in

Melihat Indahnya Sunrise Dari Puncak Gunung Puntang

Sumber Gambar: Google Maps @Dinga Dinga

Gunung Puntang menjadi salah satu sajian yang mempesona. Walaupun, ketinggiannya hanya 2222 Mdpl. Namun, jangan pernah kamu sekalipun meremehkan gunung ini. Karena, pesonanya luar biasa indah. Menuju ke atas pun kamu harus berjibaku dengan medan yang tidak mudah.

Gunung ini, memang cukup baik bila dijadikan sebagai uji coba, sebelum kamu menjadi seorang pendaki Pro dan siap untuk naik ke puncak Gunung Slamet yang memang mengesankan. Kunikannya dari tempat ini adalah pos yang akan kamu temui tidak dimulai dari angka 1 melainkan dari angka 4 menuju ke 1 sebelum Puncak.

Menuju Ke Lokasi Basecamp Gunung Puntang

Menuju ke lokasi pendakian Gunung Puntang kamu bisa memulai dari Tol Kopo, ambil jalan menuju ke Soreang, selanjutnya ke Banjaran dan ke Pengalengan. Nah, sebelum pengalengan kamu akan menemukan pertigaan ikuti papan petunjuk menuju ke Pendakian Gunung Puntang. ikuti terus petunjuk yang ada hingga kamu akan tiba di Basecamp.

Untuk harga simaksinya sendiri adalah 25 ribu rupiah. Ditambah dengan biaya parkir untuk kendaraan bermotor kurang lebih 10 ribu rupiah. Bila kamu naik mobil maka akan dikenakan tiket 20 ribu rupiah. Cukup murah bukan untuk biaya yang harus kamu bayar. Jalur yang ada di sini ada dua. Dimana, jalur ini akan bertemu di sebuah pertigaan.

Perbedaannya adalah jalur pertama yang berada di belakang pos, jalurnya sedikit memutar hanya saja, cukup landai terutama bagi kamu yang baru mencoba untuk naik ke atas. Tetapi, di jalur kedua atau di depan basecamp, kamu akan mendapati tanjakan yang cukup mengesankan.

Menuju Ke Pos 4

Sumber Gambar: Instagram @adejeprutt

Menuju ke Pos 4 kamu akan disuguhkan dengan area perkebunan warga yang berupa tanaman palawija. Dengan tanjakan yang tidak terlalu tinggi, hanya saja cukup menguras tenaga kamu. Tidak lama menikmati kebun warga, kamu langsung disuguhkan dengan hutan pinus yang cukup mengesankan. Dengan udara yang cukup sejuk dan suasana nan damai.

Setelah dari hutan pinus, kamu akan menemui jalur percabangan. Dimana, jalur ini adalah pertemuan dengan pendaki yang memilih rute di belakang pos. Ambilah jalur lurus dengan tanjakan yang cukup tinggi, dibandingkan dengan awal perjalanan tadi. Perjalanan semakin menggemaskan dengan tanjakan yang benar-benar menyulitkan. Sehingga, kamu harus dibantu dengan seutas tali untuk bisa merangkak naik.

Menuju ke Pos 3

Menuju ke Pos 3, perjalanan tidak semakin membaik. Banyak bebatuan yang ada di depan mata harus kamu taklukkan. Lutut akan terasa lemas, dan biasanya disini akan ada banyak yang meminta istirahat. Di Pos 3 areanya tidak terlalu luas, jadi kalau banyak pendaki yang ada disini kamu tidak akan mendapatkan tempat.

Menuju Ke Pos 2

Sumber Gambar: Instagram @rstuhkk

Menuju ke Pos 2, kamu akan diberi bonus dengan jalanan yang cukup landai. Disini, kamu bisa bernafas dan mengatur tenaga kembali. Menariknya di pos ini, kamu bisa menemukan keindahan alam yang disebut dengan Batu Kaca. Dimana, bebatuan alamnya bisa kamu gunakan untuk beristirahat dan memakan bekal yang kamu bawa.

Tempatnya memang instgramable, jadi cukup untuk melepas penat selama pendakian dari basecamp hingga ke pos ini. Sekaligus, mengatur energi kembali untuk perjalanan yang lebih mengesankan.

Menuju Ke Pos 1

Ujian berat belum juga berhenti, menuju pos 1 jalanan cukup sempit. Dimana, kanan dan kiri kamu adalah Jurang yang cukup dalam. Nah, biasanya kabut sudah mulai turun di pos ini. Sebenarnya, ini sangat membantu. Karena, bila kamu tahu seberapa dalam jurangnya, maka bisa-bisa kamu akan takut menuju ke atas.

Menuju Puncak

Sumber Gambar: Google Maps @Bhekti Lestari

Banyak pendaki yang mendirikan tenda di Pos 1, kemudian summit attack yang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit. Di atas kamu sudah ditunggu dengan pemandangan yang luar biasa mengesankannya. Gugusan Pegunungan Malabar menjadi salah satu sajian yang bisa kamu nikmati. Sungguh menakjubkan sekali pesona Indonesia dari tempat ini.

Kesimpulan

Perjalanan menuju ke Puncak Puntang kurang lebih 3 jam sampai 5 jam lamanya. Dan untuk turun kurang lebih membutuhkan waktu 2 jam sampai 4 jam. Siapkan benar-benar fisik kamu untuk bisa mencapai kawasan ini. Jadi, sudah siap melihat panorama ke Gunung Puntang?