinggi kurang lebih 1778 Mdpl. Mendaki tempat ini memerlukan tenaga yang tangguh dan tidak boleh menyerah. Medannya bisa membuat lutut kamu lemas.

Perlu diketahui bahwa Gunung ini masih aktif sampai saat ini lho. Aktivitasnya yang tidak menentu. Membuat pengelola Gunung Karang mulai Januari 2020 melarang para pendaki untuk camp di puncaknya. Kondisinya terlalu berbahaya untuk kesehatan dan keamanan para pendaki sendiri. Tetapi, untuk tek-tok masih diperbolehkan.

Menuju Basecamp Pendakian Via Kaduengan

Kaduengan adalah Jalur terbaik yang sering digunakan para pendaki. Dimana, di trek ini kamu juga bertemu dengan para peziarah yang akan ramai bila masuk musim maulud nabi. Menuju ke objek wisata ini pun cukup mudah, kamu bisa naik kereta dan turun di Stasiun Serang.

Selanjutnya,  Kamu bisa naik angkot atau juga bus dengan jurusan Badak Putih. Lalu, naiak ojek menuju ke Basecamp. Harga simaksi yang harus kamu bayar adalah 10 ribu rupiah. Ditambah dengan uang parkir dengan harga 5 ribu rupiah per malam.

Menuju Pos 1 dan Pos 2

Sumber Gambar: Google Maps @Arwani Suratman

Menuju ke Pos 1 merupakan pos yang paling spesial di pendakian Gunung Karang. Karena, disini kamu bisa bertemu dengan petilasan TB Jaya Raksa. Kebanyakan para pendaki akan mengunjunginya terlebih dahulu. Bila kamu mendaki pada hari kamis, tempat ini akan selalu penuh oleh para peziarah.

Sumber Gambar: Google Maps @Hafidz Yellow

Lanjut perjalanan menuju ke Pos 2 membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Jalur yang disajikan sudah mulai menanjak. Banyak akar pepohonan yang menjalar kesana-kemari. Jika, tidak berhati-hati bisa-bisa kamu terjatuh lho. Di Pos 2 ini kamu tidak hanya disuguhkan dengan rasa lelah saja. Melainkan adanya keindahan yang benar-benar nyata.

Selat sunda dan samar-samar Gunung anak Krakatau yang tampak menyapa dan memberikan semangat kepada kamu. Banyak wisatawan yang sering bertahan lama di pos ini dan melihat bagaimana pesonanya.

Menuju Ke Pos 3

Sumber Gambar: Google Maps @Albertus Widiantoro

Menuju ke Pos 3 waktu tempuhnya mencapai 1 jam lamanya. Dimana, kamu bisa melihat pepohonan vegetasi hutan yang membuat siang kamu terasa tidak terlalu panas dan menyengat. Di pos 3 sendiri kamu beristirahat untuk waktu yang lama. karena, setelah ini kamu bakal menghadapi trek puncak yang cukup melelahkan.

Menuju Ke puncak

Sumber Gambar: Google Maps @Ahmad Mu’tasim Billah

Menuju puncak kamu akan menemukan persimpangan. Dimana belok ke kiri kamu akan tiba di puncak sumur tujuh bila belok ke kanan kamu akan tiba di Curug nangka. Pilih jalur ke kiri dan setelah itu, kamu harus siap dengan tanjakan kurang lebih 60 derajat. Jalurnya sedikit licin, jadi kamu harus perhatikan benar langkahmu agar tidak terpeleset.

Sumber Gambar: Google Maps @Asep Mulyana

Di puncaknya sendiri kamu bisa melihat panorama sumur tujuh yang menjadi pertanda bahwa kamu siudah tiba di titik atasnya. Pemandangan kota Pandeglang pun bisa kamu lihat dari atas sini, Kalau kamu berjalan pada malam hari untuk mengejar sunrise. Pesonanya akan lebih menarik lagi dari apa yang kamu lihat di gambar.

Tips Mendaki Ke Gunung Karang

Ada beberapa tips yang mungkin bisa kamu lakukan selama mendaki gunung karang. Pertama, adalah perbekalan dimana kamu harus membawa air minum dan makanan yang cukup agar bisa mendaki sampai ke puncak.

Ada sisi yang menarik yang bisa kamu nikmati yaitu pemandangan kawah. Mengingat Gunung ini memang masih aktif. Tetapi, menuju ke kawah putihnya, kamu harus menuruni lembah, dan harus menggunakan guide yang benar-benar mengerti jalurnya. Karena, tempatnya yang cukup sulit dan kamu hanya bisa melihatnya dari atas. Karena, tidak ada jalan lagi, dan setelah lembah adalah jurang yang cukup dalam. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan guide yang benar-benar paham akan medannya

Kesimpulan

Gunung Karang adalah pesona lain dari Banten yang harus kamu kunjungi. Selain petilasan, kamu juga bisa melihat bunga kantong semar yang tersedia di antara trek perjalanan menuju ke atas. Ada lagi bunga–bunga hias yang mengesankan mata. Tidak rugi, mengunjungi tempat ini walau kamu tidak boleh sembarangan dan bersikap asal-asalan. Jadi, sudah siap menjelajah Gunung Karang?