in

Pesona Indonesia Dari Puncak Gunung Cikuray Via Tapak Geurot

Sumber Gambar: tapakgeurot.blogspot.com

Bagi Kamu yang memimpikan mendaki Gunung, mungkin Cikuray bisa menjadi salah satu alternatif. Ada 3 jalur pendakian yang cukup ternama. Tetapi, kali ini kami mencoba dengan jalur yang berbeda. Bukan Jalur ilegal, melainkan jalur baru yang belum terlalu dikenal oleh semua orang, yaitu Tapak Geurot.

Konon katanya, jalur ini mempunyai keindahan yang luar biasa. Hanya saja, bagi kamu yang belum pernah menuju Jalur ini disarankan untuk menggunakan Guide. banyak jalur bercabang yang membuat kamu bingung. Panduannya hanya sebuah peta yang kamu bawa dari pos pendakian.

Menuju Basecamp Tapak Geurot

Menuju ke basecamp ini bila kamu dari Bandung bisa pergi naik bus menuju ke Garut harganya mulai dari 30 ribu hingga 50 ribu mulai dari Terminal Cicaheum. Kamu bisa turun di Alun-Alun Cikajang. Nah, dari sini kamu bisa menggunakan mobil yang bisa di carter. Biasanya harga pulang pergi 500 ribu.

Sumber Gambar: Google Maps @Rofif Syuja’ Mu’tasyim

Alangkah lebih baik, bila kamu sekalian sewa tour guide dengan membayar 700 ribu rupiah yang sudah melayani antar jemput. Waktu tempuhnya kurang lebih 1 jam 15 menit. Biasanya, banyak pendaki yang naik saat pagi hari atau siang hari, Bila kamu datang malam, kamu bisa menginap di salah satu rumah warga.

Menuju Pos 3

Menariknya mendaki mulai dari Tapak Geurot adalah kamu tidak akan melihat pos 1 atau 2 melainkan, kamu langsung menuju ke Pos 3. Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan area pertanian dan ladang milik warga. Kamu juga bisa lho, meminta salah satu hasil pertanian warga bila sedang berbuah atau sedang panen.

Sumber Gambar: Google Maps @Firdaus Deden

Tetapi, biasanya para warga yang akan memberikannya kepada kamu. Atau kamu bisa mencoba membeli beberapa produk pertanian mereka. Harganya pun tidak mahal lho bahkan, kamu akan terkejut karena sangat murah dari pasar.

Sumber Gambar: Google Maps @Ricky Baihaqi

Di Pos 3 kamu bisa menemukan sebuah bangunan yang sudah cukup tua dan terbuat dari kayu. Disini, sudah ada sumber air bersih serta toilet. Biasanya pendaki akan membuka bekal mereka dan menyantapnya disini. Dari Basecamp menuju pos kurang lebih 165 menit.

Menuju Puncak

Dari Pos 3 biasanya banyak pendaki yang memilih untuk menginap di sebuah saung yang cukup luas. Mendirikan tenda atau mereka memilih untuk camp di atas puncak. Menuju ke puncak kamu sudah disuguhkan dengan trek hutan yang mulai menanjak.

Sumber Gambar: Google Maps @Arief Nuraga

Kalau kamu datang saat hujan datang, jalannya akan sangat licin. Untuk summit attack kamu harus berangkat pukul 3 pagi. Agar disana bisa memilih tempat paling indah untuk melihat pesona sunrisenya. Bila kamu ingin melihat pesona sunsetnya, dan langsung turun jalur tapak Geurot bisa menjadi salah satu pilihannya.

Keunikan Jalur Tapak Geurot

Sumber Gambar: Instagram @baits_pesantmuda

Jalur ini memang bisa dikatakan memiliki keunikan tersendiri. Dimana, kamu tidak harus melintasi pos 1 atau 2. Hanya saja, jalur pertanian, dan ladang warga yang mengisahkan banyak cerita. Tempat ini kamu bisa bertemu dengan banyak warga yang sangat ramah-ramah dan bersahaja.

Bahkan, kamu tidak perlu membeli sayur mayur, cukup membeli semuanya di tempat ini saja. Kamu sudah bisa memasak untuk keperluan diatas. Walaupun dari segi penerangan kamu tidak terlalu membutuhkan karena, jalanan warga sudah terang. kamu tetap harus membawanya.

Tips dan Trik

Tips dan trik mendaki ke Cikuray melalui kawasan ini pun cukup mudah. kamu hanya perlu rajin-rajin bertanya kepada semua warga yang ada disini. Maklum saja, Jalan perkampungan ada banyak percabangan. Sementara, petanya sendiri kurang begitu bagus menggambarkannya.

Hal ini diperlukan agar kamu tidak perlu lagi menggunakan guide untuk pendakian selanjutnya. Kalau ingin mudah, kamu bisa naik saat libur panjang tiba. Kebanyakan pendaki akan naik Cikuray. Kamu bisa gabung dengan mereka, hanya saja kamu harus mengikuti alur mereka. Saat berjalan cepat harus bisa seimbang, saat lambat harus bisa sabar.

Kesimpulan

Gunung Cikuray menjadi salah satu pendakian yang disukai oleh para pendaki pemula. Tanjakannya yang tidak terlalu terjal membuat kawasan ini sering dijadikan sebagai tempat latihan. untuk mendaki dan mengukur seberapa kuat dirimu mampu mengalahkan dirimu sendiri. jadi, kapan kamu siap naik ke Cikuray dan menikmati keindahannya?