in

Panorama Indonesia Dari Puncak Gunung Gede Pangrango Via Gunung Putri

Sumber Gambar Dari Instagram @mhmd.saepudin26

Diantara semua titik pendakian, Gunung Putri menjadi yang paling singkat. Dimana, tempat ini juga menjadi favorit bagi para pendaki. Hanya saja, kamu perlu olahraga terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melalui trek ini. Karena, tanjakan yang akan kamu hadapi sungguh luar biasa.

Disarankan untuk naik mulai pukul 8 pagi hingga 10 pagi. Dengan kondisi trek yang menggemaskan, waktu tempuhnya bisa mencapai 8 jam sampai 10 jam. Sehingga, tiba di camp atas tidak terlalu malam dan bisa beristirahat untuk summit attack yang memang membutuhkan perjuangan yang keras.

Menuju Ke Pos Pendakian Gunung Putri

Bagi kamu yang berasal dari jakarta, kamu bisa naik bus Karunia Bakti dengan tarif 40 ribu rupiah. Turunlah di Pasar Cipanas, kemudian lanjutkan naik angkot menuju pendakian Gunung Gede Pangrango Via Gunung Putri dengan harga 400 ribu untuk pulang pergi. Di pos pendakian kamu akan dicek semuanya. Termasuk surat sehat dari kedokteran. Membayar simaksi sebesar 35 ribu rupiah. Setelah semuanya memenuhi persyaratan kamu diizinkan untuk mendaki ke atas.

Menuju Pos Legok Leunca

Sumber Gambar: mounture.com

Pos Pertama adalah Legok Leunca dimana, dalam bahasa sunda artinya adalah selamat datang. membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam lamanya. Dimana, kamu bisa melihat ladang dan sawah yang membuat pandangan mata menjadi hijau dan segar memandangnya.

Menuju Pos Buntut Lutung, Pos Lawang Seketeng, Pos Simpang Melebar

Setelah dari Pos Legok Leunca menuju ke Buntut Lutung kurang lebih 1 jam 40 menit. Dimana kamu sudah disuguhkan dengan trek yang tiada ampun. Begitu Pula menuju Pos Lawang Seketeng yang dipenuhi dengan akar dan bebatuan. Jadi, persiapkan dirimu karena, tidak ada yang namanya bonus disini.

Sumber Gambar: Google Maps @Myshop martin

Selanjutnya, menuju Pos simpang melebar menempuh waktu 1 jam 35 menit. Dimana, jalanan juga semakin tidak masuk akal. Biasanya, disini para pendaki mulai diuji dengan rasa lelah dan rasa ingin turun ke bawah.

Tidak hanya rasa lelah saja yang harus kamu hadapi, tetapi udara dingin yang semakin mengancam juga harus kamu perhatikan. Kalau berkunjung ke trek ini, jangan lupa bawa air yang cukup. Dimana, disini, tidak sumber mata air yang bisa kamu manfaatkan.

Menuju Simpang Maleber sudut kemiringan sudah hampir 45 derajat. perjalanan membutuhkan waktu 1 jam 30 menit. Disarankan bila kamu sudah lelah lebih baik beristirahat. Hanya saja, jangan sampai duduk atau berlarut-larut. Setidaknya setiap 20 menit sekali mengatur nafas 5 menit itu sudah cukup. Terlalu lama beristirahat membuat kamu semakin lelah, sehingga, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa sampai di Puncak.

Alun-Alun Surya Kencana

Sumber Gambar Dari Instagram @satutendacom

Inilah Pos terakhir sebelum kamu mendaki ke puncak. Dimana, alun-alun ini sangat luas bisa untuk 30an tenda atau bahkan lebih. Disini, kamu juga bisa melihat bunga edelweis yang sangat cantik. Usahakan sampai disini sebelum maghrib.

Kemudian, usahakan pula tidur sebelum pukul 8 dan bangun sekitar pukul 2 dini hari. Kamu bisa melihat indahnya milky way dari atas Gunung. Sungguh, panorama yang sulit kamu lupakan. 

Menuju Puncak

Sumber Gambar: Google Maps @Radityo hari

Dari alun-alun kamu bisa memilih untuk melanjutkan di Puncak gede atau Puncak Pangrango. Keduanya membutuhkan waktu 1 jam sampai 1 jam 30 menit. maklum saja, udara akan semakin menipis, rasa lelah masih terasa sehingga, kamu harus pandai-pandai mengatur langkah dan nafas.

Sumber Gambar: Google Maps @Rubby Mudzakir

Hanya saja, semua pemandangan menawan meliputi sunrise bisa kamu saksikan dari Puncak Gede. Keindahan yang nyata dan tidak pernah bisa kamu bayangkan sebelumnya. Tiga kawah Gunung Gede bisa kamu lihat. Di Sarankan kamu untuk mendaki gunung gede terlebih dahulu. karena, semakin siang kandungan belerangnya akan semakin kuat Jadi, kamu hanya bisa berdiri di puncaknya kurang lebih 1 jam saja.

Kesimpulan

Jalur Gunung Putri memang berbeda dengan Jalur Cibodas dan Selabintana. Dimana, disini tidak ada objek wisata sama sekali. Perjalanan turun kurang lebih memakan waktu 5 jam lamanya. Jangan lupa bawa sampahmu kembali turun ya, agar gunung ini senantiasa bersih selalu. Bagaimana, sudah siap mendaki Gunung Gede Pangrango melalui jalur Gunung Putri?