in

Kejernihan Air Objek Wisata Lok Laga Hulu Sungai Tengah

Sumber Gambar: Google Maps @Rhadyt Bara Ichfadhillah

Objek Wisata Lok Laga berada di Desa Sungai Harang, Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Kata “Lok” dapat diartikan sebagai Tanjung, Tanjung dalam Daerah Kalimantan adalah sebuah sebutan untuk Sungai. Kawasan Kalimantan memang terkenal memiliki banyak objek wisata berupa sungai, mulai dari yang besar hingga kecil. Dan mulai dari yang terkenal hingga tersembunyi. Objek wisata ini merupakan salah satu sungai yang keberadaanya masih cukup tersembunyi. Karena tidak cukup terkenal, beberapa pegunjung yang baru mengunjungi sungai ini menilainya sebagai salah satu Surga Wisata Alam yang tersembunyi.

Tidak heran jika sungai ini dinilai sebagai surga yang tersembunyi, hal ini dapat dilihat dari pemandangan alam yang disuguhkan. Air sungai yang masih sangat bening dan dingin, kawasan sungai yang tidak tercemar dan tidak ada satupun sampah, udara yang sejuk, akan membuat siapapun yang berkunjung seperti sedang berada di Surga. Nuansa alam yang sangat asri akan memberikan ketenangan yang luar biasa.

Sumber Gambar: Google Maps @Rhadyt Bara Ichfadhillah

Meskipun letaknya tidak jauh dari jalan utama, namun jika anda sudah sampai di sungai ini anda akan hanya mendengar deburan arus sungai, burung berkicau, dan suara angin yang sangat menyejukkan hati dan pikiran. Objek wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin beristirahat sejenak melepas penat dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan yang sangat sibuk. Suasana yang diberikan akan membuat anda betah untuk menghabiskan waktu  berlama-lama di tempat ini.

Sumber Gambar: Google Maps @Khairil Fadhillah

Bagi anda yang ingin berkunjung ke sungai ini, anda bisa menikmati beberapa aktivitas yang sangat seru. Salah satunya adalah bermain air dan berenang di sungai. Saat ini sangat jarang sungai yang memiliki air sangat jernih. Anda tidak perlu khawatir kotor atau bau ketika bermain air di sungai ini, karena memang air yang dimiliki sungai ini sangat amat bersih. Air yang dingin, bersih, dan bening akan memberikan kesejukan ditengah cuaca daerah Kalimantan yang sangat panas. Namun bagi anda yang ingin berenang di sungai ini pada saat musim hujan, disarankan untuk sangat berhati-hati. Hal ini dikhawatirkan volume air akan meningkat secara drastis dan anda akan terseret terbawa arus. Jangan lupa untuk selalu mengawasi anak-anak anda jika anda berkunjung bersama dengan keluarga.

Mitos Asal Mula Lok Laga

Sumber Gambar: Google Maps @Ismi Rizky

Keberadaan Lok Laga tidak jauh dari sejarah atau mitos yang dipercayai oleh masyarakat setempat. Diceritakan bahwa dahulu, terdapat seorang Kepala Suku yang sangat terkenal akan menikahkan anak perempuannya dengan salah satu lelaki yang hebat. Pernikahannya tersebut sangat terkenal dan dikunjungi oleh beberapa orang yang memiliki jabatan sangat penting. Pernikahan tersebut juga terkenal sampai di beberapa pulau yang lainnya.

Pernikahan tersebut diadakan dengan begitu meriah selama tujuh hari tujuh malam, para undangan dari berbagai kalangan dan daerah disuguhi makanan yang sangat mewah. Selain itu beberapa hiburan juga disuguhkan untuk menghibur pengantin dan para tamu undangan. Semua undangan yang hadir sangat menikmati pesta tersebut dan sangat takjub dengan kemewahan yang diberikan oleh keluarga mempelai wanita.

Sumber Gambar: Google Maps @Rhadyt Bara Ichfadhillah

Singkat cerita, sepasang pengantin telah selesai mengikuti beberapa rangkaian tradisi. Selanjutnya pengantin tersebut naik keatas sebuah perahu besar yang berbentuk seperti seekor Naga. Perahu tersebut kemudian melaju menyusuri sungai dengan membawa pengantin untuk dipamerkan. Tak lama kemudian tiba-tiba perahu tersebut berubah menjadi sesosok Naga sungguhan. Ekornya tiba-tiba bergerak kemudian mulut Naga terbuka dengan sangat lebar.

Panik melihat kejadian tersebut, seorang penjaga kemudian menancapkan pedang tepat di kepala sang Naga. Kemudian Naga tersebut menyemburkan darah yang sangat banyak sehingga sungai dipenuhi dengan darah dari Naga. Hal ini yang menjadikan sungai tersebut berubah nama menjadi Lok Laga, Lok yang berarti Sungai, dan Laga yang berarti Naga.